Peran Syekh Abdurrahman Siddiq al-Banjari sebagai Mufti Kesultanan Indragiri dalam Pembinaan Sosial dan Budaya Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.24090/jsij.v3i2.12428Keywords:
Syekh Abdurrahman, Sosial, Budaya, Modernisasi, IndragiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Syekh Abdurrahman Siddiq al-Banjari sebagai mufti kesultanan Indragiri dalam pembinaan sosial dan budaya masyarakat, baik pada masa kesultanan Indragiri maupun di era post-modern. Masalah utama yang dibahas adalah bagaimana Syekh Abdurrahman Siddiq al-Banjari, sebagai mufti kesultanan Indragiri, melakukan pembinaan nilai-nilai Islam yang mempengaruhi aspek sosial dan budaya masyarakat Indragiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research) dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dari berbagai sumber primer dan sekunder. Data dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis) untuk mengidentifikasi tema utama terkait pengaruh ajaran beliau terhadap struktur sosial dan budaya masyarakat Indragiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ajaran Syekh Abdurrahman Siddiq alBanjari memiliki peran penting dalam membentuk identitas sosial dan budaya masyarakat yang harmonis antara kehidupan dunia dan akhirat, serta tetap relevan dalam menghadapi tantangan era post-modern.References
Achmad Hidayat, Asep, Syofiah Pribadi, and Fitria Eka Dewi Murni. 2024. ‘Pengaruhnya Terhadap Hukum Dan Etika Melalui Penerapan Syari’at Islam Di Kerajaan Riau-Lingga Abad Ke-19’. Jurnal Tana Mana 5(1):14–25.
Afriadi, Deni, Jefrizal, and Iik Idayanti. 2024. ‘Kajian Sosial Budaya Moda Transportasi Tradisional Sampan Leper Indragiri Hilir’. Jurnal Ikadbudi 13(1):39–52.
Akbari, Deni Adha, Bella Jastacia, Edi Setiawan, and Dwi Widya Ningsih. 2022. ‘The Marketing Power of TikTok: A Content Analysis in Higher Education’. Binus Business Review 13(2):159–70. doi: 10.21512/bbr.v13i2.8014.
Alwi, Usman, Ahmad Badwi, and Baharuddin. 2021. ‘Peran Pendidikan Sebagai Transformasi Sosial Dan Budaya’. Jurnal Al-Qiyam 2(2):188–94.
Amrifo, Viktor, Arya H. Dharmawan, Satyawan Sunito, and Endriatmo Soetarto. 2014. ‘Sejarah Sosiologis Budaya Bernafkah Komunitas Adat Suku Duano’. Jurnal Paramita 24(2):186–99.
Arbi, M. Arrafie Abduh, Abu Anwar, and Djeprin E. Hulawa. 2021. ‘Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Kesalehan Tentang Menuntut Ilmu Pengetahuan Dan Norma Sosial Bagi Anak Usia Dini Dalam Syair Ibarat Dan Khabar Qiyamat Karya Syeikh Abdurrahman Shiddiq Al-Banjari (Suatu Kajian Memotivasi)’. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 4(1):82–98. doi: 10.24014/kjiece.v4i1.12247.
Asripilyadi, Pebri Mahmud, and Nariman Hadi. 2021. Inilah Negeriku Kuansing. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Azhar, Ali, and Sandi Abd. Rasyid. 2020. Al-Fadhil Al-‘Alimul ‘Allaamah Al-‘Arif Billah (Mufti Kerajaan Indragiri) Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Syekh Muhammad Afif Al-Banjari Dalam Senarai Kesejarahan Bumi Lancang Kuning. edited by Nasrullah. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.
Azisi, Ali Mursyid. 2020. ‘Peran Agama Dalam Memelihara Kesehatan Jiwa Dan Kontrol Sosial Masyarakat’. Jurnal Al-Qalb 11(2):55–75.
Bahri, Saepul. 2023. ‘Peran Ulama Dalam Perkembangan Institusi Pendidikan Islam Mathlaul Anwar Dan Malnu’. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 13(2):262–82. doi: 10.47200/ULUMUDDIN.V11I2.913.
Bertand Russell. 2002. Sejarah Filsafat Barat. Jakarta: Qalam.
Darmalaksana, Wahyudin. 2020. ‘Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan’. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1–6.
Diana, Juniar Nurulita, Lebry Sasti, and Mutiara Andini. 2023. ‘Dakwah Tauhid Syaikh Abdurrahman Siddik Terhadap Perdukunan Di Bangka’. HIKMAH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi Islam 17(2).
Farmansyah. 2020. ‘Kondisi Sosial, Politik Dan Budaya Masyarakat Masa Transformasi Pendidikan Islam Pada Masa Kesultanan Siak Dan Kesulatanan Indragiri Tahun 1900-1945 Masehi’. UIN Antasari, Banjarmasin.
Fithriani. 2023. ‘Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Manusia, Masyarakat Dan Lingkungan’. Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol. 1(No. 4):47–65.
Gläser-Zikuda, Michaela, Gerda Hagenauer, and Melanie Stephan. 2020. ‘The Potential of Qualitative Content Analysis for Empirical Educational Research’. FQS: Forum Qualitative Social Research 21(1).
Gumilang, Galang Surya. 2016. ‘Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling’. Jurnal Fokus Konseling 2(2).
Hafiz, Muhammad. 2024. ‘Transformasi Pendidikan Islam Masa Kesultanan Siak Dan Kesultanan Indragiri Pada Tahun 1900-1945 Masehi’. UIN Antasari Banjarmasin, Banjarmasin.
Hakimi, Mumtaz, and Ahmad Syadzali. 2017. ‘Dimensi Sufistik Kitab Asrâr Ash-Shalah Min ‘Iddah Kutub Mu’tamidah’. Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 16(1):50. doi: 10.18592/al-banjari.v16i1.888.
Halim, Abdul, Muhammad Alfani, Alpi Sekolah, Tinggi Agama, Islam Ibnu, and Sina Batam. 2023. ‘Peninggalan Kesultanan Islam Di Tanah Melayu Sebuah Pembaruan Pendidikan Islam Dan Tamadun Melayu’. Jurnal Arriyadhah 20(2):49–55.
Hasmah, Nur. 2019. ‘Social Values Sheikh Abdurrahman Siddiq As Learning Resource On Social Studies’. The Kalimantan Social Studies Journal 1(1):80–90.
Henarwanto, Athallah Abel Gibrani. 2022. ‘Laut Dan Islam: Perkembangan Kesultanan Perlak Pada Abad XV’. Socio Historica: Journal of Islamic Social History 2022(2):173–87. doi: 10.15408/sc.v1i2.26435.
Husvina, Selfi, Yuliantoro, and Asyrul Fikri. 2021. ‘Wisata Religi Makam Tuan Guru Syeikh Abdurrahman Siddiq Al-Banjari Penyabar Agama Islam Di Indragiri Hilir’. Innovative: Journal Of Social Science Research 1(2):543–51.
Ismunandar, Arif. 2019. ‘Dinamika Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Transformasi Sosial Masyarakat’. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan 3(2):206–19. doi: 10.32332/tarbawiyah.v3i2.1810.
Jamalie, Zulfa. 2015. ‘Syekh Abdurrahman Siddiq Al-Banjari (Madam Dakwah Lintas Kawasan)’. Pp. 285–300 in Prosiding Nadwah Ulama Nusantara (NUN) VI: Ulama dan Umara Berpisah Tiada.
Khairudin, Fiddian, Asmariani, and Ali Murtopo. 2020. ‘Tradisi Maantar Niat Ke Maqbarah Syekh Abdurrahman Siddik’. Jurnal Syahadah 8(2):80–98.
Kleinheksel, A. J., Nicole Rockich-Winston, Huda Tawfik, and Tasha R. Wyatt. 2020. ‘Qualitative Research In Pharmacy Education Demystifying Content Analysis’. American Journal OfPharmaceutical Education 84(1):127–37.
Kusnadi, Muhammad Farhan, and Radea Yuli A. Hambali. 2023. ‘Filsafat Cinta Jalaluddin Rumi Dalam Upaya Mencegah Paham Radikalisme Di Indonesia’. Gunung Djati Conference Series 19:709–16.
Laksono, Alfian Tri. 2022. ‘Memahami Hakikat Cinta Pada Hubungan Manusia: Berdasarkan Perbandingan Sudut Pandang Filsafat Cinta Dan Psikologi Robert Sternberg’. JAQFI: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam 7(1). doi: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2834271&val=9611&title=MEMAHAMI%20HAKIKAT%20CINTA%20PADA%20HUBUNGAN%20MANUSIA%20BERDASARKAN%20PERBANDINGAN%20SUDUT%20PANDANG%20FILSAFAT%20CINTA%20DAN%20PSIKOLOGI%20ROBERT%20STERNBERG.
Madjid, Abd, Hilman Latief, and Aris Fauzan. 2022. ‘Honoring the Saint through Poetry Recitation: Pilgrimage and the Memories of Shaikh Abdurrahman Siddiq Al-Banjari in Indragiri Hilir’. Religions 13(3). doi: 10.3390/rel13030261.
Maryamah, Ahmad Syukr, Badarussyamsi, and Ahmad Fadhil Rizki. 2021. ‘Paradigma Keilmuan Islam’. Jurnal Filsafat Indonesia 4(2):160–71.
Mayenti, Yelvia Septi, and Wilodati. 2020. ‘Enkulturasi Pendidikan Karakter Nilai Dalam Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Talang Mamak’. IJSED: Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development 2(2):105–12.
Mufsi Sadzali, Asyhadi. 2019. ‘Antara Sakral Dan Profan: Analisis Konsep Budaya Atas Penempatan Makam Kesultanan Indragiri Terhadap Sungai Indragiri’. Khazanah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam 9(7):85–103. doi: 10.15548/khazanah.v0i0.184.
Musa, Muhammad Maskur. 2021. ‘Peran Agama Dalam Perubahan Sosial Masyarakat’. Jurnal NUANSA 14(2):198–205.
Muthalib, A. 2020. ‘Peranan Tuan Guru Syekh Abdurrahman Shiddiq Dalam Lembaga Pendidikan Islam Di Indragiri Hilir’. Jurnal Pendidikan EDUKASI 8(1):1–13.
Nurfadilah, Siti, and Roziah. 2024. ‘Eksplorasi Nilai-Nilai Pendidikan Dan Spiritual Dalam Doa Bele Kampung: Studi Pada Tradisi Masyarakat Melayu Desa Igal, Kecamatan Mandah, Indragiri Hilir’. Jurnal Kependidikan 13(2):2637–46.
Nurmayuli, Khalilullah Harmaini, Yus Rijal, Rauzatul Jannah, Miswatul Khaira, Tuti Hartati Lubis, and Baiti Nurhidayah. 2023. ‘Ontologi Filsafat Manajemen Pendidikan Islam’. Desultanah: Journal Education and Social Science 1(2):87.
Paisal, Jon. 2021. ‘Peran Ulama Dalam Masyarakat Aceh Dari Masa Ke Masa’. At-Tanzir: Jurnal Prodi Komunikasi Dan Penyiaran Islam 12(1):90–104.
Pransiska, Andresa, Isjoni, and Kamaruddin. 2017. ‘Peranan Syeikh Abdurrahman Shiddiq Dalam Penyebaran Agama Islam Di Indragiri Hilir’. Jurnal Online Mahasiswa 4(1):1–15.
Putra, Edi Susrianto Indra. 2022. ‘Migrasi Orang Banjar Ke Kabupaten Indragiri Hilir (Studi Etno-Sosiologi Tentang Peranan Modal Sosial Dan Jaringan Sosial Orang Banjar)’. Jurnal Edukasi 10(2):141–58.
Putri Brenita, Salsabilla, Moch Ikhsan Nurfauzani, Muhamad Fauzan Hermawan, Sabina Rachmawati Nursiwan, Deni Prima Saputra, and Ahmad Fu. 2023. ‘Analisis Kehidupan Sosial Masyarakat Kampung Sinumbra Desa Indragiri : Terkait Potensi Komoditas Mata’. Jurnal Perspektif 2(5):391–402. doi: 10.53947/perspekt.v2i5.539.
Ridwan, Muannif, Bahrul Ulum, and Fauzi Muhammad. 2021. ‘Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah (The Importance Of Application Of Literature Review In Scientific Research)’. Jurnal Masohi 2(1):42–51.
Roza, Ellya. 2015a. ‘Islamisasi Di Riau (Kajian Sejarah Dan Budaya Tentang Masuk Dan Berkembangnya Islam Di Kuntu Kampar)’. Jurnal Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya 12(1).
Roza, Ellya. 2015b. ‘Kandungan Pendidikan Islam Dalam Syair Ibarat Kabar Kiamat (Renungan Bagi Pendidik)’. in Parallel Session Papers Part 5: Mathematic and Islamic Education PREPARING FUTURE TEACHERS: ISLAM, KNOWLEDGE AND CHARACTER, edited by A. Hadi, Hasanuddin, Susilawati, and T. L. Nova. Pekanbaru: Faculty of Education and Teacher Training Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Rubaidi, Iwan Agus Supriono, and Agus Subairi. 2023. ‘Islam Jawa Dan Peaceful Islam Sebagai Kontra Radikalisme Islam Di Pedalaman Riau, Sumatera’. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan 23(2):292–235.
Rumiatun, Heni. 2022. ‘Filsafat Cinta Perspektif Ibnu Hazm El-Andalusy’. IAIN Bengkulu.
Rustandi, Nanang. 2020. ‘Agama Dan Perubahan Sosial Ekonomi’. Tsaqôfah, Jurnal Agama Dan Budaya 18(2):185–216.
Saepudin, Ahmad. 2018. ‘Habib Dan Pengembangan Keagamaan Masyarakat Perkotaan (Peran Dan Fungsi Habib Syarif Muhammad Al-‘Aydrus Di Kota Bandung)’. Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama 1(1):1–19.
Sari, Rika Permata, and Assyari Abdullah. 2020. ‘Analisis Isi Penerapan Teknik Sinematografi Video Klip Monokrom 1’. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi (JRMDK) 1(6):418–23.
Sari, Rita Kumala. 2021. ‘Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia’. Jurnal Borneo Humaniora 2(2):60–69.
Sidiq, Umar, and Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Vol. 53. edited by A. Mujahidin. Surabaya: Nata Karya.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). edited by A. Nuryanto. Bandung: Alfabeta.
Suhayib, and Zainal Arifin. 2018. “Kada Adakah Lagi Lalakian” Perspektif Orang Banjar Tentang Kepemimpinan Perempuan. Pekanbaru.
Sumarno. 2020. ‘Analisis Isi Dalam Penelitian Pembelajaran Bahasa Dan Sastra’. Jurnal Edukasi Lingua Sastra 18(2).
Sutanto, Hari Prasetyo. 2022. ‘Transformasi Sosial Budaya Penduduk IKN Nusantara’. Jurnal Studi Kebijakan Publik 1(1):43–56. doi: 10.21787/jskp.1.2022.43-56.
Swastiwi, Anastasia Wiwik. 2021. ‘Jejak Jalur Rempah Di Kepulauan Riau’. Jurnal Sosial Dan Teknologi (SOSTECH) 1(11):1396–1405.
Syafaruddin, Syafaruddin, Mesiono Mesiono, and Muhammedi Muhammedi. 2022. ‘Penyusunan Rencana Strategis Dalam Pengembangan Budaya Mutu Pendidikan Di Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh H. Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai’. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10(01):589–614. doi: 10.30868/EI.V10I01.1497.
Tim MUI Kalsel dan Tim LP2M UIN Antasari Banjarmasin. 2018. Ulama Banjar Dari Masa Ke Masa. 3rd ed. edited by Masdari, Wardani, A. Mujahid, Rahmadi, and F. Munadi. Banjarmasin: ANTASARI PRESS.
Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori Dan Aplikasinya (Studi Kasus, Etnografi, Interaksi Simbolik, Dan Penelitian Tindakan Pada Konteks Manajemen Pendidikan). Malang: Media Nusa Creative.
Wahyudi, M. Furqon. 2021. ‘Peran Manusia Di Bumi Sebagai Khalifah Dalam Perubahan Sosial’. An Naba: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam 4(1):1–13.
Widyatwati, Ken. 2022. ‘Transformasi Sosial Budaya Masyarakat Pasca Pandemi Covid 19’. Sebatik 26(1):387–95. doi: 10.46984/sebatik.v26i1.1855.
Yakobus Banusu, and Antonius Denny Firmanto. 2020. ‘Kebahagiaan Dalam Ruangkeseharian Manusia’. Forum Filsafat Dan Teologi 49(2):51–61.
Yuhaidir, Ismail. 2010. ‘Konsep Tauhid Syaikh ’Abdurrahman Shiddiq Dalam Kitab ’Amal Makrifah’. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.
Yuliantoro, Athira Agustin, Delka Yuni Zahra, Dian Andriani, Hendriadi Saputra, Mutia Hafizah, Roza Puspita Sari, Vinni Septri Wahdini, and Viora Salsa Puja. 2024. ‘Mengungkap Kisah Dibalik Nama “Desa Kota Lama” : Warisan Sejarah Kerajaan Indragiri’. Akademik Pengabdian Masyarakat 2(5):290–97. doi: 10.61722/japm.v2i5.2544.
Zaenuri, Lalu Ahmad, and Andri Kurniawan. 2021. ‘Komunikasi Dakwah Dan Peran Ulama Dalam Mencegah Pernikahan Dini Di Nusa Tenggara Barat’. Jurnal Peurawi:Media Kajian Komunikasi Islam 4(2):45–62.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuriyan Dinata, Tiwa Junio Indrawan, Ellya Roza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.