Kelayakan Soal AKM Literasi Membaca Pada Materi Teks Anekdot Kelas X SMK Berbantuan Media Google Form
DOI:
https://doi.org/10.24090/jnr.v4i1.10885Keywords:
Pengembangan, Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Google Form, Teks AnekdotAbstract
Penelitian ini berfokus pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kelas X SMK Negeri 1 Depok Sleman. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal AKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan soal AKM literasi membaca materi teks anekdot kelas X SMK dan mengetahui kelayakan soal AKM literasi membaca dengan menggunakan media google form. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan metode ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) analisis kebutuhan menunjukkan bahwa masih perlu adanya pengembangan soal AKM literasi membaca, (2) pengembangan soal AKM literasi membaca dengan media pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan pemahaman siswa, (3) soal AKM literasi membaca dengan media google form dinilai “sangat layak” oleh para ahli dengan rata-rata 97. Dapat disimpulkan bahwa soal Akm literasi membaca materi teks anekdot berbantuan media google form layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman belajar peserta didik, serta keterkaitannya dengan proses pembelajaran teks anekdot di sekolah.References
Aryati, V. A. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Siswa SMP Negeri 7 Kota Sukabumi. I. Indonesia Sport Journal, 2(2), 39–48.
Cahyanovianty, A. D. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1439–1448. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.651.
Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306
Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca Pada Program Pisa. Litera, 17, 90–106. https://doi.org/10.4135/9781506326139.n549
Kemdikbud. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/kurikulum-merdeka/Tanya jawab Kurikulum Merdeka Fin (1).pdf.
Kemendikbud. 2022. G20 Bidang Pendidikan, Indonesia Bahas Kebijakan Pendidikan untuk Pemulihan Pembelajaran. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/05/g20-bidangpendidikan-indonesia-bahas-kebijakan-pendidikan-untuk-pemulihan-pembelajaran tanggal 15 Juli 2022.
Kurniasih, Imas. 2021. Kupas Tuntas Asesmen Nasional. Jakarta: Kata Pena.
Meriana, Tju, dan Erni Murniarti. 2021. “Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14(2):110–16.
Purwati, P. D., Faiz, A., & Widiyatmoko, A. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kelas jenjang sekolah dasar sarana pemacu peningkatan literasi pada peserta didik. SOSIO RELIGI : Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 19, 13–24.
Rahman, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Peluang Tingkat SMA Sederajat.
Sahfitri, A., & Hartini, S. (2019). Metode ADDIE Pada Aplikasi Interaktif Mengenal Bagian Tubuh Manusia Dua Bahasa Untuk Anak Sekolah Dasar. Information System For Educators And Professionals, 3(2), 141 152. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/1085/955
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Tegeh, I Made. dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Singaraja : Yogyakarta Graha Ilmu.
Widyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Purwati Zisca Diana, Aisyah Sulha Ramadani Purnomo
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).