Pembiasaan Menabung Di Sekolah Dalam Upaya Membentuk Kepribadian Anak

Authors

  • As Pino Be Kahar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Menabung, Kepribadian, Pembiasaan Siswa

Abstract

Membentuk kepribadian seorang anak membutuhkan perlakuan khusus dan strategi yang terprogram dengan baik. Pembiasaan menabung ini merupakan langkah yang tepat untuk membentuk sikap siswa menjadi manusia yang  mempunyai ciri khas di dalam kepribadiannya. Peran serta pemimpin sekolah, guru dan orangtua menjadi obat yang paling mempengaruhi didalam membiasakan menabung agar tujuan darei menabung dapat tercapai.Artikel ini melaporkan penelitian yang mengeksplorasi tentang penerapan pembiasaan menabung, dampak dari pembiasaan menabung, serta faktor pendukung dan penghambat jalannya program pembiasaan menabung. Dengan demikian peneliti menggunakan metode Kualitatif deskriptif sebagai pendalaman subjek penelitian dan gambaran fakta yang terjadi.

References

Lusardi, Annamaria. Saving and the Effectiveness of Financial Education (2003). Pension Research Council WP2003-14. Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=476022 or http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.476022
Sherraden, M. S., Johnson, L., Guo, B., & Elliott, W. (2010). Financial Capability in Children: Effects of Participation in a School-Based Financial Education and Savings Program. Journal of Family and Economic Issues, 32(3), 385– 399. doi:10.1007/s10834-010-9220-5
BATTY, M., COLLINS, J. M., & ODDERS-WHITE, E. (2014). Experimental Evidence on the Effects of Financial Education on Elementary School Students’ Knowledge, Behavior, and Attitudes. Journal of Consumer Affairs, 49(1), 69–96. doi:10.1111/joca.12058
Eric, A, H. The Money Savvy Kids Curriculum: Changing Hearts and Minds. Journal of Economics Teaching, February 2019. http://www.moneysavvy.com/downloads/JET_2019.pdf
Kasmir, Dasar-Dasar Perbankan Edisi Revisi, (Jakarta;Raja Grafindo Persada, 2012) Jamalul lail Dan Ari Maulana, Program Sentono Menabung, (Universitas Islam Indonesia,2015), 54-57.
Heru K. Herman J, W. Suwandi, S. Kepribadian Moral Ideal Anak dalam Cerita Anak pada Majalah Bobo dan Harian Kompas. Jurnal sastra, Bahasa dan Pengajarannya. Universitas Negeri Semarang. 2018 Vol 2 No 14. 226-239
Arthur Gideon, “5 Cara Efektif Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini”, diakses dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/3169709/5-cara-efektif-ajarkan-anak- menabung-sejak-dini, pada tanggal 30 Nopember 2019 pukul 22.35
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1990)
Muh. Nurdin dkk, Mari Belajar IPS (Jakarta:Pusat Perbukuan, 2008).
Sjarkawi, Pembentuk Kepribadian Anak , Peran Moral, Emosional, Dan Sosial Sebagai Wujud Intergritas Membangun Jati Diri (jakarta: PT Bumi Aksara, 2014)
Ahmad Tabiin, Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial, Jurnal IJTIMAIYA _ Vol. 1 No. 1 Juli-Desember 2017, hal 42.
Dalyono. Psikologi Pendidikan. (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002)

Downloads

Published

2021-01-24

How to Cite

Be Kahar, A. P. (2021). Pembiasaan Menabung Di Sekolah Dalam Upaya Membentuk Kepribadian Anak. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 15–29. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/j-pgmi/article/view/4378

Issue

Section

Articles