Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Authors

  • Muh Muizzuddin SMP Al-Hikmah Benda Sirampog Brebes

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957

Keywords:

guru, pengembangan profesionalisme, kualitas pembelajaran

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kualitas pembelajaran. Pengembangan profesionalisme adalah suatu keharusan bagi temaga pendidik yang dilandasi oleh: 1) sifat profesionalisme; 2) perkembangan pesat ilmu pengetahuan, teknologi dan seni; 3) paradigma pembelajaran seumur hidup, dan 4) tuntutan UU Nomor 14 Tahu 2005 tentang Guru dan Dosen. Terdapat beberapa alternatif kegiatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan profesionalisme, antara lain: melakukan studi lanjut, mengambil kursus yang relevan, refleksi diri secara teratur, mengembangkan diri melalui kegiatan akademik seperti seminar, lokakarya, pelatihan,  pengenalan sekolah, melakukan penelitian, dan penerbitan artikel ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-05-31

How to Cite

Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 7(1), 127–140. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957

Issue

Section

Articles