Implementasi Pembelajaran Terpadu Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Seventina Laily UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Abu Dharin UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

Integrated Learning, Literacy, Madrasah Ibtidaiyah.

Abstract

This research aims to analyze the implementation of integrated learning andliteracy in MI Mafatihul Huda, an Islamic primary school in Serang, Cipari. Theresearch method employed is a qualitative case study. Data were collected throughobservations, interviews, and document analysis. The findings indicate thatintegrated learning has been successfully incorporated by teachers, enhancingstudent engagement and improving their literacy skills. Teacher collaboration isseen as a key factor in the success of this implementation. This research contributesto the understanding of the importance of integrated learning and literacy inprimary education in madrasahs.

References

Abdulloh, M. H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter melalui implementasi Gerakan Literasi

Sekolah Di SMK Negeri 1 Rembang Tesis, Kudus: Program Magister Pendidikan Islam IAIN

Kudus, 2019 [Skripsi, IAIN KUDUS]. https://doi.org/10/4.%20Bab%20I.pdf

Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content

Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka.

Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187.

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan

society 5.0. CV. Pilar Nusantara.

Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem

Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180.

Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan karakter siswa melalui pembelajaran terpadu di sekolah dasar.

Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177–186.

Anwar, A. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Terpadu Di SDI Darush Sholihin Kecamatan

Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 8(2),

–250.

Astriani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Tersarang (Nested) Terhadap

Pemahaman Konsep Keliling Dan Luas Bangun Datar. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/

perseda/article/view/799

Ayu, I. S. (2022). Analisis Kesiapan Sekolah Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Untuk

Mengetahui Penguatan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Kelas V Di Sd Negri 2 Sumber Rejo

Bandar Lampung [Diploma, UIN RADEN INTAN LAMPUNG]. http://repository.radenintan.

ac.id/20054/

Basri, H. (2021). Integrasi Nilai-nilai Tauhid pada Pelajaran Sains bagi Siswa Sekolah Dasar Islam

Terpadu. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 3(1), 164–179.

Elizar, E. (2019). Pembelajaran Terpadu dan Urgensinya dalam Pengembangan Karakter Anak

Sekolah Dasar. Edukasi Lingua Sastra, 17(2), 1–12.

Fatimah, F., Tajuddin, M., Ilyas, M., & Majid, A. (2020). Analisis PPK, Literasi, 4c daan HOTS pada

Silabus dan RPP Mata Pelajaran Fikih. QUALITY, 8(1), 165–185.

Hafid, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Kemampuan

Pemahaman Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Pada Mata Kuliah Akhlak Tasawuf. SIBATIK

JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 2(2),

–530.

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran

Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas

Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28.

Indrawati, E. S., & Nurpatri, Y. (2022). Problematika pembelajaran ipa terpadu (kendala guru

dalam pengajaran ipa terpadu). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 226–234.

Jamila, S. H. (2019). Model Pembelajaran Terpadu (Studi Kasus di Yayasan Muhammad Ya’qub

Jombang). Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 73–85.

Loka, I. N., & Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan

metode pembelajaran terpadu kemampuan berpikir kritis. Chemistry Education Practice,

(2), 29–35.

Mawardi, U. (2019). Peningkatan Soft Skill Anak Usia Dini Melalui Media Mindscape pada

Pembelajaran Terpadu Model Nested di Lembaga PAUD Nasyiah Jakarta. Yaa Bunayya:

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 149–162.

Nikmah, S., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared

Berbantu Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran,

(2), 264–271.

Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah, F. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah

di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(11), Article 11.

https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989

Novianti, N., & Fitriani, A. (2015). Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed dan Shared

pada Tema Pemanfaatan Sampah untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep. Prosiding

Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, SNF2015-I. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/

prosidingsnf/article/view/4691

Priyanto, D., & Dharin, A. (2021). Students’ creativity development model and its implementation

in Indonesian Islamic Elementary Schools. Pegem Journal of Education and Instruction, 11(3),

–87.

Putri, V. M., Andini, S. R., & Fitria, Y. (2022). Analisis Model Shared pada Pembelajaran Tematik

Terpadu di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5445–5452.

Rawin, S. C., Sudiana, I. N., & Astawan, I. G. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Menumbuhkan

Minat Baca Siswa. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), Article 1. https://doi.

org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1371

Ryantini, K. T. D., Semadi, Y. P., & Damayanthi, L. P. E. (2022). Penguatan Literasi Perpajakan

Melalui MPK Bahasa Indonesia sebagai Implementasi Karakter Nasionalis. Mimbar Ilmu,

(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.51410

Santoso, G., Hidayat, M. N. S., Murod, M., Susilahati, Solehudin, & Asbari, M. (2023). Transformasi

Literasi Informasi Guru Menuju Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1),

Article 1. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.130

Published

2024-06-01

How to Cite

Seventina Laily, & Abu Dharin. (2024). Implementasi Pembelajaran Terpadu Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 59–70. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/j-pgmi/article/view/10405

Issue

Section

Articles