EFEKTIVITAS DAKWAH ISLAM MELALUI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM (Studi Akun Instagram Indonesia Menutup Aurat)

Authors

  • Nurul Avifah IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jimrf.v6i2.2743

Keywords:

Dakwah, Instagram, Gerakan Indonesia Menutup Aurat.

Abstract

Tujuan penulisan ini untuk meneropong sosial media Instagram yang banyak digemari oleh masyarakat luas.Melalui sosial media Instagram semua orang bebas berekspresi sekaligus menyebarkan informasi.Hal tersebut dimanfaatkan para pendakwah maupun masyarakat biasa untuk menyebarkan nilai-nilai keislaman.Konsep pada tulisan ini didasarkan pada konsep penggambaran serta pemahaman menyebarkan nilai- nilai keislaman melalui sosial media instagram.Jenis tulisan ini adalah deskriptif. Pengamatan dan analisis dalam tulisan ini didasarkan pada observasi yang dilakukan melalui sosial media Instagram Indonesia Menutup Aurat, dokumentasi serta wawancara pengguna akun tersebut. Hasil dalam tulisan ini menjelaskan relevansi dakwah dan sosial media yang banyak diminati masyarakat sehingga informasi yang disampaikan pendakwah mudah diterima masyarakat dan menunjukkan keefektivan dakwah melalui sosial media Instagram.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin Samsul Munir, Ilmu Dakwah Jakarta : Amzah. 2009
Basit Abdul, ,Wacana Dakwah Kontemporer. Yogyakarta : 2006
Mahfudz Ali, Hidayah al-Mrsyidin, terj. Yogyakata : Usaha Penerbit Tiga A, 1970
Suparmo Ludwig, Aspek Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Indeks ,2011
Suparta Munzir, Harjani Hedni, Metode Dakwah Jakarta. Jakarta : 2003
Budiati Atik Catur, “Jilbab : Gaya Hidup Baru Kaum Hawa” Jurnal Sosiologi Islam Vol 1 No. 1 April 2011
Fedwa el-Guindi, Jilbab antara kesalehan,kesopanan,dan perlawanan. Jakarta, Serambi : 2006
Kertamukti Rama, Instagram dan Pembentukan Citra, Jurnal Komunikasi PROFETIK, Vol. 8, No 1, April 2015
Laporan penelitian Drs.H.Dzikron Abdillah, Kata Dakwah dalam al-Qur’an, IAIN Walisongo Semarang
Wawancara dengan Mahasiswi IAIN Purwokerto saudari Ulfah Aini salah satu pengikut akun Instagram Gerakan Indonesia Menutup Aurat pada tanggal 25 Agustus 2017.
Wawancara dengan Vista Dhini Astika santri Muhammadiyah Pondok Pesantern Zam-Zam Purwokerto yang mengikuti akun Indonesia Menutup Aurat pada tanggal 25 Agustus 2017.
Wawancara dengan Founder akun Instagram Gerakan Indonesia Menutup Aurat lewat via chatting WA pada 29 Agustus 2017.
http://googleweblihght.com//www.gomuslim.co.id/read/komunitas/2016/12/11/2451/inilah-komunitas-pencetus-gerakan-menutup-aurat-diIndonesia

Published

2017-07-18

How to Cite

Avifah, N. (2017). EFEKTIVITAS DAKWAH ISLAM MELALUI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM (Studi Akun Instagram Indonesia Menutup Aurat). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 6(2), 223–237. https://doi.org/10.24090/jimrf.v6i2.2743

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.