Penanaman Nilai-nilai Multikulturalisme melalui Lembaga Pendidikan Madrasah Diniyyah

Authors

  • Muhammad Afri Bahtiar Pascasarjana IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v8i1.3958

Keywords:

Kata Kunci: Multikulturlisme, Nilai-nilai Multikulturalisme, Madrasah Diniyyah Multikultural

Abstract

Abstrak Demokrasi, toleransi dan kerukunan merupakan beberapa nilai yang terangkum dalam konsep nilai multikulturalisme. Ketiganya menjadi nilai-nilai yang fundamental untuk dipahami masyarakat dalam proses berbangsa dan bernegara. Ketiganya akan mampu dipahami dan diaktualisasikan ketika ditanamkan dengan baik. Salah satu lading untuk menanamkan nilai-nilai multikulturalisme tersebut adalah melalui proses pendidikan yang berwawasan multikultural. Proses pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai tersebut seyogyanya dilakukan melalui segala lini pendidikan, baik lembaga pendidikan formal maupun lembaga pendidikan masyarakat. Salah satu lembaga yang patut diberikan perhatian adalah madrasah diniyyah. Lembaga ini selain lembaga yang fleksibel juga merupakan lembaga yang berada pada tataran akar rumput masyarakat. Dengan demikian mengembangkan lembaga ini menjadi lembaga yang siap mentransformasikan nilai-nilai multikulturalisme. Beberapa hal yang harus dilakukan adalah: (a) menata ulang kurikulum dan pembelajaran; (b) menyiapkan tenaga pendidik unggul, (c) membuat program kerukunan lintas agama dan budaya, dan (d) menyadarkan masyarakat akan pentingnya madrasah diniyyah. Kata Kunci: Multikulturlisme, Nilai-nilai Multikulturalisme, Madrasah Diniyyah Multikultural

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-29

How to Cite

Bahtiar, M. A. (2020). Penanaman Nilai-nilai Multikulturalisme melalui Lembaga Pendidikan Madrasah Diniyyah. Jurnal Kependidikan, 8(1), 42–58. https://doi.org/10.24090/jk.v8i1.3958

Issue

Section

Articles