Relevansi Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) dengan Pendidikan Karakter

Authors

  • Nurlaily Fauziatun Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
  • M Misbah Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.5260

Keywords:

kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, pendidikan karakter

Abstract

Kecerdasan emosional dilakukan dengan cara melakukan perkenalan dan mengendalikan emosi, memberikan motivasi kepada pribadi, pengenalan emosi ini tidak hanya bagi diri sendiri namun juga emosi orang lain yang berguna dalam memperbaiki dan mempertahankan hubungan. Kecerdasan ini dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan non keluarga. Kecerdasan spiritual sendiri di maknai sebagai puncak kecerdasan manusia, di mana ketika kecerdasan spiritual seseorang sudah berada taraf yang baik, manusia itu akan memiliki kemampuan dalam mengatasi berbagai persoalan hidup yang dihadapi, karena kecerdasan spiritual mampu menghubungan rasio dengan emosi, pikiran dan tubuh. Dua kecerdasan ini sangat dibutuhkan dalam pengembangan pendidikan karakter. Dua kecerdasan ini merupakan pembuka pintu gerbang dan harus dimunculkan siswa untuk melaksanakan pendidikan karakter. Meskipun dalam menumbuhkembangkan kecerdasan ini membutuhkan setting lokasi, waktu dan tenaga yang lebih juga peningkatan kompetensi guru dan pemahaman akan kecerdasan ini, namun hal ini dirasa sesuai dengan kebutuhan untuk menumbuhkan karakter yang ada dalam diri peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-27

How to Cite

Fauziatun, N., & Misbah, M. (2020). Relevansi Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) dengan Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan, 8(2), 142–165. https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.5260

Issue

Section

Articles