Penanaman Nilai-nilai Multikulturalisme melalui Lembaga Pendidikan Madrasah Diniyyah
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v8i1.3958Kata Kunci:
Kata Kunci: Multikulturlisme, Nilai-nilai Multikulturalisme, Madrasah Diniyyah MultikulturalAbstrak
Abstrak Demokrasi, toleransi dan kerukunan merupakan beberapa nilai yang terangkum dalam konsep nilai multikulturalisme. Ketiganya menjadi nilai-nilai yang fundamental untuk dipahami masyarakat dalam proses berbangsa dan bernegara. Ketiganya akan mampu dipahami dan diaktualisasikan ketika ditanamkan dengan baik. Salah satu lading untuk menanamkan nilai-nilai multikulturalisme tersebut adalah melalui proses pendidikan yang berwawasan multikultural. Proses pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai tersebut seyogyanya dilakukan melalui segala lini pendidikan, baik lembaga pendidikan formal maupun lembaga pendidikan masyarakat. Salah satu lembaga yang patut diberikan perhatian adalah madrasah diniyyah. Lembaga ini selain lembaga yang fleksibel juga merupakan lembaga yang berada pada tataran akar rumput masyarakat. Dengan demikian mengembangkan lembaga ini menjadi lembaga yang siap mentransformasikan nilai-nilai multikulturalisme. Beberapa hal yang harus dilakukan adalah: (a) menata ulang kurikulum dan pembelajaran; (b) menyiapkan tenaga pendidik unggul, (c) membuat program kerukunan lintas agama dan budaya, dan (d) menyadarkan masyarakat akan pentingnya madrasah diniyyah. Kata Kunci: Multikulturlisme, Nilai-nilai Multikulturalisme, Madrasah Diniyyah MultikulturalUnduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2020-05-29
Cara Mengutip
Bahtiar, M. A. (2020). Penanaman Nilai-nilai Multikulturalisme melalui Lembaga Pendidikan Madrasah Diniyyah. Jurnal Kependidikan, 8(1), 42–58. https://doi.org/10.24090/jk.v8i1.3958
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.