Pengelolaan Arsip Sekolah Berbasis SIMAK

Authors

  • Nada Mulya Salsabila UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/jkki.v3i2.6420

Keywords:

Manajemen Arsip Elektronik; Manfaat Arsip Elektronik; SIMAK

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melahirkan arsip elektronik. Perkembangan teknologi saat ini juga telah merambat ke dalam dunia pendidikan, yaitu dengan munculnya pengelolaan arsip elektronik. Pengelolaan arsip elektronik dipandang perlu dilakukan dalam upaya pemanfaatan teknologi. Begitupun dengan organisasi pendidikan seperti sekolah dalam meningkatkan kemampuan mengolah, mengelola, mendistribusikan, dan menyalurkan informasi serta pelayanan yang diberikan terkait arsip sekolah yang dibutuh oleh para penggunanya. Menerapkan manajemen arsip elektronik pada sebuah organisasi akan membentuk manajemen dan proses kerja yang lebih dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen arsip elektronik dan manfaat arsip elektronik berbasis SIMAK. Pembahasan termasuk proses penciptaan arsip dan penyimpanan arsip, distribusi arsip dan penggunaan arsip, pemeliharaan arsip, dan disposisi arsip. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi dokumentasi, dan juga penyebaran angket pada 132 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan manajemen arsip elektronik berbasis SIMAK telah dilaksanakan dengan baik namun dalam proses disposisi arsip belum adanya Jadwal Retensi Arsip (JRA) dan SIMAK memberikan manfaat yang positif dalam manajemen arsip elektronik. Hal ini terlihat dari hasil angket menunjukkan nilai yang berada pada ketegori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alabi, Amos Oyetunde. 2017. “Records Keeping For Effective Administration of Secondary Schools.” Journal of Public Administration and Governance 7(2): 66. https://www.macrothink.org/journal/index.php/jpag/article/view/11182/pdf.
Archives, National. 2006. Functional Specifications for Electronic Records Management Systems Software. Canberra: National Archives of Australia. https://cdn.ymaws.com/irms.org.uk/resource/resmgr/moreq/other-specifications/ermsspecifications_tcm2-1007.pdf.
Arikunto, Suharsimi, dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Chinyere, Asamonye Catherine, C N Ogbonnaya, dan Osuagwu Love. 2019. “School Records in Basic Schools.” 5(1). https://www.iaajournals.org/wp-content/uploads/2020/03/IAA-JAS-5141-52-2019..pdf.
Endra, Robby Yuli, Usman Rizal, dan Fenty Ariani. 2016. “E-Arsip Berbasis Image Archives Management Process Model untuk Meningkatkan Efektifitas Pengelolaan Arsip.” Explore: Jurnal Sistem informasi dan telematika 7(1). http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore/article/view/768/757.
International Records Management Trust. 2009. Training in Electronic Records Management - Module 1: Undestanding the Context of Electronic Records Management. London: International Records Management Trust. http://www.irmt.org/documents/educ_training/term modules/IRMT TERM Module 1.pdf.
Karnati, Neti. 2019. Manajemen Perkantoran Analisis Teori dan Aplikasi dalam Organisasi Pendidikan. Aceh: Bunda Ratu.
Kusumawardani, Gayatri, dan Bening Tri Hanggoro. 2018. “Media Sosial Sebagai Alternatif Penyimpanan Arsip digital Pribadi.” Jurnal Kearsipan 13(2): 1–94. https://anri.go.id/publikasi/jurnal-kearsipan.
Kuswantoro, Agung. 2020. Praktik-Praktik Kearsipan: Penerapan dan Kisah Arsip di Suatu Lembaga. Jakarta: Salemba Humanika.
Muhidin, Sambas Ali, dan Hendri Winata. 2018. Manajemen Kearsipan: Untuk Organisasi Bisnis, Sosial, Politik, Dan Kemasyarakatan. Bandung: Pustaka Setia.
Nyfantoro, Fajar, Tamara Adriani Salim, dan Anon Mirmani. 2020. “Perkembangan Pengelolaan Arsip Elektronik Di Indonesia: Tinjauan Pustaka Sistematis.” Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan 3(1): 1. https://jurnal.ugm.ac.id/diplomatika/article/view/48495/27211.
Pariti Indonesia. “SIMAK Online.” https://simakonline.com/.
Read, Judith, dan Mary Lea Ginn. 2011. Records Management. Australia South-Western: Cengage Learning.
Sattar. 2019. Manajemen Kearsipan. Yogyakarta: Deepublish.
Sedarmayanti. 2018. Tata Kearsipan: Dengan Memanfaatkan Teknologi Modern. Bandung: Mandar Maju.
Sugiarto, Agus, dan Teguh Wahyono. 2015. Manajemen Kearsipan Modern: Dari Konvensional ke Basis Komputer. Yogyakarta: Gava Media.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharjito, Didik. 2014. Pengantar Metodologi Penelitian. Bogor: IPB Press.
Syafril. 2019. Statistik Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Salsabila, N. M. (2022). Pengelolaan Arsip Sekolah Berbasis SIMAK. Al-Ma Mun Jurnal Kajian Kepustakawanan Dan Informasi, 3(2), 121–136. https://doi.org/10.24090/jkki.v3i2.6420

Issue

Section

Articles