Tathwiiru Wasaa`Ithi Lu'batid Domiino Litarqiyatil Mufradaatil Lughah Al-'Arabiyyah Wa Mahaaratil Kalaam Fi Al-Madrasah Ad-Diniyyah At-Ta'limiyyah Zainul Hasan Genggong.
DOI:
https://doi.org/10.24090/tarling.v9i1.13248Kata Kunci:
Instructional Media, Domino Card Game, Maharah KalamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa permainan kartu domino untuk meningkatkan penguasaan mufradat dan maharah kalam pada materi al-hayawan di kelas dua Madrasah Diniyah Ta’limiyah Zainul Hasan Genggong. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan hasil rata-rata penilaian sebesar 97,7% untuk kelayakan isi dan 96,3% untuk tampilan media, keduanya termasuk kategori “Sangat Layak”. Implementasi media dilakukan pada 28 siswa, yang dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk bermain sambil mempraktikkan kosakata dan berbicara dalam bahasa Arab. Hasil uji efektivitas menunjukkan peningkatan skor rata-rata siswa dari 55,8 pada pre-test menjadi 73,3 pada post-test, dengan N-Gain Score sebesar 0,4 yang termasuk kategori “Sedang”. Selain itu, jumlah siswa yang mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat dari 6 orang menjadi 17 orang. Respon siswa dan guru terhadap media ini sangat positif, karena permainan domino membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Dengan demikian, media permainan kartu domino dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran bahasa Arab, yang tidak hanya meningkatkan pemahaman kosakata tetapi juga melatih keberanian siswa dalam berbicara.Unduhan
Diterbitkan
2025-01-30
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Devi Aprilia Rachmawati, Muhammad Sugianto, Ainur Rofiq Sofa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).