Manajemen Personalia Dalam Pemberdayaan Sekolah Di SMP Muslimin 5 Kota Bandung

Penulis

  • Inten Nurmalasari Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhibbin Syah, MS Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2756

Kata Kunci:

Staffing; Empowerment; School

Abstrak

Abstrak Fakta-fakta di bidang program kerja di sekolah tidak berjalan mulus karena tugas dan tanggung jawab tidak diberikan kepada orang yang tepat. Jadi ini akan memadamkan potensi guru lain yang memiliki keahlian di bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses kepegawaian di SMP Muslim 5 di Kota Bandung, dan menganalisis proses pemberdayaan sekolah sehingga pendidik dan staf pendidikan dapat mengasah keterampilan mereka di bidang mereka lebih dalam. Hasil penelitian menunjukkan: 1) manajemen kepegawaian di SMP Negeri 5 Bandung Bandung didasarkan pada kebutuhan sekolah dan kebutuhan akan proses pembelajaran, hal-hal yang dilakukan tidak terlalu teoretis seperti perencanaan, pemilihan dan kontrak kerja; 2) Pemberdayaan sekolah didasarkan pada struktur organisasi yang telah membuat pemilihan dan pengangkatan guru dalam penempatan kerja tertentu yang dipertimbangkan dengan memperhatikan berbagai aspek, seperti lamanya layanan; kualifikasi dan keterampilan pendidikan yang dimiliki; dan 3) Dampak dari pemberdayaan sekolah berbasis struktur organisasi ini adalah untuk mengurangi kekosongan jam mengajar karena guru yang tidak dapat hadir hadir sehingga proses belajar mengajar terus menjadi efektif, efisien dan kondusif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-05-31

Cara Mengutip

Nurmalasari, I., & Syah, M. (2019). Manajemen Personalia Dalam Pemberdayaan Sekolah Di SMP Muslimin 5 Kota Bandung. Jurnal Kependidikan, 7(1), 68–83. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2756

Terbitan

Bagian

Articles