Analisis Nilai-Nilai Sejarah dan Budaya Lokalitas pada Buku IPAS Kelas IV SD Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8556Kata Kunci:
pembelajaran ips, sd, sejarah dan budaya lokalitasAbstrak
Kondisi pembelajaran IPS yang terjadi adalah peserta didik merasa kurang adanya ketertarikan dan sulit dipahami serta mereka merasa sulit untuk mengimplementasikan mata pelajaran IPS dengan kehidupan sehari-hari mereka sehingga tidak memahami manfaat yang dapat diperoleh dalam pembelajaran ini. Metode penelitian yang digunakan yaitu library research yang memahami buku ajar IPAS SD Kelas IV. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa nilai yang didapatkan dari materi sejarah dan budaya lokalitas, seperti : Daerahku dan kekayaan alamku, Masyarakat di daeraku, Seperti apa daerah tempat tinggalku dahulu, Keunikan kebiasaan masyarakat di sekitarku.Referensi
Al Muhtar, S. (2006). Pengembangan Keterampilan Berfikir dan Nilai dalam Pendidikan IPS. Gelar Pustaka Mandiri.
Ersis Warmansyah Abbas. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS (Pertama). Wahana Jaya Abadi.
Fitri, A., A. Rasa, A., Kusumawardhani, A., K. Nursya`bani, K., Fatimah, K., & Ilmi Setianingsih, N. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV (Pertama). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Alfabeta.
Hilmi, M. Z. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN IPS DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.58258/jime.v3i2.198
Putra, E. S. I. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN IPS DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di Kabupaten Indragiri Hilir Propinsi Riau). EDUKASI, 8(1), Art. 1. https://doi.org/10.32520/judek.v8i1.1107
Sumantri, N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya.
Susanti, S., Purwiyastuti, W., & Emy _Wuryani. (2018). Manfaat Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sejarah Terhadap Pembentukan Moral Peserta Didik. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 12(1), Art. 1. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.126
Tilaar, H. A. R., & Ace, S. (1994). Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.
Widiastuti, E. H. (2017). PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS. Satya Widya, 33(1), Art. 1. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p29-36
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Naufal Abdul Azis
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.