Analisis Nilai-Nilai Sejarah dan Budaya Lokalitas pada Buku IPAS Kelas IV SD Kurikulum Merdeka

Authors

  • Naufal Abdul Azis UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8556

Keywords:

pembelajaran ips, sd, sejarah dan budaya lokalitas

Abstract

Kondisi pembelajaran IPS yang terjadi adalah peserta didik merasa kurang adanya ketertarikan dan sulit dipahami serta mereka merasa sulit untuk mengimplementasikan mata pelajaran IPS dengan kehidupan sehari-hari mereka sehingga tidak memahami manfaat yang dapat diperoleh dalam pembelajaran ini. Metode penelitian yang digunakan yaitu library research yang memahami buku ajar IPAS SD Kelas IV. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa nilai yang didapatkan dari materi sejarah dan budaya lokalitas, seperti : Daerahku dan kekayaan alamku, Masyarakat di daeraku, Seperti apa daerah tempat tinggalku dahulu, Keunikan kebiasaan masyarakat di sekitarku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Muhtar, S. (2006). Pengembangan Keterampilan Berfikir dan Nilai dalam Pendidikan IPS. Gelar Pustaka Mandiri.

Ersis Warmansyah Abbas. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS (Pertama). Wahana Jaya Abadi.

Fitri, A., A. Rasa, A., Kusumawardhani, A., K. Nursya`bani, K., Fatimah, K., & Ilmi Setianingsih, N. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV (Pertama). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Alfabeta.

Hilmi, M. Z. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN IPS DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.58258/jime.v3i2.198 DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v3i2.198

Putra, E. S. I. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN IPS DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di Kabupaten Indragiri Hilir Propinsi Riau). EDUKASI, 8(1), Art. 1. https://doi.org/10.32520/judek.v8i1.1107 DOI: https://doi.org/10.32520/judek.v8i1.1107

Sumantri, N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya.

Susanti, S., Purwiyastuti, W., & Emy _Wuryani. (2018). Manfaat Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sejarah Terhadap Pembentukan Moral Peserta Didik. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 12(1), Art. 1. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.126 DOI: https://doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.892

Tilaar, H. A. R., & Ace, S. (1994). Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.

Widiastuti, E. H. (2017). PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS. Satya Widya, 33(1), Art. 1. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p29-36 DOI: https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p29-36

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Azis, N. A. (2023). Analisis Nilai-Nilai Sejarah dan Budaya Lokalitas pada Buku IPAS Kelas IV SD Kurikulum Merdeka. Jurnal Kependidikan, 11(2), 199–210. https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8556

Issue

Section

Articles