BUDAYA KONSUMEN BULAN RAMADHAN BAGI MASYARAKAT MODERN DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.24090/ibda.v14i2.684Keywords:
Budaya, Konsumen, Ramadhan, Modern, IndonesiaAbstract
Tulisan ini berusaha untuk mengungkap budaya konsumen di masyarakat modern Indonesia. Tulisan ini mengacu pada sistem tanda (semiotika) yang berusaha untuk membongkar tanda-tanda baik secara visual maupun mitos yang hidup dalam tatanan masyarakat modern. Sementara itu, pemikiran Jean P Baudrillard memberikan sumbangan yang sangat besar terkait dengan wacana simulasi dalam promosi, juga pandangannya tentang masyarakat konsumsi. Praktik analisis dari cultural studi sendiri mengacu pada kerangka multi-interdisipliner atas satu objek karena objek tersebut terhubung dengan beberapa komponen entitas yang harus ditelusuri. Ini menjadikan kerja bolak-balik untuk melihat sistem budaya konsumen dalam balutan wacana agama yang harus dikembalikan pada esensi dari agama tersebut. Dalam cultural studi, analisis tidak hanya membedah atau membongkar makna saja, melaikan harus sampai pada menjahit kembali atau merekonstruksi bangunan kembali. Hasilnya, ada usaha untuk membentuk kesadaran mengenai konsumsi yang baik dalam bulan ramadhan berdasarkan keimanan dalam mencapai nilai kemanusiaan. Kesadaran itu berupa pengetahuan kepada masyarakat tentang kesadaran untuk tidak mengonsumsi barang dari permainan simbol dan tanda.Downloads
Download data is not yet available.
References
ar-Razi, Imam. 2001. Ruh dan Jiwa: Tinjauan Filosofis dalam Perspektif Islam. Surabaya: Risalah Gusti.
Barthes, Roland. 2006. Mitologi .Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Baudrillard, Jean P. 2001. Galaksi Simulakra. Yogyakarta: LKiS.
__________. 2009. Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Chittick, William C. 2001. Dunia Imajinal Ibnu ‘Arabi: Kreativitas Imajinasi dan Persoalan Diversitas Agama. Surabaya: Risalah Gusti.
Featherstone, Mike. 2008. Posmodernisme dan Budaya Konsumen Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemenperin, 2016. “Puasa dan Lebaran, Harga Makanan Bisa Naik 7%†dalam http://kemenperin.go.id/artikel/3691/Puasa-dan-Lebaran,-Harga-Makanan-Bisa-Naik-7 diakses pada 06 Juni 2016, 21:17.
Lee, Martyn J. 2006. Budaya Konsumen Terlahir Kembali: Arah baru Modernitas dalam kajian Modal Konsumsi dan kebudayaan. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Murata, Sachiko dan William C. Chittick. 2005. The Vision of Islam. Yogyakarta: Suluh Press.
Nurhasanah, Sulistiani. 2014. “Komodifikasi Agama Islam Dalam Iklan Televisi Nasional†dalam Skripsi. Yogyakarta; Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Qomariyah, Lailatul. 2010. “Membongkar Mitos Iklan sebagai Industri Budaya (Analisis Semiotika Iklan Visual di Harian Kompas pada Perayaan Hari-hari Besar)†dalam Tesis (Semarang: Universitas Diponegoro.
Ritzer, George. 2009. “Pengantar†dalam Masyarakat Konsumsi Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Schimmel, Annemarie. 2005. Mengurai Ayat-ayat Allah. Depok: Inisiasi Press.
Barthes, Roland. 2006. Mitologi .Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Baudrillard, Jean P. 2001. Galaksi Simulakra. Yogyakarta: LKiS.
__________. 2009. Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Chittick, William C. 2001. Dunia Imajinal Ibnu ‘Arabi: Kreativitas Imajinasi dan Persoalan Diversitas Agama. Surabaya: Risalah Gusti.
Featherstone, Mike. 2008. Posmodernisme dan Budaya Konsumen Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemenperin, 2016. “Puasa dan Lebaran, Harga Makanan Bisa Naik 7%†dalam http://kemenperin.go.id/artikel/3691/Puasa-dan-Lebaran,-Harga-Makanan-Bisa-Naik-7 diakses pada 06 Juni 2016, 21:17.
Lee, Martyn J. 2006. Budaya Konsumen Terlahir Kembali: Arah baru Modernitas dalam kajian Modal Konsumsi dan kebudayaan. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Murata, Sachiko dan William C. Chittick. 2005. The Vision of Islam. Yogyakarta: Suluh Press.
Nurhasanah, Sulistiani. 2014. “Komodifikasi Agama Islam Dalam Iklan Televisi Nasional†dalam Skripsi. Yogyakarta; Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Qomariyah, Lailatul. 2010. “Membongkar Mitos Iklan sebagai Industri Budaya (Analisis Semiotika Iklan Visual di Harian Kompas pada Perayaan Hari-hari Besar)†dalam Tesis (Semarang: Universitas Diponegoro.
Ritzer, George. 2009. “Pengantar†dalam Masyarakat Konsumsi Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Schimmel, Annemarie. 2005. Mengurai Ayat-ayat Allah. Depok: Inisiasi Press.
Downloads
Published
2016-10-02
How to Cite
Hidayat, A. (2016). BUDAYA KONSUMEN BULAN RAMADHAN BAGI MASYARAKAT MODERN DI INDONESIA. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 14(2), 265–276. https://doi.org/10.24090/ibda.v14i2.684
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License a that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).