Desain Strategi Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum

Penulis

  • Sa'bani Sa'bani IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3491

Kata Kunci:

desain, strategi pembelajaran, pengembangan kurikulum

Abstrak

This paper aims to describe the design of learning strategies and curriculum development in the learning process. Learning design emphasizes how an educator can apply his abilities in the classroom by using innovative and creative methods and ways in the learning process. A maqalah states that the subject matter is important, but the way to deliver the material is more important. This shows that the way educators deliver a material (strategy) is more important than the material itself (ath-thariiqatu ahammu minal maddah). Therefore, a good educator is not enough just to master a material, but must be accompanied by the ability to convey the material properly. Abstrak   Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain strategi pembelajaran dan pengembangan kurikulum dalam proses pembelajaran. Desain pembelajaran menekankan pada bagaimana seorang pendidik bisa mengaplikasikan kemampuannya dalam kelas dengan mengunakan metode dan cara-cara yang inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Sebuah maqalah menyebutkan bahwa materi suatu pelajaran itu penting, namun cara untuk menyampaikan materi tersebut lebih penting. Hal ini menunjukkan bahwa cara pendidik dalam menyampaikan suatu materi (strategi) lebih penting dari materi itu sendiri (ath-thariiqatu ahammu minal maddah). Oleh karena itu, seorang pendidik yang baik belum cukup hanya dengan penguasaan terhadap suatu materi, namun harus dibarengi dengan kemampuan menyampaikan materi tersebut dengan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-11-29

Cara Mengutip

Sa'bani, S. (2019). Desain Strategi Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum. Jurnal Kependidikan, 7(2), 240–250. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3491

Terbitan

Bagian

Articles