Menavigasi Dunia Kerja: Pengalaman Transisi Lulusan Mahasiswa PGMI
Kata Kunci:
Transisi Karir, Lulusan PGMI, Fenomenologi, Kualitatif, Dunia KerjaAbstrak
Transisi dari dunia perkuliahan ke dunia kerja merupakan momen penting bagi setiap lulusan, termasuk bagi lulusan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman transisi lulusan mahasiswa PGMI dalam memasuki dunia kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 12 lulusan mahasiswa PGMI yang baru saja memasuki dunia kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman transisi lulusan mahasiswa PGMI diwarnai dengan berbagai tantangan dan peluang. Tantangan yang dihadapi antara lain: adaptasi dengan budaya kerja baru, keterbatasan pengetahuan dan keterampilan, serta kurangnya dukungan dari lingkungan kerja. Peluang yang ditemukan antara lain: kesempatan untuk mengembangkan diri, mendapatkan pengalaman baru, dan berkontribusi pada masyarakat. Penelitian ini memberikan beberapa implikasi penting bagi program studi PGMI. Pertama, program studi PGMI perlu memperkuat kurikulumnya dengan memberikan pelatihan yang lebih komprehensif tentang dunia kerja. Kedua, program studi PGMI perlu menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait untuk membantu lulusannya dalam mendapatkan pekerjaan. Ketiga, program studi PGMI perlu memberikan pendampingan kepada lulusannya dalam masa transisi dari dunia perkuliahan ke dunia kerja. Transisi dari dunia perkuliahan ke dunia kerja merupakan proses yang kompleks dan penuh tantangan bagi lulusan mahasiswa PGMI. Namun, dengan persiapan yang matang dan dukungan dari berbagai pihak, lulusan mahasiswa PGMI dapat berhasil menavigasi dunia kerja dan mencapai kesuksesan dalam karir mereka.Referensi
Aflahah, Aflahah, Mohammad Hefni, and Ahmad Fawaid. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT Menggunakan Software Camtasia Untuk Guru Alumni Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah.” P rdikan: Journal of Community Engagement 2, no. 2 (2020): 54–65.
Alfansuri, Iszul Rouf. “Upaya Peningkatan Kompetensi Lulusan Mahasiswa” (n.d.).
Arjoni, Arjoni, and Tutut Handayani. “Peran Madrasah Dalam Menangkal Dampak Negatif Globalisasi Terhadap Perilaku Remaja.” JIP Jurnal Ilmiah PGMI 3, no. 1 (2017): 1–14.
Asnafiyah, Asnafiyah. “Kebiasaan Belajar Mahaiswa PGMI Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 2, no. 2 (2010).
Dachlan, Abd Malik. “Implementasi Pembelajaran Berbasis E-Learning Dalam Memudahkan Pekuliahan Mahasiswa PGMI Di IAI Al Khoziny Sidoarjo.” Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 13, no. 01 (2023): 190–201.
Inayah, Nor. “Perbandingan IPK Mahasiswa Alumni Sekolah Agama Dengan Alumni Sekolah Umum Pada Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin” (2016).
Maimun, Agus. “Tema-Tema Penelitian Pendidikan: Inspirasi Dan Motivasi Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah.” Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 12, no. 2 (2020): 118–129.
Muhmin, Andi Hidayat. “Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Di Perguruan Tinggi.” In Forum Ilmiah, 15:9, 2018.
Nadlir, M. “Seminar Pendidikan: Buku Perkuliahan Program S1 Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya” (2013).
Prastowo, Andi. “Transformasi Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Indonesia.” JIP Jurnal Ilmiah PGMI 4, no. 2 (2018): 111–125.
Purwanti, Eneng, and Muhammad Syafar. “Tracer Study Program Study Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Lulusan Tahun 2018, 2019, 2020, 2021, 2022” (2023).
Rahmatullah, Ibnu Husen. Sekuntum Essay Pendidikan Dasar. Penerbit NEM, 2022.
Rozak, Purnama. “Problem Pemilihan Macam Pekerjaan Bagi Alumni PGMI.” Jurnal Ilmiah Ibtida: Jurnal Prodi PGMI STIT Pemalang 2, no. 2 (2021): 138–148.
Safitri, Safti Nur. “Hubungan Minat Menjadi Guru Terhadap Keaktifan Mahasiswa Mengikuti Perkuliahan Di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.” Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, N.D.
Salminawati, Salminawati, and Safran Safran. “Sumber Daya Manusia Pendidikan Dalam Menghadapi Era Industri 4.0.” (2019).
Sugiyono, Dr. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D” (2013).
Susapti, Peni. “Tracer Study Alumni Untuk Mendukung Akreditasi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah” (2022).
Udin, Tamsik. “Jejak Alumni Jurusan Pgmi Iain Syekh Nurjati Cirebon Dan Respon Pengguna (Stakeholder) Terhadap Kompetensi Dan Kinerjanya.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 2, no. 2 (2015).
Umma, Fatia Aimatul. “Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kematangan Karir Mahasiswa Tarbiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2016.
Umrah, Manajemen Haji D A N. “Linieritas Bidang Pekerjaan Alumni Dengan Profil Lulusan Program Studi Manajemen Haji Dan Umrah UIN Walisongo Semarang” (n.d.).
Warlizasusi, Jumira, and Susilawati Susilawati. “Pengaruh Kinerja Lulusan PGMI IAIN Curup Terhadap Kepuasan Kerja Alumni Di SD/MI Se Kabupaten Rejang Lebong.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 01 (2020).
Zulaiha, Siti, Tika Meldina, Chandra Dio Saputra, and Yuli Tri Astuti. “Tracer Study: Studi Rekam Jejak Dan Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Curup.” AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 5 (2019).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Fikri Abdun Nasir

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.