Pelatihan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru
DOI:
https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6514Keywords:
Penyusunan, Penelitian Tindakan Kelas , PelatihanAbstract
Karya ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu bentuk peningkatan profesionalisme guru. Karya ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi seorang guru disamping sebagai bentuk implementasi peningkatan profesionalismenya juga merupakan salah satu komponen yang diperlukan untuk kenaikan pangkat. Permasalahan yang terjadi di SMK N 1 Purwokerto adalah masih rendahnya kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Kurangnya pengetahuan ini mengakibatkan kenaikan fungsional guru menjadi terhambat. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan penyusunan karya ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Guru SMK N I Purwokerto. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini adalah presentasi seminar, diskusi, pelatihan, dan pendampingan. Hasil menunjukan bahwa Guru SMK N 1 Purwokerto mengalami peningkatan dalam pengetahuan dan kemampuan dalam menulis karya ilmiah Peneltian Tindakan Kelas.References
Arifin, I., Juharyanto, J., Sultoni, S., Saputra, B. R., Adha, M. A., Bhayangkara, A. N., Rizkita, K., & Wulandari, P. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Layak Jurnal Nasional Ber-ISBN Berbasis Sitasi Online Bagi Tenaga Pendidik Se-Kabupaten Bondowoso. Jurnal KARINOV, 3(1), 16. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p16-21
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi.(2009).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Bumi Aksara.
Budi, D. R., Melasarianti, L., Listiandi, A. D., Mariasari, S., & Widyaningsih, R. (2021). Pelatihan Prosedur Publikasi Artikel Hasil Penelitian Pada Jurnal Nasional Bagi Guru SMKN 1 Purwokerto. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.24090/sjp.v1i1.4931
Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.534
Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural,. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80.
Melasarianti, L. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Debat Plus Pada Mata Kuliah Berbicara. Urnal Ilmiah Lingua Idea, 9(1). https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118
Mulyasa. (2017). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Bagi Guru-Guru Ips Kabupaten Malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 40. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p40-47
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi.(2009).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Bumi Aksara.
Budi, D. R., Melasarianti, L., Listiandi, A. D., Mariasari, S., & Widyaningsih, R. (2021). Pelatihan Prosedur Publikasi Artikel Hasil Penelitian Pada Jurnal Nasional Bagi Guru SMKN 1 Purwokerto. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.24090/sjp.v1i1.4931
Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.534
Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural,. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80.
Melasarianti, L. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Debat Plus Pada Mata Kuliah Berbicara. Urnal Ilmiah Lingua Idea, 9(1). https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118
Mulyasa. (2017). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Bagi Guru-Guru Ips Kabupaten Malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 40. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p40-47
Downloads
Published
2022-07-04
How to Cite
Melasarianti, L., Pujihastuti, E., Yulianti, U. H., Mariasari, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2022). Pelatihan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6514
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lalita Melasarianti, Etin Pujihastuti, Uki Hares Yulianti, Didik Rilastiyo Budi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).