Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Penulis

  • Muh Muizzuddin SMP Al-Hikmah Benda Sirampog Brebes

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957

Kata Kunci:

guru, pengembangan profesionalisme, kualitas pembelajaran

Abstrak

Tulisan ini mengkaji tentang pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kualitas pembelajaran. Pengembangan profesionalisme adalah suatu keharusan bagi temaga pendidik yang dilandasi oleh: 1) sifat profesionalisme; 2) perkembangan pesat ilmu pengetahuan, teknologi dan seni; 3) paradigma pembelajaran seumur hidup, dan 4) tuntutan UU Nomor 14 Tahu 2005 tentang Guru dan Dosen. Terdapat beberapa alternatif kegiatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan profesionalisme, antara lain: melakukan studi lanjut, mengambil kursus yang relevan, refleksi diri secara teratur, mengembangkan diri melalui kegiatan akademik seperti seminar, lokakarya, pelatihan,  pengenalan sekolah, melakukan penelitian, dan penerbitan artikel ilmiah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-05-31

Cara Mengutip

Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 7(1), 127–140. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957

Terbitan

Bagian

Articles