PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PRODUK SIMPANAN PADA BSM CABANG PURWOKERTO

Authors

  • Yoiz Shofwa Shafrani Fak. Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/ej.v4i1.2016.pp189-215

Keywords:

Quality products, Religiosity, Customer Decisions

Abstract

Perkembangan dunia perbankan syariah tidak lepas dari peran para nasabah yang memberikan kepercayaan terhadap pihak perbankan untuk penyimpanan asset keuangannya. Faktanya banyak kelompok nasabah yang memutuskan untuk menjadi nasabah di perbankan syariah karena faktor religiusitasnya. Faktor lain yang dapat ikut mempengaruhi keputusan nasabah adalah kualitas produk. Di mana kualitas produk merupakan karakteristik yang melekat dari suatu produk. Kemungkinan yang terjadi bahwa kebanyakan nasabah pada perbankan syariah juga masih merupakan nasabah perbankan konvensional.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan tingkat religiusitas nasabah terhadap keputusan nasabah untuk menyimpan dananya atau tidak di BSM Cabang Purwokerto. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan jumlah sampel 100 nasabah. Diperoleh hasil Y = 5,046 + 0,101X1 + 0,218X2. Berdasarkan uji F yang sudah dilakukan maka dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk dan religiusitas secara bersama – sama berpengaruh terhadap keputusan nasabah untuk menyimpan dananya di BSM Cabang Purwokerto. Berdasarkan uji t yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa secara partial baik variabel kualitas produk maupun variabel religiusitas berpengaruh terhadap keputusan nasabah untuk menyimpan dananya di BSM Cabang Purwokerto. The progress of the Islamic bank cannot be separated from the role of its customers who give trust to the bank to deposit their financial assets. It is a fact many groups of customers decide to be the customers of the Islamic bank because of their religiosity. The other influences factor of a customer’s decision is the quality of the product. The aim of this research was to determine the effect of product quality and level of customers’ religiosity towards customers’ decision whether to keep their funds in Syariah Mandiri Bank, Branch of Purwokerto, or not. The analytical tool used was multiple linear regression analysis, with a sample of 100 customers. The results indicate Y = 5,046 + 0,101X1 + 0,218X2. Based on F, it can be seen that both variables of product quality and religiosity simultanously affect the customers’ decision to keep theirfunds in BSM Branch of Purwokerto. Based on t test, it can be seen that independently, either variable of product quality or variables of religiosityinfluences the customers’ decision to keep their funds in BSM Branch of Purwokerto.

References

Alhusin, Syahri, 2003, Aplikasi Statistik Praktis dengan SPSS.10 for Windows. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Asraf, 2014, Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menyimpan Dana di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pasaman Barat dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderator, e-Jurnal Apresiasi Ekonomi Volume 2, Nomor 1, Januari

Bungin, Burhan, 2011, Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekonomi dam Kebijakan Publik Serta Ilmu – Ilmu Sosial Lainnya), Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Direktorat Perbankan Syariah. Kajian Model Bisnis Perbankan Syariah. Jakarta : Bank Indonesia, 2012

Dokumen Bank Syari’ah Mandiri KC Purwokerto.

Hadi, Sutrisno, 2004, Metodologi Research, Yogyakarta: ANDI

J. Supranto. 2009, Statistik, Teori dan Aplikasi Jilid 2. Jakarta : Erlangga

Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jakarta : Salemba Empat

Kuncoro, Mudrajad, 2007, Metode kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta: UPP STIM YKPN Laporan Tahunan Bank Syari’ah Mandiri Tahun 2006

Marketing Syariah. http://konsultanekonomi.blogspot.com/2012/05/ marketing-syariah.html.

Muchlis Yahya, Tingkat Suku Bank di Bank Konvensional dan Komitmen Nasabah Menabung di Bank Syariah, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Volume 16 Nomor 2 Mei 2012

Mokhlis, Safiek, 2010, Religious Contrasts in Consumer Shopping Styles: A Factor Analytic Comparison, (Journal of Business Studies Quarterly, Vol. 2, No. 1)

Nugroho Joko Prastowo, Mendorong Akselerasi Perbankan Syariah. (Replubika Online Edisi Jumat, 22 Agustus 2014, 12:00 WIB),

http://www.republika.co.id/berita/koran/pareto/14/08/22/.

_________, Jumlah Nasabah Syariah Jadi Modal Strategis, http://www.syariahmandiri.co.id/2014

_________. DPK BSM Meningkat 12,75%. Siaran Pers http://www.syariahmandiri.co.id/

Philip, Kotler, 2000, Manajemen Pemasaran Edisi Milenium 1, Jakarta : PT.Prenhallindo

Philip, Kotler, 2012, and Garry Amstrong. Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited

Sangadji, Etta Mamang & Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen (Pendekatan Praktis : Himpunan Jurnal Penelitian), Yogyakarta: Penerbit Andi

Simamora, Bilson, 2004, Riset Pemasaran (Falsafah, Teori dan Aplikasi). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Wijayanti, Titik, 2014 Marketing Plan Dalam Bisnis, Jakarta : PT. Gramedia,.

www.syari’ahmandiri.co.id

Downloads

Published

2017-03-17

How to Cite

Shafrani, Y. S. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PRODUK SIMPANAN PADA BSM CABANG PURWOKERTO. El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 189–215. https://doi.org/10.24090/ej.v4i1.2016.pp189-215

Issue

Section

Articles