Analisis Ketercapaian Implementasi Standar Pengelolaan di SD Ashfiya Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2762Kata Kunci:
analisis standar pengelolaan pendidikanAbstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis ketercapaian Standar Pengelolaan di SD Ashfiya Kota Bandung. Hal ini penting untuk dibahas mengingat bahwa Standar Pengelolaan merupakan satu dari delapan Standar Nasional Pendidikan yang berfungsi sebagai dasar dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang berkualitas dan bermutu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif partisipatoris. Partisipan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SD Ashfiya Kota Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada lima belas indikator Standar Pengelolaan yang berbentuk pedoman wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Profil capaian indikator Standar Pengelolaan menunjukkan hasil rata-rata capaian sebesar 95%; (2) Indikator yang belum mencapai skor maksimal adalah kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, serta Sistem Informasi Manajeman (SIM). Rekomendasi hasil penelitian ini perlu kajian yang mendalam tentang kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, serta perlu adanya peningkatan Sistem Informasi Manajemen (SIM) di sekolah.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2019-05-31
Cara Mengutip
Rohayati, E. (2019). Analisis Ketercapaian Implementasi Standar Pengelolaan di SD Ashfiya Kota Bandung. Jurnal Kependidikan, 7(1), 17–29. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2762
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.