IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERPADU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH
Kata Kunci:
Integrated Learning, Literacy, Madrasah Ibtidaiyah.Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran terpadu dan literasi di MI Mafatihul Huda, sebuah Madrasah Ibtidaiyah di Serang, Cipari. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran terpadu telah berhasil diintegrasikan oleh guru-guru, meningkatkan minat siswa, dan meningkatkan kemampuan literasi mereka. Kolaborasi guru dianggap kunci kesuksesan dalam implementasi metode ini. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang pentingnya pembelajaran terpadu dan literasi dalam pendidikan dasar di madrasah. Kata kunci : Pembelajaran Terpadu, Literasi, Madrasah Ibtidaiyah.Referensi
Abdulloh, M. H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter melalui implementasi Gerakan Literasi
Sekolah Di SMK Negeri 1 Rembang Tesis, Kudus: Program Magister Pendidikan Islam IAIN
Kudus, 2019 [Skripsi, IAIN KUDUS]. https://doi.org/10/4.%20Bab%20I.pdf
Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content
Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka.
Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187.
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan
society 5.0. CV. Pilar Nusantara.
Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem
Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180.
Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan karakter siswa melalui pembelajaran terpadu di sekolah dasar.
Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177–186.
Anwar, A. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Terpadu Di SDI Darush Sholihin Kecamatan
Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 8(2),
–250.
Astriani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Tersarang (Nested) Terhadap
Pemahaman Konsep Keliling Dan Luas Bangun Datar. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/
perseda/article/view/799
Ayu, I. S. (2022). Analisis Kesiapan Sekolah Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Untuk
Mengetahui Penguatan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Kelas V Di Sd Negri 2 Sumber Rejo
Bandar Lampung [Diploma, UIN RADEN INTAN LAMPUNG]. http://repository.radenintan.
ac.id/20054/
Basri, H. (2021). Integrasi Nilai-nilai Tauhid pada Pelajaran Sains bagi Siswa Sekolah Dasar Islam
Terpadu. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 3(1), 164–179.
Elizar, E. (2019). Pembelajaran Terpadu dan Urgensinya dalam Pengembangan Karakter Anak
Sekolah Dasar. Edukasi Lingua Sastra, 17(2), 1–12.
Fatimah, F., Tajuddin, M., Ilyas, M., & Majid, A. (2020). Analisis PPK, Literasi, 4c daan HOTS pada
Silabus dan RPP Mata Pelajaran Fikih. QUALITY, 8(1), 165–185.
Hafid, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Kemampuan
Pemahaman Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Pada Mata Kuliah Akhlak Tasawuf. SIBATIK
JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 2(2),
–530.
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran
Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas
Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28.
Indrawati, E. S., & Nurpatri, Y. (2022). Problematika pembelajaran ipa terpadu (kendala guru
dalam pengajaran ipa terpadu). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 226–234.
Jamila, S. H. (2019). Model Pembelajaran Terpadu (Studi Kasus di Yayasan Muhammad Ya’qub
Jombang). Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 73–85.
Loka, I. N., & Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan
metode pembelajaran terpadu kemampuan berpikir kritis. Chemistry Education Practice,
(2), 29–35.
Mawardi, U. (2019). Peningkatan Soft Skill Anak Usia Dini Melalui Media Mindscape pada
Pembelajaran Terpadu Model Nested di Lembaga PAUD Nasyiah Jakarta. Yaa Bunayya:
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 149–162.
Nikmah, S., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared
Berbantu Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran,
(2), 264–271.
Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah, F. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah
di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(11), Article 11.
https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989
Novianti, N., & Fitriani, A. (2015). Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed dan Shared
pada Tema Pemanfaatan Sampah untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep. Prosiding
Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, SNF2015-I. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/
prosidingsnf/article/view/4691
Priyanto, D., & Dharin, A. (2021). Students’ creativity development model and its implementation
in Indonesian Islamic Elementary Schools. Pegem Journal of Education and Instruction, 11(3),
–87.
Putri, V. M., Andini, S. R., & Fitria, Y. (2022). Analisis Model Shared pada Pembelajaran Tematik
Terpadu di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5445–5452.
Rawin, S. C., Sudiana, I. N., & Astawan, I. G. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Menumbuhkan
Minat Baca Siswa. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), Article 1. https://doi.
org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1371
Ryantini, K. T. D., Semadi, Y. P., & Damayanthi, L. P. E. (2022). Penguatan Literasi Perpajakan
Melalui MPK Bahasa Indonesia sebagai Implementasi Karakter Nasionalis. Mimbar Ilmu,
(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.51410
Santoso, G., Hidayat, M. N. S., Murod, M., Susilahati, Solehudin, & Asbari, M. (2023). Transformasi
Literasi Informasi Guru Menuju Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1),
Article 1. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.130
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 SEVENTINA LAILY, Abu Dharin

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.