Potensi Situs Makam Ki Ageng Gribig sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal Peninggalan Peradaban Islam di Kota Malang

Authors

  • Vinda Regita Cahyani Universitas Negeri Malang
  • Martin Rizaldi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.24090/jsij.v3i2.10628

Keywords:

Makam Ki Ageng Gribig, Sumber Belajar, Sejarah Lokal, Peradaban Islam

Abstract

Situs sejarah lokal memiliki potensi luar biasa sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah. Pemanfaatan sumber belajar di lingkungan akan mendorong motivasi belajar siswa karena sifatnya yang kontekstual. Kota Malang memiliki latar belakang sejarah panjang dan menarik untuk dikaji karena terdapat persebaran situs-situs sejarah yang masih dapat ditemui sampai saat ini tak terkecuali situs sejarah Islam. Proses Islamisasi di Kota Malang, tentunya tak terlepas dari seorang tokoh yang diabadikan namanya oleh masyarakat sebagai Ki Ageng Gribig. Situs Makam Ki Ageng Gribig merupakan ikon Kota Malang yang masih eksis sampai saat ini. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji potensi Situs Makam Ki Ageng Gribig sebagai sumber belajar sejarah lokal peninggalan peradaban Islam di Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang bertujuan untuk menggali informasi terkait latar belakang sejarah Situs Makam Ki Ageng Gribig. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menganalisis potensi Situs Makam Ki Ageng Gribig. Keberadaan situs ini memiliki muatan-muatan edukasi yang berguna baik dalam lingkup masyarakat maupun pendidikan, yaitu nilai sejarah, nilai religi, nilai kerukunan, nilai karakter, dan nilai budaya. Situs Makam Ki Ageng Gribig selaras dengan pembelajaran sejarah Kurikulum Merdeka khususnya pada materi periode kerajaan Islam. Implementasinya dapat dilakukan berdasarkan tata laksana implementasi Kurikulum Merdeka. Potensi situs tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah lokal terutama dalam membangun sikap kesadaran sejarah.

References

Al-Tabany, T. I. (2014). Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenadamedia Group.

Arafat, M. Y. 2021. Nisan Hanyakrakusuman Batu Keramat dari Pesarean Sultanagungan di Yogyakarta. Suka Press.

Arifin, Z. (2018, April 8). Menziarahi Makam Ki Ageng Gribig, Menilik Sejarah Malang. Retrieved March 5, 2023, from Terakota website: https://www.terakota.id/menziarahi-makam-ki-ageng-gribig-menilik-sejarah-malang/

Ayundasari, L. (2022). Implementasi Pendekatan Multidimensional dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 16(1).

Cahyono, D. (2016). Madyopuro. Retrieved March 31, 2023, from Terakota website: https://patembayancitraleka.wordpress.com/2016/04/30/madyopuro/

Dalminto. (2014). Strategi Sultan Agung dalam Ekspansi serta Islamisasi pada Kerajaan Mataram Islam. [Unpublished master's thesis]. IAIN Raden Fatah.

Febri, Wakidi, & Syaiful, M. (2016). Tinjauan Historis Perjuangan Sultan Agung dalam Perluasan Kekuasaan Mataram Tahun 1613-1645. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah), 4(2).

Hayati, Y. I. N., & Hanif, M. (2019). Upacara Mendhak Ki Buyut Terik (Studi Nilai Budaya dan Potensinya Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah). AGASTYA: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 9(1), 79. https://doi.org/10.25273/ajsp.v9i1.3638

Kochhar. (2008). Pembelajaran Sejarah. Gramedia.

Kuntowijoyo. (2003). Metodologi Sejarah. Tiara Wacana Yogya.

Rahcman, D. (2008). Kajian Mitos Masyarakat Terhadap Foklor Ki Ageng Gribig. [Unpublished master's thesis]. Universitas Negeri Malang.

Ridhoi, R. (2019). Tema Baru Historiografi bagi Pembelajaran Sejarah Tingkat SMA/SMK di Jawa Timur. Jurnal Sejarah, 3(1), 18-29.

Rizaldi, M., & Sulistyo, W. D. (2022). Potensi Wisata Religi Makam Sunan Giri Sebagai Wujud Pelestarian Kearifan Lokal Arsitektur Islam di Kabupaten Gresik. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 19(1), 129–136. https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v19i1.18208

Romadi, R., & Kurniawan, G. F. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal berbasis Folklore untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Siswa. Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(1), 79–94. https://doi.org/10.17977/um020v11i12017p079

Rutmawati, S. (2016). Merdeka.com. Tentang Ki Ageng Gribig. Retrieved March 5, 2023, fromHttps://malang.merdeka.comwebsite: https://malang.merdeka.com/profil/tentang-ki-ageng-gribig-161021u.html.

Sayono, J., Ayundasari, L., Sulistyo, W. D., Ridho'i, R. (2019). Situs Sejarah Malang Raya Masa Islam dan Kolonial. Jurusan Sejarah UM.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sulistyo, W. D. (2019). Learning Activities from Learning Resources: Pemanfaatan dan Pemaknaan Situs Sejarah Kawasan Alun-Alun Merdeka Kota Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 2(1), 49–63.

Sulistyo, W. D., & Dewanti, M. A. (2021). “Sumberawan Water Site”: History, Sustainable Preservation and Use As A Learning Source. Development, Social Change and Environmental Sustainability: Proceedings of the International Conference on Contemporary Sociology and Educational Transformation (ICCSET 2020), Malang, Indonesia, 23 September 2020, 34.

Sulistyo, W. D., Khakim, Moch. N. L., Kurniawan, B., Setiawan, A. D., & Hafidza, M. N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Potensi Situs Lereng Penanggungan sebagai Sumber Belajar berbasis Lingkungan untuk SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Abdimas Galuh, 4(2), 740. https://doi.org/10.25157/ag.v4i2.7540

Sulistyo, W. D., & Pamungkas, O. Y. (2020). Pemanfaatan Situs Sejarah Peradaban Islam Di Kota Malang Sebagai Aktivitas Belajar Untuk Menanamkan Nilai Karakter. AGASTYA: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 10(1), 1. https://doi.org/10.25273/ajsp.v10i1.5095

Supriadi, H., Irwan Rahadi, Muh. Hilmi Pauzi, Taufik Kurniawan, & Ramli Hidir. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Perjuangan Maulana Syeikh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid melalui Wisata Makam. Journal of Tourism Destination and Attraction, 10(1), 49–58. https://doi.org/10.35814/tourism.v10i1.3379

Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Peranan Penting Sejarah Lokal sebagai Objek Pembelajaran untuk Membangun Kesadaran Sejarah Siswa. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85–94. https://doi.org/10.17509/historia.v4i1.27035

Warto, W. (2017). Tantangan Penulisan Sejarah Lokal. Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(1), 123–129. Https://Doi.Org/10.17977/Um020v11i12017p123.

Wasi’a, N. (2022). Simbol-Simbol Pada Makam Sunan Giri Gresik. [Unpublished master's thesis]. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel. Widja, I. 2018. Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Angkasa.

Wijaya, A. A. C. (2014). Perlindungan Hukum terhadap Benda Cagar Budaya di Kota Malang. Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum, 1(2), 1–16.

Zamzani, A., & Syaifudin, A. (2022). Penguatan Aspek Hukum Dalam Pengembangan Kawasan Wisata Religi Makam Aulia Ki Ageng Gribig Kelurahan Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. [Unpublished master's thesis]. Universitas Islam Malang.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Cahyani, V. R., & Rizaldi, M. (2024). Potensi Situs Makam Ki Ageng Gribig sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal Peninggalan Peradaban Islam di Kota Malang. JSI: Jurnal Sejarah Islam, 3(2), 43–55. https://doi.org/10.24090/jsij.v3i2.10628