Manajemen Community Development Perspektif Komunikasi Transendental

Authors

  • Wahyu Budiantoro UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Chubbi Syauqi UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

Pengembangan Masyarakat, Komunikasi Transendental, Islam

Abstract

Pengembangan masyarakat adalah suatu proses, baik ikhtiar masyarakat yang bersangkutan yang diambil berdasarkan prakarsa sendiri, maupun kegiatan pemerintah dalam rangka memperbaiki kondisi ekonomi, sosial dan kebudayaan berbagai komunitas, mengintegrasikan berbagai komu- nitas itu ke dalam kehidupan bangsa, dan memampukan mereka untuk memberikan sumbangan sepenuhnya demi kemajuan bangsa dan negara, berjalan secara terpadu di dalam proses tersebut- Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep community development dalam kerangka komunikasi transendental (Islami). Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan studi pustaka. Subyek penelitian adalah Rumah Perubahan yang diprakarsai oleh Rhenald Kasali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah Perubahan memiliki konsep community development yang baik. Program-program seperti “social change”, “kitabisa”, “yolo camp”, “public training” dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi masyarakat (pemuda). Dalam perspektif komunikasi transenden, apa yang dilakukan oleh Rumah Perubahan diasosiasikan sebagai seorang pendakwah yang menyebarkan kearifan kepada masyarakat agar berdaya lahir dan batin.

References

Ainiyah, N. dan M. I. F. (2016). Komunikasi Transendental: Nalar Spiritual Interaksi Manusia Dengan Tuhan (Perspektif Psikologi Sufi). Esoterik: Jurnal Akhlak Dan Tasawuf, 2(2).

Andi Nu. (2010). Pengembangan masyarakat pembangunan melalui pendampingan sosial dalam konsep pemberdayaan di bidang ekonomi. Ejournal.Unikama. Ac.Id, 2(2).

Bajari, A. dan S. S. T. S. (2013). Komunikasi Kontekstual: Teori dan Praktik Komunikasi Kontemporer. Remaja Rosadakarya.

DSusanto-JurnalKomunikasi,&Pembangunan,U. (2010). Strategi peningkatan kapasitas modal sosial dan kualitas sumberdaya manusia pendamping pengembangan masyarakat. Journal.Ipb.Ac.Id, 08(1).

Faisal, S. (2010). Format-format Penelitian Sosial. Raja Grafindo Persada.

Goffar, A. (2020). Manajemen Dalam Islam (Perspektif Al-Qur’an dan Hadits). In Sketsaonline.Com (Vol. 5). https://www. sketsaonline.com/manajemen-dalam- islam/

Hardianti, C. (2015). Studi Pesan Dan Motivasi Dalam Program Rumah Perubahan Rhenald Kasali. Institut Agama Islam Negri (Iain) “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten.

Huraerah, A. (2008). Pengorganisasian dan pengembangan masyarakat: model dan strategi pembangunan berbasis kerakyatan. Journal Article, 2(2).

I Dianto - HIKMAH: Jurnal Ilmu dan Dakwah, U. (2018). Peranan dakwah dalam proses pengembangan masyarakat Islam. Repo. Iain-Padangsidimpuan.Ac.Id, 2(1).

Irma, C. N. (2017). Tindak Tutur dan Fungsi Tuturan Ekspresif dalam Acara Rumah Perubahan Rhenald Kasali. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 238–248. https://doi.org/10.30998/ sap.v1i3.1181

Kamanto, S. dan. (1993). Pengantar Sosiologi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indoneisa.

Liliweri, A. (2014). Pengantar Studi Kebudayaan. Nusmedia.

Machendrawaty, N., & Safei, A. (2001). Pengembangan Masyarakat Islam. Journal Article, 2(2).

Mukhlis, A. (2009). Pengembangan masyarakat Islam dalam sistem dakwah islamiyah. Journal.Uinsgd.Ac.Id, 4(14).

Mukhlishin, A. S. (2017). Aplikasi Teori Sosiologi dalam Pengembangan Masyarakat Islam. Inject.Iainsalatiga. Ac.Id, 3(2).

Nasdian, F. (2014). Pengembangan masyarakat. Journal Article, 3(1).

Purnamasari, A. (2011). Pengembangan masyarakat untuk pariwisata di kampung wisata Toddabojo Provinsi Sulawesi Selatan. Download.Garuda.Kemdikbud. Go.Id, 1(1).

Setiawan, E. (2015). Transformasi Makna Komunikasi Transendental Cak Nun Kepada Kiaikanjeng. Jurnal Komunikasi Islam, 5(2), 1–27.

Sugihartati, R. (2014). Perkembangan masyarakat informasi & teori sosial kontemporer. Journal Article, 2(3).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R@D. Alfabeta.

Suharto, E. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Refika Aditama.

Syam, N. W. (2013). Komunikasi Transendental. PT Remaja Rosdakarya.

Syamsudduha. (2014). Manajemen Pesantren.Graha Guru.

Usman, H. (2006). Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara.

W Achmad - Jurnal Kewarganegaraan,

U. (2022). Dimensi Sosial dalam Pengembangan Masyarakat di Wilayah Pesisir. Journal.Upy.Ac.Id, 2(2).

Wibowo, A. (2013). Pengembangan Masyarakat. Journal Article, 1(2).

Zaenal- Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat, U. (2019). Asset- Based Community Development: Strategi Pengembangan Masyarakat. Syekhnurjati.Ac.Id, 1(1).

Zubaedi, M. (2016). Pengembangan masyarakat: wacana dan praktik. Journal Article, 2(1).

Downloads

Published

2022-11-26

How to Cite

Budiantoro, W., & Syauqi, C. (2022). Manajemen Community Development Perspektif Komunikasi Transendental. ICODEV: Indonesian Community Development Journal, 3(2), 99–110. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/icodev/article/view/7113

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)