Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru di MTs Sunan Kalijaga Siwuluh Bulakamba Brebes

Penulis

  • Umronah Umronah Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Siwuluh Bulakamba Brebes

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2260

Kata Kunci:

manajemen pengembangan, profesionalisme guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pengembangan profesionalisme guru di MTs Sunan Kalijaga Siwuluh Bulakamba Brebes. Fokus penelitian ini meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pengembangan profesionalisme guru. Penelitian ini dengan menggunakan Metode kualitatif dengan rancangan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran. Analisis data yang digunakan dengan tringulasi, Hasil penelitian adalah: 1) perencanaan melihat dari analisis program yang telah dilakukan sebagai acuan dalam menentukan perencanaan program dimasa yang akan datang 2) pengorganisasian masih perlu dimaksimalkannya MGMP baik internal maupun eksternal 3) pelaksanaan berjalan dengan baik, perlu peningkatan dalam hal pelatihan yang selama ini pelaksanaanya baru bersifat perumpun pelajaran 4) pengawasan profesionalisme guru dilakukan sebagai evaluasi program yang telah dilakukan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-11-30

Cara Mengutip

Umronah, U. (2018). Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru di MTs Sunan Kalijaga Siwuluh Bulakamba Brebes. Jurnal Kependidikan, 6(2), 278–292. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2260

Terbitan

Bagian

Articles