PEMAKNAAN SIMBOL PADA LAGU RESAH KARYA PAYUNG TEDUH DAN PUISI MENENANGKAN RINDU KARYA M. AAN MANSYUR: SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE
DOI:
https://doi.org/10.24090/jnr.v2i2.9639Keywords:
Simbol, Resah, Payung Teduh, Aan Mansyur, SemiotikaAbstract
Seni bahasa pada lagu biasanya dipadukan dengan seni musik yang menyebabkan lagu memiliki nilai estetika yang tinggi. Lirik lagu biasanya pengarang juga memperhatikannya dalam pemilihan kata yang tepat dan memiliki unsur kiasan agar dapat dinikmati oleh pendengar. Selain itu, puisi juga tak kalah bedanya dengan lirik lagu yang memperhatikan pemilihan diksinya untuk menjadikan lirik-lirik puisi ini sangat imajinatif. Setiap diksi yang dipilih pengarang dalam menciptakan karya mengandung sistem tanda yang memiliki arti atau penafsiran yang luas. Penafsiran dalam sistem tanda yang ada di karya sastra memerlukan pendekatan sastra yang sesuai dalam membedahnya, agar penafsirannya sesuai dengan isi pesan pengarang yang ingin disampaikan kepada pendengar maupun pembaca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berusaha untuk menguraikan sumber data yang sudah ditemui dengan narasi yang jelas. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan pendekatan semiotika dengan teori dari Charles Sanders Pierce yang mendasari dengan konsep trikotomi. Adapun sumber data penelitian ini dari lirik lagu Resah karya Payung Teduh dan puisi Menenangkan Rindu karya M. Aan Mansyur. Tujuan penelitian ini untuk memperlihatkan bagaimana penafsiran terhadap sistem tanda yang dimana memiliki penafsiran yang berbeda-beda, sesuai konteks yang ada.References
Arabica, F. G. K. (2015). Analisis Lagu dan Makna Syair Karya Grup Band Be Seven Steady. Skripsi.
Djoko Pradopo, Rachmat. (2009) Pengkajian Puisi. (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press).
Emzir dan Saifur Rohman. (2016). Teori dan Pengajaran Sastra. (Depok: PT. Raja Grafindo Persada).
Hermintoyo, M. (2013). Kode dan Bahasa Sastra. (Semarang: Gigih Pustaka Mandiri).
Hikmat, Ade., dkk. (2017). Kajian Puisi. (Jakarta: Uhamka).
Jabrohim. (2003). Metodologi Penelitian Sastra. (Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya).
Kusumawardhani, O. A. (2020). Bahasa Figuratif dan Citraan dalam Kumpulan Puisi Melihat Api Bekerja Karya M. Aan Mansyur: Kajian Stilistika, Tesis.
Linati, Y. A., dan Yosi Wulandari. (2022) Perbandingan Antara Puisi “Sajak Jatuh Cinta” Karya Emha Ainun Nadjib dan Puisi “Sajak Kecil Tentang Cinta” Karya Sapardi Djoko Damono. Jurnal Ruang Kata, 1 (2). DOI: https://doi.org/10.53863/jrk.v2i01.384
M. Aan Mansyur. Artikel Skripsi, 1(1).
Mansyur, M. A. (2015) Melihat Api Bekerja. (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama).
Mubarok, R. A., dkk. (2018). Analisis Penggunaan dan Makna Diksi yang Terdapat Pada Lirik Lagu “Resah” Payung Teduh. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (6).
Ramlah, S. (2020). Analisis Penggunaan Diksi dan Gaya Bahasa dalam Buku The Miracle of You (Ciptakan Keajaiban dalam Diri Anda) Karya Sarwandi Eka Sarbini. Skripsi.
Sunarto. (2019). Musik dalam Perspektif. (Jakarta: Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan).
Susilo, L. F. (2017). Kajian Struktur Fisik pada Kumpulan Puisi Melihat Api Bekerja Karya
Syuropati, M. A. (2011). 5 Teori Sastra Kontemporer & 13 Tokohnya. (Jakarta: In Azna Books).
Taqwiem, A. (2018). Semiotika Puisi Tidak ada New York Hari Ini. Jurnal Tarbiyah, 7 (1). DOI: https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2105
Teeuw, A. (1979). Sastra dan Ilmu Sastra. (Bandung: PT Dunia Pustaka Jaya).
Wulandari, S., dan Erik D. Siregar. 2020. Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce: Relasi Trikotomi (Ikon, Indeks, dan Simbol) dalam Cerpen Anak Mercusuar Karya Mashdar Zainal, Jurnal Ilmu Humaniora, 4 (1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).