BUDAYA KONSUMEN BULAN RAMADHAN BAGI MASYARAKAT MODERN DI INDONESIA

Authors

  • Arif Hidayat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/ibda.v14i2.684

Keywords:

Budaya, Konsumen, Ramadhan, Modern, Indonesia

Abstract

Tulisan ini berusaha untuk mengungkap budaya konsumen di masyarakat modern Indonesia. Tulisan ini mengacu pada sistem tanda (semiotika) yang berusaha untuk membongkar tanda-tanda baik secara visual maupun mitos yang hidup dalam tatanan masyarakat modern. Sementara itu, pemikiran Jean P Baudrillard memberikan sumbangan yang sangat besar terkait dengan wacana simulasi dalam promosi, juga pandangannya tentang masyarakat konsumsi. Praktik analisis dari cultural studi sendiri mengacu pada kerangka multi-interdisipliner atas satu objek karena objek tersebut terhubung dengan beberapa komponen entitas yang harus ditelusuri. Ini menjadikan kerja bolak-balik untuk melihat sistem budaya konsumen dalam balutan wacana agama yang harus dikembalikan pada esensi dari agama tersebut. Dalam cultural studi, analisis tidak hanya membedah atau membongkar makna saja, melaikan harus sampai pada menjahit kembali atau merekonstruksi bangunan kembali. Hasilnya, ada usaha untuk membentuk kesadaran mengenai konsumsi yang baik dalam bulan ramadhan berdasarkan keimanan dalam mencapai nilai kemanusiaan. Kesadaran itu berupa pengetahuan kepada masyarakat tentang kesadaran untuk tidak mengonsumsi barang dari permainan simbol dan tanda.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Arif Hidayat, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

ARIF HIDAYAT, lahir di Purbalingga Januari 1988. Dia menjadi Dosen di IAIN Purwokerto dan di Sekolah Tinggi Teknik Telematika Telkom Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Editor Jurnal Ibda’, bergiat di Komunitas Beranda Budaya. Tulisannya pernah dipublikasikan di Harian Koran Rakyat, Kedaulatan Rakyat, Wawasan Sore, Minggu Pagi, Kendari Pos, Merapi, Kompas, Suara Karya, Radar Banyumas, Suara Merdeka, Lampung Post, Republika, Joglosemar, Suara Pembaruan, Indopos, Majalah Horison, Majalah Mayara, Majalah Basis, Majalah Merpsy. Buku antologi puisinya Syair-syair Fajar, Pendapa 5: Temu Penyair Antar Kota, Anak-anak Peti, Puisi Menolak Lupa, Rendezvous, Catatan Perjalanan, dan Narasi Tembuni. Buku esainya, The Spirit of Love, Kekuasaan dan Agama, Manusia = Puisi, Dari Zaman Citra ke Metafiksi dan Banyumas: Fakta dan Fiksi Sebuah Kota. Tulisannya juga sudah dimuat di beberapa jurnal. Dia juga menjadi editor dan memberi â€kata penutup†pada buku puisi Pilar Penyair, Pilarisme dan Ulangtahun Hujan. Buku tunggalnya Aplikasi Teori Hermeneutika dan Wacana Kritis dan buku manuskripnya â€Sastra Tanpa Batas†(sedang dalam negosiasi dengan penerbit). Tempat tinggalnya di Desa Banjarsari Rt 04/Rw 7 Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah 53353

References

ar-Razi, Imam. 2001. Ruh dan Jiwa: Tinjauan Filosofis dalam Perspektif Islam. Surabaya: Risalah Gusti.

Barthes, Roland. 2006. Mitologi .Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Baudrillard, Jean P. 2001. Galaksi Simulakra. Yogyakarta: LKiS.
__________. 2009. Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Chittick, William C. 2001. Dunia Imajinal Ibnu ‘Arabi: Kreativitas Imajinasi dan Persoalan Diversitas Agama. Surabaya: Risalah Gusti.

Featherstone, Mike. 2008. Posmodernisme dan Budaya Konsumen Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemenperin, 2016. “Puasa dan Lebaran, Harga Makanan Bisa Naik 7%” dalam http://kemenperin.go.id/artikel/3691/Puasa-dan-Lebaran,-Harga-Makanan-Bisa-Naik-7 diakses pada 06 Juni 2016, 21:17.

Lee, Martyn J. 2006. Budaya Konsumen Terlahir Kembali: Arah baru Modernitas dalam kajian Modal Konsumsi dan kebudayaan. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Murata, Sachiko dan William C. Chittick. 2005. The Vision of Islam. Yogyakarta: Suluh Press.

Nurhasanah, Sulistiani. 2014. “Komodifikasi Agama Islam Dalam Iklan Televisi Nasional” dalam Skripsi. Yogyakarta; Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Qomariyah, Lailatul. 2010. “Membongkar Mitos Iklan sebagai Industri Budaya (Analisis Semiotika Iklan Visual di Harian Kompas pada Perayaan Hari-hari Besar)” dalam Tesis (Semarang: Universitas Diponegoro.

Ritzer, George. 2009. “Pengantar” dalam Masyarakat Konsumsi Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Schimmel, Annemarie. 2005. Mengurai Ayat-ayat Allah. Depok: Inisiasi Press.

Downloads

Published

2016-10-02

How to Cite

Hidayat, A. (2016). BUDAYA KONSUMEN BULAN RAMADHAN BAGI MASYARAKAT MODERN DI INDONESIA. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 14(2), 265–276. https://doi.org/10.24090/ibda.v14i2.684