Pengaruh Thariqah Mubasyaroh terhadap Kemampuan Bahasa Arab Santri di Pondok Pesantren Modern Daarul Ulil Albaab Tegal
DOI:
https://doi.org/10.24090/tarling.v3i2.3802Kata Kunci:
Thariqah Mubasyarah, Kemampuan Bahasa ArabAbstrak
Penelitian ini mendeskripsikan tentang pengaruh Thariqah Mubasyarah pada keahlian di dalam berbahasa arab siswa Ponpes Modern Daarul Ulil Albaab Tegal. Thariqah Mubasyaroh termasuk cara yang banyak diterapkan dalam sistem belajar berbahasa arab. Thariqah Mubasyaroh adalah cara yang diterapkan ketika menyampaikan pembelajaran bahasa asing, seorang pengajar secara langsung memakainya di dalam pengantar dan tidak memakai bahasa peserta didiknya ketika pembelajaran berlangsung. Terkait persoalan utama, hasil dan pembahasan bisa disimpulkan: Setelah melewati beberapa langkah analisis tentang Pengaruh Thariqah Mubasyaroh terhadap kemampuan berbahasa Arab Siswa Ponpes Modern Daaru Ulil Albaab Tegal, bisa diambil kesimpulan berupa: (1)Thariqah Mubasyaroh dalam pembelajaran berbahasa Arab di Ponpes Modern Daaru Ulil Albaab Tegal, berdasarkan hasil yang telah diuji dalam penelitian ini melalui hasil wawancara dan angket, dimana diperoleh nilai rata-rata sebesar 49,47 yang berada pada interval 49-52 sehingga dapat diketahui bahwa penerapan Thariqah Mubasyaroh termasuk dalam kategori “Baikâ€. Kategori ini didasarkan pada pembagian klasifikasi kelas (interval) yang diperoleh dari data hasil angket pada variabel independen (X). (2) Keahlian berbahasa Arab siswa Ponpes Modern Daaru Ulil Albaab Tegal yang dilihat dari nilai Raport diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,15 yang berada pada interval 84-85 sehingga menunjukkan penguasaan berbahasa Arab santri berada termasuk kategori “Cukup Baikâ€.Kategori ini didasarkan pada pembagian klasifikasi kelas (interval) yang diperoleh dari data hasil dokumentasi pada variabel dependen (Y). (3) Berdasarkan uji hipotesis, bahwa antara Thariqah Mubasyaroh dengan kemampuan bahasa Arab Santri memiliki pengaruh “Rendah†dimana rhitung> rtabel, dengan menggunakan rumus r productmoment yakni rxy = 0,375 > rtabel = 0,312 pada taraf signifikan 5%, kemudian diinterpretasikan dengan Tabel Interpretasi Nilasi rxy = 0,375 berada pada rentang Nilai r= 0,200-0,400 yang termasuk dalam kategori Rendah. Sedangkan Thariqah Mubasyaroh memiliki pengaruh positif terkait penguasaan berbahasa arab siswa Ponpes Modern Daaru Ulil Albaab Tegal, yang ditunjukkan dengan Pengaruh Thariqah Mubasyaroh terhadap kemampuan bahasa Arab santri sebesar r square 0,141 atau 14,1%, dimana nilai signifikansinya 0,017 kurang dari signifikansinya 0,05. Jadi dalam hal ini menolak Hodan menerima Ha.Unduhan
Diterbitkan
2020-06-19
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).