Islam dan Nalar Komunikasi Pembangunan di Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.24090/icodev.v4i2.9389Keywords:
islam, islamic development islamic , boarding schoolAbstract
asasi manusia. Allah, melalui Nabi Muhammad Saw, mentransformasi dan mendiseminasi nilai-nilai Islam secara revolusioner. Sehingga, universalitas Islam bisa diterima oleh dunia sebagai nilai yang egaliter. Termasuk di dalamnya adalah nalar atau ide pembangunan, baik pembangunan intelektual, spiritual maupun sosial ekonomi. Entitas yang berkaitan erat ialah pesantren. Artinya, elaborasi nalar pembangunan di dalam Islam (al-Qur’an) menemukan legitimasinya melalui lembaga pesantren. Pendekatan yang ideal menggunakan komunikasi pembangunan. Komunikasi pembangunan merupakan komunikasi yang melibatkan stakeholder atau pemerintah yang memiliki wewenang. Artinya, komunikasi pesantren harus terbuka dan bisa bekerja sama dalam melaksanakan pembangunan. Jenis penelitian ini ialah kualitatif. Pendekatanya menggunakan studi kepustakaan. Penelusuran kepustakaan digunakan untuk mendukung penjelasan/ argumentasi sekaligus melakukan komparasi. Analisis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pesantren melaksanakan pembangunan atas dasar filosofis dan orientasi praktis. Dasar filosofisnya ialah al-Qur’an dan Hadits. Sementara, secara aksiologis (praktis), pesantren terlibat secara langsung dalam proses pembangunan, seperti pemberdayaan ekonomi masyarakat dan penanaman moral.References
Abdul Aziz, A. (2020). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Membentuk Santri Yang Berjiwa Entrepreneur. Jurnal.Fdk.Uinsgd.Ac.Id, 5(3), 233–254. https://doi.org/10.15575/tadbir DOI: https://doi.org/10.15575/tadbir.v5i3.2104
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Agustimi, E. (2019). Keadilan Dalam Perpekstif Al-Qur’an. Jurnal Taushiah FAI-UISU, 9(2), 8–13.
AH Noor. (2015). Pendidikan kecakapan hidup (life skill) di pondok pesantren dalam meningkatkan kemandirian santri. E-Journal.Stkipsiliwangi.Ac.Id, 3(1), 1–31.
Ahmad Luthfi, M. (2021). Liberalisasi Pemikiran Islam dan Kritik Terhadap Islam Liberal. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 81–92. DOI: https://doi.org/10.34005/tahdzib.v4i2.1586
AI Sulaiman. (2018). Komunikasi Pembangunan melalui program pemberdayaan sebagai materi pembelajaran di pesantren. Journal.Ipb.Ac.Id, 16(2), 1–11.
Al Umar, A. U. A. (2022). Analisis Pemikiran Ekonomi Islam Menurut Syed Nawab Haider Naqvi. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 226–231.
Anam, M. S., Yulianti, W., Safitri, S. N., Qolifah, S. N., & Rosia, R. (2021). Konservasi Sumber Daya Alam dalam Perspektif Islam. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 2(1), 26–37. DOI: https://doi.org/10.47887/amd.v2i1.19
Anggoro, T. (2019). Konsep Kesetaraan Gender Dalam Islam. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 15(1), 129–134. DOI: https://doi.org/10.18196/AIIJIS.2019.0098.129-134
Ariani, A. (2017). Etika Komunikasi Dakwah menurut Al-Quran. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 11(21). DOI: https://doi.org/10.24239/al-mishbah.Vol11.Iss1.51
Azizah, S. A. N., & Supriyadi, Y. (2022). Teologi Pembebasan Hassan Hanafi Terhadap Penindasan Perempuan Dalam Pandangan Angela Davis Pada Buku Women, Race, and Class. Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 7(1), 117–134.
Bagus, S. (2021). Islam Dan Pemberdayaan Masyarakat Perspektif Hadis. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, 4(2), 143–158. DOI: https://doi.org/10.35132/albayan.v4i2.126
Budianto, M. R. R., Kurnia, S. F., & Galih, T. R. S. W. (2021). Perspektif Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 55–61. DOI: https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.776
Bukhari, B. (2018). Islam dan pembangunan manusia di era globalisasi. Waratsah: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Dan Sosiolinguistik, 4(2), 105–120. DOI: https://doi.org/10.23971/tf.v2i1.919
Chadidjah, S., Sams Ul Bassar, A., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Inovasi Kurikulum Enterprenership sebagai Upaya Memandirikan Santri secara Ekonomi (Santri Preuner) di Pesantren Al-Ittifaq Bandung. Ejournal.Radenintan.Ac.Id, 13(1), 21–30.
Dzulhusna, N., Nurhasanah, N., & Suherman, Y. N. (2022). Qaulan Sadida, Qaulan Ma’rufa, Qaulan Baligha, Qaulan Maysura, Qaulan Layyina dan Qaulan Karima Itu Sebagai Landasan Etika Komunikasi Dalam Dakwah. Journal Of Islamic Social Science And Communication (JISSC) DIKSI, 1(02), 76–84.
EY Wahidah. (2018). Aplikasi manajemen qolbu di pondok pesantren daarut tauhid bandung. Ejournal.Unuja.Ac.Id, 05(01), 82–100.
Fathurrahman, S. (2021). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Kewirausahaan (Penelitian di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Ciwidey Kab. Bandung). In repository.uinjkt.ac.id.
Fatihin, R. (2017). Keadilan sosial dalam perspektif al-Qur’an dan Pancasila. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 1(2), 293–314. DOI: https://doi.org/10.14421/panangkaran.2017.0102-06
Fatkhullah, M., & Mulyani, I, A. D. (2023). Strategi Komunikasi dalam Mengatasi Perubahan Iklim melalui Pelibatan Masyarakat. Jurnal.Ipb.Ac.Id, 21(3), 17–33. https://doi.org/10.46937/21202341909 DOI: https://doi.org/10.46937/21202341909
Fernanda, A. (2023). Keaktifan Dan Kompetensi Sarjana Dalam Pembangunan Gampong Keude Trumon Kecamatan Trumon Kabupaten Aceh Selatan.
Fitriany, F., Stai, R., & Al, Yapata, Loviana, L. (2023). Fenomena Komunikasi Dalam Membangun Konsep Diri Pada Mantan Pengguna Narkoba. E-Journal.Metrouniv.Ac.Id, 21(1), 1–16. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645 DOI: https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645
H Sazali. (2015). Komunikasi pembangunan agama dalam membangun toleransi agama (Analisis Sistem dan Aktor). Jurnal.Uin-Antasari.Ac.Id, 13(2), 210–231. DOI: https://doi.org/10.18592/khazanah.v13i2.767
Halim, A. (2013). Relasi Islam, Politik dan Kekuasaan. LKIS PELANGI AKSARA.
Hamdani, A., Abas, S., & Yuningsih, Y. (2019). Strategi Dakwah Melalui SMS Tauhid Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung. Journal.Uinsgd.Ac.Id, 19(2), 123–144. https://doi.org/10.15575/anida.v19i2.7382 DOI: https://doi.org/10.15575/anida.v19i2.7283
Hamid, A. (2018). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Nasionalisme di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 19–41. DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-02
Harahap, G. (2018). Konsep Komunikasi Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Dakwah Risalah, 29(2), 143–160. DOI: https://doi.org/10.24014/jdr.v29i2.6358
Hasanah, R. (2020). Ayat–ayat ekologis dalam Al–Qur’an dan Relevansinya Dengan Aksi penolakan Umat Islam terhadap Eksploitasi Tambang Di kecamatan Silo Kabupaten Jember. Institut Agama Islam Negeri Jember.
HE Samosir. (2022). Prinsip-Prinsip Komunikasi Pembangunan Dalam Pandangan Islam. Jurnal.Uinsu.Ac.Id, 11(2), 440–450.
Hidayani, N. (2022). Prinsip-Prinsip Mendengar Menurut Ungkapan Al-Qur’an Dan Pengembangannya Dalam Konseling Islam. UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
Huda, N. (2017). Ekonomi pembangunan islam. Prenada Media.
Husein, U. M. (2018). Islam, communication and accounting. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 9(2), 138–154. DOI: https://doi.org/10.1108/JIABR-01-2016-0008
Ikhsan, M. (2012). Implementasi komunikasi pembangunan dalam pengembangan pariwisata Islamidi Kota Lhokseumawe.
Iqlandia, R, M. N. (2023). Analisis Manajemen Dana Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Desa Sungai Rambai Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo). Journal.Unimar-Amni.Ac.Id, 2(1), 157–167.
Ismatulloh, A. M. (2017). Etika Berkomunikasi dalam Al-Qur’an Analisis Penafsiran Hasbi Ash-Shiddieqi Dalam Tafsir An-Nur. Lentera. DOI: https://doi.org/10.21093/lentera.v1i2.918
Jevi Wariadi, G. B. (2023). Pendidikan Agama Islam dan Pembangunan Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Eksplorasi. Mail.Jurnaledukasikemenag.Org, 2(1), 104–114.
Juliani, A., & Hambali, R. Y. (2022). Teologi Pembebasan Perempuan Perspektif Asghar Ali Engineer. Jurnal Riset Agama, 2(2), 321–333. DOI: https://doi.org/10.15575/jra.v2i2.17551
Kinding, D., & Priatna, WB, L. B. (2019). Kinerja Rantai Pasok Sayuran Dengan Pendekatan SCOR (Studi Kasus: Pondok Pesantren Al-Ittifaq di Kabupaten Bandung). Jurnal.Ipb.Ac.Id, 7(2), 113–128. DOI: https://doi.org/10.29244/jai.2019.7.2.113-128
Lestari, L. (2023). Strategi Komunikasi Yayasan Panti Asuhan NU" An-Nuur" Kota Kediri Dalam Menjaga Loyalitas Donatur.
Light, J., & McNaughton, D. (2014). Communicative competence for individuals who require augmentative and alternative communication: A new definition for a new era of communication? In Augmentative and Alternative Communication (Vol. 30, Issue 1, pp. 1–18). Taylor & Francis. DOI: https://doi.org/10.3109/07434618.2014.885080
Lindawati, S., & Hendri, M. (2016). Penggunaan Metode Deskriptif Kualitatif Untuk Analisis Strategi Pengembangan Kepariwisataan Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIKOM), Hotel Lombok Raya Mataram, 833–837.
Malik, R. K. (2021). Pesantren Modern dan Tradisional Cermin Komunikasi Pembangunan Agama. Al-Munzir, 14(2), 191–210.
Masruri, U. N. (2016). Pelestarian Lingkungan dalam Perspektif Sunnah. At-Taqaddum, 6(2), 411–428.
Muchammad Rifky Faudzi. (2023). Media Komunikasi Dan Arus Informasi Pembangunan Di Desa Ambulu Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. In Adabiyah Islamic Journal (Vol. 1, Issue 1).
Mumtaz al-Mujtahid, N., Alfikri, M., & Titin Sumanti, S. (2022). Penguatan Harmoni Sosial Melalui Moderasi Beragama dalam Surah Al-Kafirun Perspektif Komunikasi Pembangunan (Analisis UINSU “Kampus Moderasi Beragama). Jurnal.Staialhidayahbogor.Ac.Id, 11(1), 531–545. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2042
Murni, D. (2018). Toleransi Dan Kebebasan Beragama Dalam Perspektif Al-Quran. Syahadah: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Keislaman, 6(2), 72–90.
Muttaqin, R. (2011). Kemandirian dan pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren (studi atas peran Pondok Pesantren Al-ittifaq Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung terhadap. Ejournal.Almaata.Ac.Id, 1(2), 66–96. DOI: https://doi.org/10.21927/jesi.2011.1(2).65-94
Nadia, Z. (2012). Pandangan Farid Esack Tentang Al-Qur’an, Tafsir Dan Takwil Serta Implikasinya Terhadap Bangunan Teologi Pembebasan. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 4(1), 1–18.
Novianty. (2023). Peran Komunikasi Dalam Proses Akulturasi Sistem Sosial Lokal. Ijc.Ilearning.Co, 8(1), 35–52. DOI: https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1.2015
Nurhattati, Aulia, R. N., Jasin, F. M., & Anugrahsari, S. (2021). Pemberdayaan Santri melalui E-Farming Pesantren berbasis Internet of Think: Studi Kasus di Ecopesantren Ittifaq Bandung. Journal.Unj.Ac.Id, 5(2), 197–209. https://doi.org/10.21009/hayula.005.02.03 DOI: https://doi.org/10.21009/005.02.03
PHI Jaya. (2020). Media sosial, komunikasi pembangunan, dan munculnya kelompok-kelompok berdaya. Journal.Unpad.Ac.Id, 8(2), 166–178. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i2.16469
Putra, M. (2013). Strategi pengembangan usaha sayuran di pondok pesantren agribisnis al Ittifaq Kabupaten Bandung Jawa Barat. In repository.uinjkt.ac.id.
R Cahyadi. (2023). Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita Di SLB ABCD Tunas Pembangunan 2 Nogosari Boyolali Tahun 2021/2022. Ejurnal.Universitaskarimun.Ac.Id, 2(2), 15–26.
Rafy, NHM, N. A. R. (2023). Pembinaan Makna Semiotik Pembangunan Insan Dari Konteks Akhlak Menerusi Wasiat Luqman Al-Hakim (Construction Of The Semiotic Meaning Of Human. Jurnalumran.Utm.My, 10(1), 59–70. DOI: https://doi.org/10.11113/umran2023.10n1.594
Rahayu, T., & Uin, N. (2018). Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Melalui Pengembangan Sumber Daya Lokal: Studi pada Pondok Pesantren Daarut Tauhid. Jurnal.Uinbanten.Ac.Id, 57–79.
Rakhman, I. A. (2019). Islam dan Egalitarianisme: Ruang Terbuka Kesetaraan Gender. At-Ta’wil, 1(01), 62–73.
Rif’ah, E. N. (2019). Pemberdayaan Pusat Kesehatan Pesantren (Poskestren) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Warta Pengabdian, 13(3), 96–105. DOI: https://doi.org/10.19184/wrtp.v13i3.11862
Rohmatika, P. (2023). Sejarah Dan Perkembangan Pondok Pesantren Al-Fathaniyah di Kota Serang Tahun 1972-2021.
Rumina, R. (2017). Islam Sebagai Paradigma Pendidikan Moral Universal. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 114–124. DOI: https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v2i3.79
Ruslan, A., Ahmad, M., Bandarsyah, D., Muhtarom, H., Usahawanto, A. R., & Erlangga, G. (2022). Implementasi Kampus Islami Ramah HAM dengan Menerapkan Nilai-Nilai Toleransi dan Solidaritas di Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 20(1), 73–83.
Saeful, A. (2020). Konsep Pemberdayaan Masyarakat Dalam Islam. Syar’ie: Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam, 3(3), 1–17.
Samosir, H. E. (2022). PRINSIP-PRINSIP KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DALAM PANDANGAN. 11(2), 440–449. DOI: https://doi.org/10.30829/jai.v11i2.14983
Sari, CN, W. N. (2023). Komunikasi Multikulturalisme: Studi Etnografi di Masyarakat Mabar Pajak Sore Lingkungan IV Kecamatan Medan Deli. Mail.Ojs.Uma.Ac.Id, 1(1), 14–28.
Silvana, M., AL-MUZARA’AH, D. L.-, & 2021, U. (2021). Faktor yang Memengaruhi Kemandirian Ekonomi Pesantren (Studi Pesantren Al-Ittifaq Bandung). Jurnal.Ipb.Ac.Id, 9(2), 130–148. DOI: https://doi.org/10.29244/jam.9.2.129-146
Solahudin, D. (2008). The Workshop Morality: The Islamic Creativity of Pesantren Daarut Tauhid in Bandung, Java. DOI: https://doi.org/10.26530/OAPEN_459794
Subandi, S. (2011). Deskripsi kualitatif sebagai satu metode dalam penelitian pertunjukan. Harmonia Journal of Arts Research and Education, 11(2), 62082.
Sugandi, A., Tanjung, H. B., & Rusli, R. K. (2017). Peran Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Tadbir Muwahhid, 1(2), 99–115. DOI: https://doi.org/10.30997/jtm.v1i2.950
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R@D. Alfabeta.
Sulaiman, A. I. (2018). Komunikasi Pembangunan Melalui Program Pemberdayaan Sebagai Materi Pembelajaran Di Pesantren. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(2), 286–296. https://doi.org/10.29244/jurnalkmp.16.2.286-296 DOI: https://doi.org/10.29244/jurnalkmp.16.2.286-296
Sulbi, S. (2021). Islam Kemodernan dan Keadilan Sosial dalam Pandangan Nurcholish Madjid. Palita: Journal of Social Religion Research, 6(1), 1–24. DOI: https://doi.org/10.24256/pal.v6i1.1200
Supriatna, E. (2019). Islam dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal SosHum Insentif, 128–135. DOI: https://doi.org/10.36787/jsi.v2i1.106
Susanto, D. (2014). Pesantren dan Dakwah Pemberdayaan Masyarakat Islam. An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, 6(2).
T Hendra. (2019). Media Massa Dalam Komunikasi Pembangunan. Scholar.Archive.Org, 1(2), 136–153. DOI: https://doi.org/10.24952/taghyir.v1i2.1723
TZ Nurdin. (2018). Komunikasi pembangunan masyarakat; sebuah model Audit sosial multistakeholder. Jurnal.Ar-Raniry.Ac.Id, 1(1), 1–15.
WA, W. A., & MZA, A. F. (2021). Pendekatan Retorik Quranik Dalam Pembentukan Adab dan Kesopanan Komunikasi Berasaskan Komuniti; Satu Tinjauan Menerusi Surah An-nisa: Quranic Rhetoric Approach in Formation Courtesy and Community-based Communication Politeness; An Overview from Surah An-n. Sains Insani, 6(2). DOI: https://doi.org/10.33102/sainsinsani.vol6no2.296
Wilkins, K. G. (2003). International Development Communication. Proposing a Research Agenda for a New Era, 245–257. DOI: https://doi.org/10.4135/9781452229737.n16
Yakub, M. (2019). Islam dan solidaritas sosial: perkembangan masyarakat islam periode madinah. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 31. DOI: https://doi.org/10.37064/jpm.v7i1.5607
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wahyu Budiantoro Wahyu, Chubbi Syauqi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.