Nilai-Nilai Penting Pendidikan Islam Berbasis Al Quran dan Sirah Nabi dalam Peningkatan Kualitas Pengajaran
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3032Keywords:
Pendidikan Islam, Nilai-nial Al Qur'an, Hadits, Sirah Nabi, Kualitas PengajaranAbstract
Pendidikan selalu menjadi aspek yang penting sepanjang perjalanan kehidupan manusa. Pendidikan berproses untuk mengembangkan potensi yang dimiliki agar menjadi manusia yang beriman, beradab, dan berilmu sebagai ciptaan Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan Islam adalah pendidikan terbaik dengan pedoman Al Qur'an dan Hadits serta Sirah Nabi SAW. Al Qur'an, Hadits, dan Sirah Nabi SAW menjadi jiwa dalam setiap komponen pendidikan sehingga belajar apapun ilmunya adalah belajar dengan Islam. Semua aspek, baik proses maupun hasil dari pendidikan adalah mengandung nilai-nilai islami kita perlu menyebutkannya karena telah menjadi satu kesatuan. Kontekstualisasi nilai-nilai dalam Al Qur'an yang begitu agung dalam kehidupan sehari-hari adalah suatu keniscayaan yang perlu untuk dikaji dan diperjuangkan secara arif sehingga tercipta Living Qur'an pada diri setiap generasi. Keadaan dunia seperti apapun dan walaupun tanpa diadakan pelajaran pendidikan agama di sekolah formal atau di lembaga-lembaga pendidikan sekalipun, apabila ajaran Islam telah menyatu dan menjadi budaya hidu, maka perilaku dalam budi pekerti dan ibadah yang benar dan islami akan terwujud.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-11-29
How to Cite
Soekmawati, I. (2019). Nilai-Nilai Penting Pendidikan Islam Berbasis Al Quran dan Sirah Nabi dalam Peningkatan Kualitas Pengajaran. Jurnal Kependidikan, 7(2), 204–214. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3032
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.