Kelayakan Soal AKM Literasi Membaca Pada Materi Teks Anekdot Kelas X SMK Berbantuan Media Google Form

Authors

  • Purwati Zisca Diana Universitas Ahmad Dahlan
  • Aisyah Sulha Ramadani Purnomo Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/jnr.v4i1.10885

Keywords:

Pengembangan, Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Google Form, Teks Anekdot

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kelas X SMK Negeri 1 Depok Sleman. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal AKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan soal AKM literasi membaca materi teks anekdot kelas X SMK dan mengetahui kelayakan soal AKM literasi membaca dengan menggunakan media google form. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan metode ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) analisis kebutuhan menunjukkan bahwa masih perlu adanya pengembangan soal AKM literasi membaca, (2) pengembangan soal AKM literasi membaca dengan media pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan pemahaman siswa, (3) soal AKM literasi membaca dengan media google form dinilai “sangat layak” oleh para ahli dengan rata-rata 97. Dapat disimpulkan bahwa soal Akm literasi membaca materi teks anekdot berbantuan media google form layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman belajar peserta didik, serta keterkaitannya dengan proses pembelajaran teks anekdot di sekolah.

References

Aryati, V. A. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Siswa SMP Negeri 7 Kota Sukabumi. I. Indonesia Sport Journal, 2(2), 39–48.

Cahyanovianty, A. D. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1439–1448. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.651.

Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306

Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca Pada Program Pisa. Litera, 17, 90–106. https://doi.org/10.4135/9781506326139.n549

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/kurikulum-merdeka/Tanya jawab Kurikulum Merdeka Fin (1).pdf.

Kemendikbud. 2022. G20 Bidang Pendidikan, Indonesia Bahas Kebijakan Pendidikan untuk Pemulihan Pembelajaran. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/05/g20-bidangpendidikan-indonesia-bahas-kebijakan-pendidikan-untuk-pemulihan-pembelajaran tanggal 15 Juli 2022.

Kurniasih, Imas. 2021. Kupas Tuntas Asesmen Nasional. Jakarta: Kata Pena.

Meriana, Tju, dan Erni Murniarti. 2021. “Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14(2):110–16.

Purwati, P. D., Faiz, A., & Widiyatmoko, A. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kelas jenjang sekolah dasar sarana pemacu peningkatan literasi pada peserta didik. SOSIO RELIGI : Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 19, 13–24.

Rahman, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Peluang Tingkat SMA Sederajat.

Sahfitri, A., & Hartini, S. (2019). Metode ADDIE Pada Aplikasi Interaktif Mengenal Bagian Tubuh Manusia Dua Bahasa Untuk Anak Sekolah Dasar. Information System For Educators And Professionals, 3(2), 141 152. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/1085/955

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Tegeh, I Made. dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Singaraja : Yogyakarta Graha Ilmu.

Widyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-04-21

How to Cite

Diana, P. Z., & Sulha Ramadani Purnomo, A. (2024). Kelayakan Soal AKM Literasi Membaca Pada Materi Teks Anekdot Kelas X SMK Berbantuan Media Google Form. Jurnal Nusantara Raya, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.24090/jnr.v4i1.10885

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.