MEDIA MASSA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Authors

  • Umi Halwati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto
  • Johar Arifin Universitas Padjadjaran Bandung

DOI:

https://doi.org/10.24090/icodev.v1i1.4258

Keywords:

media massa, pemberdayaan, masyarakat

Abstract

Tulisan ini mendeskripsikan tentang media massa dalam pemberdayaan masyarakat. Setiap masyarakat memiliki potensi yang dapat dikembangkan. Tugas masyarakat adalah melakukan pemberdayaan dengan mendorong, memotivasi, membangkitkan kesadaran dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Media massa merupakan sumber informasi, gagasan, pandangan dan wacana. Memproduksi informasi berpotensi mempengaruhi perubahan sosial. Dalam masyarakat modern, media tertanam secara mendalam dalam kehidupan sosial, dan menjadi cermin kemajuan masyarakat. Oleh karena itu, media yang menyajikan informasi inspiratif dapat menginspirasi dan memotivasi seluruh masyarakat untuk mengembangkan potensinya dalam upaya melakukan pemberdayaan masyarakat di manapun, kapanpun, dan sekecil apapun.

References

Ali Hisyam, Mohamad. “Harmoni Lintas Agama di Media Massa,” Jurnal Millah Vol. IX. No.1, Agustus 2009. Dosi,

Eduardus. Media Massa dalam Jejaring Kekuasaan. Yogyakarta: Penerbit Ledalero, 2012.

Eriyanto. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: Lembaga Kajian Islam dan Sosial. Cetakan ke-V. 2001.

Hadi, Sofyan. “Pemberdayaan Rakyat di Bawah Bayang-bayang Developmentalisme,” Jurnal PMI. Maret, 2004.

Halwati, Umi. “Menguak Pemberdayaan Masyarakat di Media Massa” (Analisis Wacana terhadap Pemberdayaan Perempuan di Rubrik “sosok” Harian Kompas tahun 2016). LPPM IAIN Puwokerto 2016.

Hamad, Ibnu. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa, Jakarta: Granit, 2004.

Herdiana, Ike. “Pemberdayaan dan Fungsi Media dalam Pemberdayaan” Jurnal INSAN Vol. 12 No. 03, Desember 2010.

Hussain, Mohd. Yusof. Mass Media in Peninsular Malaysia, Malaysia: IIUM Press, 2008.

Ishadi SK, Media dan Kekuasaan, Jakarta: Penerbit Kompas, 2014.

Karman. “Konstruksi Realitas Sosial sebagai Gerakan Pemikiran Sebuah Telaah Teoritis terhadap Konstruksi Realitas Peter L. Berger.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika, Vol. 5 No. 3 (Maret 2015). ISSN: 2087-0132.

Kurnia Syah, Dedy. Komunikasi Lintas Budaya, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016.

Kusnadi, Pendidikan Keaksaraan, Filosofi, Strategi Implementasi. Jakarta: DEPDIKNAS, 2005.

Nugroho, Yanuar, dkk. Media dan Kelompok Rentan di Indonesia. Jakarta: Global.net. 2012.

Rukminto Adi, Isbandi. Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas Jakarta : LP FEUI, 2003.

Rukminto Adi, Isbandi. Psikologi, Pekerjaan Sosial dan Ilmu Kesejahteraan Sosial Dasar-dasar Pemikiran. Jakarta : PT Raja Grafindo, 1994.

Sriharini, “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Miskin” dalam Model-model Kesejahteraan Sosial Islam Perspektif Filosofis dan Praktis, Yogyakarta: PT. Lkis, 2007.

Suhandang, Kustadi. Pengantar Jurnalistik, Seputar Organisasi, Produk dan Kode Etik. Bandung: Penerbit Nuansa, 2004.

Theresia, Aprilia dkk., Pembanguunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Alfabeta. 2014.

Zubaedi, Pemberdayaan Masyarakat Wacana dan Praktik, Jakarta: Prenadamedia Grup, 2016.

Downloads

Published

2020-11-20

How to Cite

Halwati, U., & Arifin, J. (2020). MEDIA MASSA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. ICODEV: Indonesian Community Development Journal, 1(1), 23–33. https://doi.org/10.24090/icodev.v1i1.4258

Issue

Section

Articles