PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS WEB PADA MATERI TEKS PROSEDUR
DOI:
https://doi.org/10.24090/jnr.v2i3.10435Keywords:
media interaktif, articulate storyline 3, teks prosedurAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan media interaktif Articulate Storyline 3 berbasis web pada materi teks prosedur pada kelompok belajar siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi dan pemberian angket. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok belajar siswa SMA yang ada di wilayah Koja, Jakarta Utara. Dalam kelompok belajar ini terdiri dari 10 siswa yang berasal dari sekolah yang berbeda-beda. Mereka tergabung dalam kelompok belajar yang ada dalam kawasan tempat tinggalnya. Peneliti menggunakan 4 tahapan pengumpulan dan analisis data yang dikembangkan oleh Kurl Lewin, 1) tahap perencanaan (planning), 2) tahap pelaksanaan tindakan (action), 3) tahap pengamatan (observing), dan 4) tahap refleksi (reflection). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan media interaktif Articulate Storyline 3 berbasis web pada materi teks prosedur pada kelompok belajar siswa SMA menumbuhkan motivasi belajar siswa untuk mempelajari lebih dalam mengenai teks prosedur.References
Amiroh, A. (2019). Mahir membuat media interaktif Articulate Storyline. Pustaka Ananda Srva.
Anderson, Mark & Kathy. (2003). Text Type In English. Australia: Macmilan.
Chiasson, A. (2016). Mastering Articulate Storyline. Birmingha: Packt Publishing Ltd.Retrieved January 8, 2021.
Darnawati, D., Jamiludin, J., Batia, L., Irawaty, I., & Salim, S. Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8-16. DOI: https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i1.8780
Janah, S. N. (2015) Pengaruh Penggunaan Multimedia Articulate Storyline dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Leztiyani, Indirawati. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. (2021). Optimalisasi Penggunaan Articulate Storyline 3 dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 24-35. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.63
Mahmud, S., & Idham, M. (2017). Strategi Belajar-Mengajar. Syiah Kuala University Press.
Maskar, S., & Anderha, R.R. (2019). Pembelajaran Transformasi Geometri dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1). 40-47
Mukhlasin, A., & Wibowo, R. (2018). Desain Pengembangan Kurikulum Integratif dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tawadhu, 2(1), 364–380.
Pratama, RA (2018). Media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 2 pada Drawing Function Pelajaran Grafik di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19-35. DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631
Safira, Arum Donna, Iva Sarifah, & Tunjungsari Sekaringtyas. Universitas Negeri Jakarta. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237-253. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109
Saski, N., & Sudarwanto, T. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118-1124.
Septyanti, E., Kurniaman, O., & Charlina. (2020). Development of interactive media based on adobe flash in listening learning for university student. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1), 74–77.
Sudianto, Aris & Lalu Muhammad Samsu. Universitas Hamzanwadi. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Android untuk Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Wathan Ketangga sebagai Upaya untuk Peningkatan Minat Belajar Siswa. Jurnal Informatika dan Teknologi, 2(2), 53-60. DOI: https://doi.org/10.29408/jit.v2i2.1437
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suprayekti. (2004). Interaksi Belajar Mengajar Edisi ke-2. Mataram: LPMP Nusa Tenggara Barat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).