Analisis Ketercapaian Implementasi Standar Pengelolaan di SD Ashfiya Kota Bandung

Penulis

  • Elih Rohayati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2762

Kata Kunci:

analisis standar pengelolaan pendidikan

Abstrak

Tujuan penelitian ini  yaitu untuk menganalisis ketercapaian Standar Pengelolaan di SD Ashfiya Kota Bandung. Hal ini penting untuk dibahas mengingat bahwa Standar Pengelolaan merupakan satu dari delapan Standar Nasional Pendidikan yang berfungsi sebagai dasar dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang berkualitas dan bermutu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif partisipatoris. Partisipan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SD Ashfiya Kota Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada lima belas indikator Standar Pengelolaan yang berbentuk pedoman wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Profil capaian indikator Standar Pengelolaan menunjukkan hasil rata-rata capaian sebesar 95%; (2) Indikator yang belum mencapai skor maksimal adalah kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, serta Sistem Informasi Manajeman (SIM). Rekomendasi hasil penelitian ini perlu kajian yang mendalam tentang kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, serta perlu adanya peningkatan Sistem Informasi Manajemen (SIM) di sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-05-31

Cara Mengutip

Rohayati, E. (2019). Analisis Ketercapaian Implementasi Standar Pengelolaan di SD Ashfiya Kota Bandung. Jurnal Kependidikan, 7(1), 17–29. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2762

Terbitan

Bagian

Articles