Model Persaingan Bisnis Ritel Minimarket di Purwokerto (Studi tentang Persaingan antara PT. Indomarco Prismatama dan PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk)

Authors

  • Muryuniarsih Muryuniarsih Program Studi Ekonomi Syariah Jurusan Syari’ah dan Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto
  • Annisa Rahman Program Studi Ekonomi Syariah Jurusan Syari’ah dan Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i2.1017

Keywords:

Model Persaingan, Indomaret, Alfamart, Lima Kekuatan Bersaing

Abstract

Ritel merupakan sektor industri yang sangat populer dan sudah mendominasi kehidupan masyarakat Indonesia turun-temurun sejak dahulu kala. Ditandai dengan tersebarnya warung dan toko kelontong di hampir tiap daerah, mulai dari pelosok hingga kota besar. Industri ini tumbuh dan berkembang sedemikian cepat seiring dengan pertambahan laju penduduk. Industri ini juga semakin populer sejak masuknya ritel modern di Indonesia. Dua perusahaan nasional yang bergerak di bidang ritel jaringan minimarket modern yaitu PT. Indomarco Prismatama dengan nama merek dagang terkenalnya yaitu Indomaret dan PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk dengan nama merek dagang terkenalnya Alfamart merupakan dua pemain besar di industri ritel minimarket Indonesia dan selalu berusaha mempertahankan kelangsungan bisnisnya melalui persaingan yang cukup ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis model persaingan bisnis berdasarkan lima aspek utama yang disebut Lima Kekuatan Bersaing.Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima aspek yang mempengaruhi kekuatan bersaing tersebut meliputi ancaman dari pendatang baru (threat of new entrants) industri ritel selain Indomaret dan Alfamart di Purwokerto ini bersifat sedang, ancaman dari produk pengganti (threat of substitute products) bersifat cukup kuat, kekuatan tawar-menawar dari pemasok (bargaining power of suppliers) bersifat sedang, kekuatan tawar-menawar dari pembeli (bargaining power of buyers), dan persaingan kompetitif di antara anggota industri (rivalry among competitive firms) keduanya bersifat kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. Dasar-Dasar Etika Bisnis Islami. Bandung: Alfabeta. 2003.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. 2005.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta. 1998.

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1998.

Bayu Adhimastha, Persaingan Bisnis Retail Antara Indomaret Dan Alfamart Dalam Prespektif Hukum Persaingan Usaha, Tesis Tidak Diterbitkan, Surabaya: Universitas Airlangga, hlm. Abstrak.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana. 2009.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya, Cetakan ketiga. Jakarta: Kencana. 2009.

Fathoni, Abdurrahmat. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research II. Yogyakarta: Andi Offset. 2002.

Hasan, Ali. Manajemen Bisnis Syari’ah: Kaya di Dunia Terhormat di Akhirat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.

Issa Beekun, Rafik. Etika Bisnis Islami terj. Muhammad. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2004.

Jumingan. Studi Kelayakan Bisnis : Teori dan Pembuatan Proposal Kelayakan. Jakarta : PT Bumi Aksara. 2009.

Ketentuan Umum Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007.

Koentjaraningrat. Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 1994.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat. 2001.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. terj. Jaka Wasana. Jakarta: Erlangga. 1988.

Michael Porter, Competitive Strategy; Techniques for Analyzing Industries and Competitors (e-Book).

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2008.

Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 3 Tahun 2010 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko
Modern.

ST Sujana, Asep. Manajemen Minimarket. Depok: Swadaya Grup. 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2010.

Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 1994.

Tri Joko Utomo. Lingkungan Bisnis dan Persaingan Bisnis Ritel, Vol. 5 No. 1 Juni 2010. Semarang: STIE Pelita Nusantara.

Umar, Husein. Studi Kelayakan Bisnis Edisi 3. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2005.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara. 2006.

Adisti Dini Indreswari, “Alfamart Menambah 800 Gerai Sepanjang 2013”, tanggal 22 Desember 2012 (http://industri.kontan.co.id/news/alfamartmenambah-800-gerai-sepanjang-2013), diakses tanggal 23 Agustus 2013.

Alfamart, (http://corporate.alfamartku.com/post/read/id/68/item/31), diakses tanggal 07 April 2014.

Alfamart, “Kartu Aku” (http://www.alfamartku.com/member/kartu-aku-4.html) diakses pada tanggal 05 Juli 2014.

Alfamart, “Sejarah Alfamart” (http://corporate.alfamartku.com/post/read/id/81/item/18), diakses pada tanggal 5 Juli 2014.

Alfamart, “Visi, Misi dan Budaya Alfamart” (http://corporate.alfamartku.com/post/read/id/21/item/15) diakses pada tanggal 5 Juli 2014.

http://id.wikipedia.org/wiki/Supermarket#Minimarket, diakses pada tanggal 12 April 2014.

Indomaret, “Gerai Indomaret” (http://indomaret.co.id/profil-perusahaan/gerai-indomaret/), diakses tanggal 6 Juli 2014.

Indomaret, “Gerai Indomaret” (http://indomaret.co.id/profil-perusahaan/gerai-indomaret/), diakses tanggal 30 Januari 2014.

Indomaret, “hubungi kami” (http://indomaret.co.id/waralaba/hubungikami/), diakses tanggal 5 Juli 2014.

Indomaret, “Indomaret Card” (http://indomaret.co.id/utama/kartu/indomaret-card.html) diakses pada tanggal 5 Juli 2014.

Indomaret, “Pemasaran dan Promosi” (http://indomaret.co.id/korporat/tentang-indomaret/pemasaran-dan-promosi.html) diakses pada tanggal 5 Juli 2014.

Indomaret, “Sejarah dan Visi” http://indomaret.co.id/korporat/sejarah-danvisi.html, diakses pada tanggal 5 Juli 2014.

Indomaret, “Visi dan Budaya Perusahaan (http://indomaret.co.id/profilperusahaan/visi-dan-budaya-perusahaan/), diakses tanggal 01 Februari 2014.

Kamus Bisnis (On-Line), “Model persaingan Porter” http://kamusbisnis.com/arti/model-persaingan-porter/, diakses tanggal 8 April 2014.

Novi Nurviani, “Perpres Ritel Vs Persaingan Usaha”, tanggal 4 Maret 2013 (http://www.kppu.go.id/id/2013/03/perpres-ritel-vs-persainganusaha/), diakses tanggal 06 April 2014.

Regina Martha, “Analisis Pesaing Bisnis Retail di Indonesia”, 24 Oktober 2010 (http://reginamartha.blogspot.com/2010/10/analisis-pesaing-bisnisretail-di.html) diakses tanggal 8 April 2014.

Tempo (On-Line), “Alfamart Tambah 1.000 Gerai Tahun Ini”, tanggal 15 Januari 2014 http://www.tempo.co/read/news/2014/01/15/092544991/Alfamart-Tambah-1i000-Gerai-Tahun-Ini, diakses tanggal 07 April 2014.

Downloads

Published

2017-04-15

How to Cite

Muryuniarsih, M., & Rahman, A. (2017). Model Persaingan Bisnis Ritel Minimarket di Purwokerto (Studi tentang Persaingan antara PT. Indomarco Prismatama dan PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 3(2), 31–42. https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i2.1017

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.