PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SQ3R DI SDN 01 PAJERUKAN

Authors

  • WAHYU AMBARWATI STKIP Darussalam Cilacap Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.24090/tarling.v2i1.2232

Keywords:

keterampilan membaca pemahaman, SQ3R, media gambar slide

Abstract

Berdasarkan observasi di SD Negeri 01 Pajerukan ditemukan masalah dalam pembelajaran membaca di kelas V. Proses pembelajaran membaca berjalan kurang efektif. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa dalam kegiatan membaca pemahaman saat pembelajaran masih kurang optima. Siswa juga terlihat kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran membaca karena guru belum meggunakan media pembelajaran yang menarik dan tepat. Pembelajaran yang demikian menyebabkan kegiatan pembelajaran membaca pemahaman tidak efektif sehingga hasil belajar siswa rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan metode SQ3R dengan media gambar slide Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Pajerukan. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi.. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode SQ3R dengan media gambar slide dapat meningkatkan kualitas pembelajaran membaca pemahaman di kelas V Sekolah Dasar.

Published

2019-02-07