Modal sosial dan Desa Wisata: Jejaring BUMDes dalam Mengelola Wisata Lembah Pulutan Kabupaten Gunung Kidul

المؤلفون

  • Muhammad Rezki Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan UGM
  • David Safri Anggara Gadjah Mada University

DOI:

https://doi.org/10.24090/icodev.v4i1.7986

الكلمات المفتاحية:

jaringan، keyakinan، norma، wisata lemabah Desa Pulutan، BUMDes

الملخص

Sumber daya dalam modal sosial bukan dalam bentuk materi, keterampilan atau barang melainkan relasi sosial. Relasi sosial tidak berarti jika tidak memberikan manfaat bagi para aktor. Bukan seberapa banyak relasi sosial tetapi seberapa efektif relasi sosial terutama dalam memberdayakan masyarakat. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji jejaring BUMDes dalam mengelola wisata lembah desa Pulutan Kabupaten Gunungkidul. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan modal sosial. Peneliti mewawancarai pihak-pihak terkait seperti BUMDes, Pedagang dan pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak BUMDes memiliki jaringan yang efektif dengan pedagang walaupun ada peluang untuk mendatangkan investor. Relasi antara BUMDes dan Pedagang merupakan relasi kemitraan. Jaringan ini diperkuat dengan keyakinan dan norma. Keyakinan bahwa wisata lembah viral karena doa dari pedagang dan reputasi pengelola sebagai orang yang dapat dipercaya. Norma kedua aktor terlihat dalam konsep teh poci gratis. Ini sejalan bahwa pembangunan bukan hanya akses ke sumber daya dan peningkatan kesejahteraan melainkan juga masyarakat selaku subjek pembangunan memperoleh manfaat sosial dan ekonomi dari pembangunan terutama pembangunan desa wisata.

المراجع

Ihsan, N. A. (2018). Analisis Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gerbang Lentera Sebagai Penggerak Desa Wisata Lerep. Journal of Politic and Government Studies 7(04): 221–30. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/21911.

Coleman, J. (1988). Social Capital in the Creation of Human Capital Author. The American Journal of Sociology 94(Supplement): S95–120.

Rini, D., Silvi, W. and Tarigan, M. I. (2020). Pemanfaatan Wisata Mata Air Yang Dikelola Oleh Bumdes Di Desa Belik. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu) 1(1): 75–81.

Fukuyama, F. (1999). Guncangan Besar: Kodrat Manusia dan Tata Sosial Baru. Jakarta: PT Gramedia.

Hwang, Doohyun, and William P. Stewart. (2017). Social Capital and Collective Action in Rural Tourism. Journal of Travel Research 56(1): 81–93. https://doi.org/10.1177/0047287515625128

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial; Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.

Listyorini, H., Aryaningty, A.T., Wuntu, G. and Aprilliyani,R. (2022). Merintis Desa Wisata, Menguatkan Kerjasama Badan Usaha Milik Desa Dan Kelompok Sadar Wisata. Kacanegara Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 5(1): 67–74.

Macionis, J. J. (2017). Sociology Sixteenth Edition Global Edition. London: Pearson Education.

Moleong, L.J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosadakarya Bandung.

Pradana, M. Y. A., & Istriyani, R. (2020). Sepakat-Sepaket: Modal Sosial Politik Masyarakat Kalitekuk Dalam Mewujudkan Desa Wisata. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial 6(2): 138.

Puspitaningrum, E., & Lubis, D.P. (2018). Modal Sosial Dan Partisipasi Masyarakat (Social Capital and Community Participation in the Development of Tamansari Tourism Village in Banyuwangi Regency). Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM] 2(4).

Tin, A,E,I., dkk. (2022). Potensi Desa Pulutan, Jurnal Atma Inovasia, 2(3): 309-316.

Usman, S. (2018). Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yanti, V. (2020). Dinamika Modal Sosial Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada Desa Wisata Halal Setanggor: Kepercayaan, Jaringan Sosial Dan Norma. Reformasi 10: 34–44. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/reformasi/index.

التنزيلات

منشور

2023-07-01

كيفية الاقتباس

Muhammad Rezki, & Anggara, D. S. (2023). Modal sosial dan Desa Wisata: Jejaring BUMDes dalam Mengelola Wisata Lembah Pulutan Kabupaten Gunung Kidul. ICODEV: Indonesian Community Development Journal, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.24090/icodev.v4i1.7986

إصدار

القسم

Articles

الأعمال الأكثر قراءة لنفس المؤلف/المؤلفين

عذراً: هذه الإضافة تتطلب تمكين إضافة إحصائيات/تقارير واحدة على الأقل حتى تتمكن من العمل. إن كانت إضافات الإحصائيات لديك تقدم أكثر من مقياس واحد، فعليك أيضاً اختيار مقياس رئيسي منها عند صفحة إعدادات الموقع و/أو عند صفحات الإدارة الخاصة برئيس تحرير المجلة.