Pendidikan Anak dalam Keluarga

Perspektif Agama dan Sosial–Budaya

Penulis

  • Riris Eka Setiani Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Kata Kunci:

family, first madrasah, optimization of the function of its education

Abstrak

Dalam sistem pendidikan nasional keluarga diberi tanggung jawab untuk menanamkan nilai-nilai fundamental dalam rangka terwujudnya sosok kepribadian anak yang tangguh sehingga mampu menjalin interaksi positif dengan lingkungannya dengan memperhatikan nilai-nilai dan norma yang berlaku. Melalui penanaman nilai-nilai dasar ini dharapkan pula anak dapat berpartisipasi di dalam mendukung kehidupan masyarakat dan bangsa. Ada beberapa jenis pendidikan yang perlu diberikan pada anak dalam keluarga. Anak jika diperhatikan dengan baik harus diberikan bermacam-macam kemampuan kegiatan di dalam rumah tangga agar terjadi transformasi nilai-nilai yang beraneka ragam. Selain itu dalam keluarga telah dipelajari pengetahuan dasar, keterampilan, aspek-aspek kerohanian serta kepribadian dasar yang dapat dikembangkan lebih jauh dalam lingkungan sekolah dan lingkungan kerja dan dalam lingkungan hidup lain dalam masyarakat. Keluarga sebagai lingkungan hidup pertama dan utama bagi anak. Dalam keluarga anak mendapat rangsngan, hambatan serta pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangannya baik perkembangan psikologinya maupun jiwanya. Sebagai madrasah pertama anak pertama kali mengenal lingkungan sosialnya adalah lingkungan  keluarga. Kemudian keluarga sebagai madrasah yang utama maksudnya adalah keluarga menjadi pembawa pengaruh kuat terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

HD, Kaelany. 2005. Islam dan Aspek-Aspek Kemasyarakatan. Jakarta; Bumi
Aksara.
Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Salim, Moh. Haitami. 2005. Pendidikan Agama dalam Keluarga. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Sochib, Moh. 1998. Pola Asuh Orangtua Dalam Membantu Anak Mengembangkan
Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka
Pelajar.
Yusuf, Muh. 1997. Islam dalam berbagai dimensi. Jakarta : Gema Insani Press.
http://www.subri-msi.net/berita-161-pendidikan-dalam-keluarga.htm

Diterbitkan

2018-06-29

Cara Mengutip

Setiani, R. E. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga: Perspektif Agama dan Sosial–Budaya. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(1), 105–116. Diambil dari https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/yinyang/article/view/2096

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama