KESIAPAN MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA

Penulis

  • Anggitiyas Sekarinasih UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Kata Kunci:

Madrasah Readiness, Implementation, Independent Curriculum

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kesiapan madrasah ibtidaiyah dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka. Penelitian deskriptif-analisis ini dilakukan di MI Ma’arif NU Banjarparakan Rowalo dan MI Ma’arif NU Beji di Kabupaten Banyumas. Kesiapan madrasah ibtidaiyah dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka dilihat dari tiga aspek yakni dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasaran dan Program yang dilakukan, Adapun hasil penelitian menunjukkan; 1) dari segi sumber daya manusia kedua MI memiliki kesiapan yang minim; 2) Dari segi sarana dan prasarana kedua MI sama-sama terbatas dalam aspek buku yang digunakan oleh siswa. Sedangkan sarana prasarana dasar seperti ruang kelas dan in focus lebih lengkap di MI Ma’arif NU Beji. 3) persiapan dari aspek program MI Ma’arif NU Beji dan MI Ma’arif NU Banjarparakan sudah berupaya secara maksimal untuk mempersiapkan diri dalam implementasi kurikulum Merdeka 4) persiapan di MI Ma’arif NU Beji dan MI Ma’arif NU Banjarparakan, setidaknya telah memiliki gambaran awal atau mulai mengenali istilah-istilah kunci dalam kurikulum Merdeka.   Kata kunci: Kesiapan Madrasah, Implementasi, Kurikulum Merdeka

Referensi

Abdullah, A. A., Ahid, N., Fawzi, T., & Muhtadin, M. A. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. TSAQOFAH. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.732

Ahmad, M. Y., Arisanti, D., & Nasution, R. (2017). Strategi Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Madrasah Unggulan Di MIN 3 Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1026

Anas, Ibad, A. Z., Anam, N. K. A., & Hariwahyuni, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah (MI) (Studi Analisis Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun 2022). Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(1), 99–116.

Asadullah, M. N., & Maliki. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. International Journal of Educational Development, 12(2022). https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2018.02.006

Dhani, R. R. (2020). PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.251

Isom, M. (2023). Kurikulum Merdeka dan Madrasah Mandiri-Berprestasi.

Kemenag. (2023). 18.222 Peserta Lulus Pelatihan Online Implementasi Kurikulum Merdeka. Https://Kemenag.Go.Id/Nasional/18-222-Peserta-Lulus-Pelatihan-Online-Implementasi-Kurikulum-Merdeka-VPlV2. https://kemenag.go.id/nasional/18-222-peserta-lulus-pelatihan-online-implementasi-kurikulum-merdeka-vPlV2

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2022). Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. Jakarta, Implementasi Kurikulum Merdeka, 60.

Khalimatus Sadiyah, Muhamad Affa Faris Restian, Intan Annaiya Putri, D. (2022). 355-Article Text-1400-2-10-20230116 (Vol. 01, Issue Vol. 1 No. 01 (2022): Khaira Ummah Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, pp. 77–82). https://journal.unisnu.ac.id/khairaummah/article/view/355

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1993). Analisa Data Kualitatif. UI-Press.

Nurhasanah, N. (2020). PERAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH DI MTs MUHAMMADIYAH BALANGNIPA. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v9i1.253

Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu’adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 1–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047

Pertiwi, P. D., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1435

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, H., & Prihatini. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak Restu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549.

Rani Febrianningsih, & Zaka Hadikusuma Ramadan. (2023). Kesiapan guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Salim Chamidi, A., Dariyo, A., Hidayati, D., Aljihad, F., Kamilah Muslimat, M., Akasah, M., Kristivan, I., Mulyanto, A., Rosmaladewi, O., Kebumen, I., Tarumanagara Jakarta, U., Cimahi, M., Cilacap, U., Tahfidzpreneur Bandung, S., Widyapuri Mandiri, S., & Rancabendem Kota, S. (2022). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah/Madrasah melalui Bimtek Model In-On-In. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 02(4), 1267–1276. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas

Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Zakiyah, N., & Achadi, M. W. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Piloting MIN 2 Bantul Yogyakarta. Raudhah Proud To Be Professionals …, 229–238. http://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/221%0Ahttps://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/download/221/137

Zarkasi, T., Muslihatun, & Fajri, M. (2022). Madrasah Dalam Platfom Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Gema Nurani Guru, 1(2), 71–77.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Sekarinasih, A. (2023). KESIAPAN MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 197–207. Diambil dari https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/j-pgmi/article/view/10603

Terbitan

Bagian

Articles