Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto

Authors

  • Dewi Ariyani Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2100

Keywords:

literacy, financial, financial literacy, early childhood

Abstract

Literasi keuangan merupakan salah satu bentuk literasi dasar abad 21. Pemahaman Literasi keuangan diperlukan untuk mendidik manusia yang sadar dan paham tentang bagaimana cara mengelola keuangan secara bijak dan sesuai dengan kebutuhan. Pendidikan literasi keuangan sebaiknya diberikan sedini mungkin, yaitu pada anak usia pra sekolah atau anak usia dini. Pengenalan terhadap pengetahuan literasi keuangan semenjak dini akan membuat anak-anak terbiasa mengelola keuangan dengan baik dan benar di masa yang akan datang. TK Khalifah Purwokerto merupakan TK yang berupaya menjadikan muridnya bercita-cita menjadi moslem entrepreneur dengan berlandaskan ketauhidan. Dalam pelaksanaan pendidikan literasi keuangan di TK Khalifah Purwokerto mencakup beberapa ruang lingkup yaitu pengenalan transaksi, sumber daya ekonomi, konsep belanja, konsep menabung, konsep berbagi dan konsep praktik tidak baik dalam finansial. Karakter khas dari pelaksanaan pendidikan literasi di TK Khalifah adalah dengan mengintegrasikannya dengan ketauhidan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprea, Carmela dkk. 2016. International Handbook of Financial Literacy. Singapore: Springer.
Atkinson, A. dan Messy, 2012. Measuring Financial Literacy: Results of OECD / International Network on Financial Education (INFE) Pilot Study, OECD Working Papers on Finance, Insurance and Private Pensions. OECD Publishing.
Badan Pengembangan dan Perlindungan Bahasa Kemendikbud. T.t.. Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional Jakarta: t.p.
Chen & Volpe, R.P. An analysis of financial literacy among college students. Financial Services Review, 7 (1), 1998, 107–128.
Hung, Angela, Andrew M. Parker, Joanne Yoong, Defining and Measuring Financial Literacy, RAND Working Paper Series WR-708, 3 Nov 2009.
Hurlock, Elizabeth B. T.t. Psikologi Perkembangan. Terj. Istiwidayanti & Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.
Indriayu, Mintarsih & Sehat Renol HS, Kajian Literasi Keuangan pada Siswa Menengah Atas (SMA): Sebuah Pemikiran, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, Bisnis dan Keuangan, Vol. 3 No.1 Tahun 2017
Kay, Janet. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kanisius.
Kemendikbud, Enam Komponen Literasi Dasar. Jendela Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. VI bulan Oktober 2016.
Lusardi, A. dan O.S. Mitchell, Financial Literacy and Retirement Planning: New Evidence from the Rand American Life Panel. MRRC Working Paper. 2007. 157.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Santrock, John. W. 2011. Perkembangan Masa Hidup. Jilid I. Terj. Benedictine Wisdyasinta. Jakarta: Erlangga.
Samatowa, Usman. 2018. Metodologi Pembelajaran Sains Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Tangerang: Tira Smart.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Siaran-Pers-OJK-Indeks-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Meningkat.aspx diakses pada tanggal 31 Oktober 2017.
http://www.cubg.or.id/index.php/produk-dan-pelayanan/pendidikan/pendidikan-literasi-keuangan diakses tanggal 24 Agustus 2018.
https://www.pelajaran.id/2018/25/pengertian-manfaat-tingkat-aspek-dan-indikator-literasi-keuangan.html diakses pada tanggal 9 September 2018

Downloads

Published

2018-12-18

How to Cite

Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175–190. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2100

Issue

Section

Articles