PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS WEB PADA MATERI TEKS PROSEDUR

Authors

  • Naswah Mirzanty Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/jnr.v2i3.10435

Keywords:

media interaktif, articulate storyline 3, teks prosedur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan media interaktif Articulate Storyline 3 berbasis web pada materi teks prosedur pada kelompok belajar siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi dan pemberian angket. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok belajar siswa SMA yang ada di wilayah Koja, Jakarta Utara. Dalam kelompok belajar ini terdiri dari 10 siswa yang berasal dari sekolah yang berbeda-beda. Mereka tergabung dalam kelompok belajar yang ada dalam kawasan tempat tinggalnya. Peneliti menggunakan 4 tahapan pengumpulan dan analisis data yang dikembangkan oleh Kurl Lewin, 1) tahap perencanaan (planning), 2) tahap pelaksanaan tindakan (action), 3) tahap pengamatan (observing), dan 4) tahap refleksi (reflection). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan media interaktif Articulate Storyline 3 berbasis web pada materi teks prosedur pada kelompok belajar siswa SMA menumbuhkan motivasi belajar siswa untuk mempelajari lebih dalam mengenai teks prosedur.

References

Amiroh, A. (2019). Mahir membuat media interaktif Articulate Storyline. Pustaka Ananda Srva.

Anderson, Mark & Kathy. (2003). Text Type In English. Australia: Macmilan.

Chiasson, A. (2016). Mastering Articulate Storyline. Birmingha: Packt Publishing Ltd.Retrieved January 8, 2021.

Darnawati, D., Jamiludin, J., Batia, L., Irawaty, I., & Salim, S. Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8-16. DOI: https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i1.8780

Janah, S. N. (2015) Pengaruh Penggunaan Multimedia Articulate Storyline dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Leztiyani, Indirawati. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. (2021). Optimalisasi Penggunaan Articulate Storyline 3 dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 24-35. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.63

Mahmud, S., & Idham, M. (2017). Strategi Belajar-Mengajar. Syiah Kuala University Press.

Maskar, S., & Anderha, R.R. (2019). Pembelajaran Transformasi Geometri dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1). 40-47

Mukhlasin, A., & Wibowo, R. (2018). Desain Pengembangan Kurikulum Integratif dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tawadhu, 2(1), 364–380.

Pratama, RA (2018). Media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 2 pada Drawing Function Pelajaran Grafik di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19-35. DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631

Safira, Arum Donna, Iva Sarifah, & Tunjungsari Sekaringtyas. Universitas Negeri Jakarta. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237-253. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109

Saski, N., & Sudarwanto, T. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118-1124.

Septyanti, E., Kurniaman, O., & Charlina. (2020). Development of interactive media based on adobe flash in listening learning for university student. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1), 74–77.

Sudianto, Aris & Lalu Muhammad Samsu. Universitas Hamzanwadi. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Android untuk Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Wathan Ketangga sebagai Upaya untuk Peningkatan Minat Belajar Siswa. Jurnal Informatika dan Teknologi, 2(2), 53-60. DOI: https://doi.org/10.29408/jit.v2i2.1437

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suprayekti. (2004). Interaksi Belajar Mengajar Edisi ke-2. Mataram: LPMP Nusa Tenggara Barat.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Mirzanty, N. (2023). PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS WEB PADA MATERI TEKS PROSEDUR. Jurnal Nusantara Raya, 2(3), 139–147. https://doi.org/10.24090/jnr.v2i3.10435

Issue

Section

Articles