Pelatihan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru

Authors

  • Lalita Melasarianti Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Etin Pujihastuti Universitas Jenderal Soedirman
  • Uki Hares Yulianti Universitas Jenderal Soedirman
  • Septi Mariasari Universitas Jenderal Soedirman
  • Didik Rilastiyo Budi Universitas Jenderal Soedirman
  • Arfin Deri Listiandi Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6514

Keywords:

Penyusunan, Penelitian Tindakan Kelas , Pelatihan

Abstract

Karya ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu bentuk peningkatan profesionalisme guru. Karya ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi seorang guru disamping sebagai bentuk implementasi peningkatan profesionalismenya juga merupakan salah satu komponen yang diperlukan untuk kenaikan pangkat. Permasalahan yang terjadi di SMK N 1 Purwokerto adalah masih rendahnya kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Kurangnya pengetahuan ini mengakibatkan kenaikan fungsional guru menjadi terhambat. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan penyusunan karya ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Guru SMK N I Purwokerto. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini adalah presentasi seminar, diskusi, pelatihan, dan pendampingan. Hasil menunjukan bahwa Guru SMK N 1 Purwokerto mengalami peningkatan dalam pengetahuan dan kemampuan dalam menulis karya ilmiah Peneltian Tindakan Kelas.

References

Arifin, I., Juharyanto, J., Sultoni, S., Saputra, B. R., Adha, M. A., Bhayangkara, A. N., Rizkita, K., & Wulandari, P. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Layak Jurnal Nasional Ber-ISBN Berbasis Sitasi Online Bagi Tenaga Pendidik Se-Kabupaten Bondowoso. Jurnal KARINOV, 3(1), 16. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p16-21
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi.(2009).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Bumi Aksara.
Budi, D. R., Melasarianti, L., Listiandi, A. D., Mariasari, S., & Widyaningsih, R. (2021). Pelatihan Prosedur Publikasi Artikel Hasil Penelitian Pada Jurnal Nasional Bagi Guru SMKN 1 Purwokerto. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.24090/sjp.v1i1.4931
Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.534
Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural,. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80.
Melasarianti, L. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Debat Plus Pada Mata Kuliah Berbicara. Urnal Ilmiah Lingua Idea, 9(1). https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118
Mulyasa. (2017). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Bagi Guru-Guru Ips Kabupaten Malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 40. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p40-47

Downloads

Published

2022-07-04

How to Cite

Melasarianti, L., Pujihastuti, E., Yulianti, U. H., Mariasari, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2022). Pelatihan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6514