PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PRODUK SIMPANAN PADA BSM CABANG PURWOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.24090/ej.v4i1.2016.pp189-215Keywords:
Quality products, Religiosity, Customer DecisionsAbstract
Perkembangan dunia perbankan syariah tidak lepas dari peran para nasabah yang memberikan kepercayaan terhadap pihak perbankan untuk penyimpanan asset keuangannya. Faktanya banyak kelompok nasabah yang memutuskan untuk menjadi nasabah di perbankan syariah karena faktor religiusitasnya. Faktor lain yang dapat ikut mempengaruhi keputusan nasabah adalah kualitas produk. Di mana kualitas produk merupakan karakteristik yang melekat dari suatu produk. Kemungkinan yang terjadi bahwa kebanyakan nasabah pada perbankan syariah juga masih merupakan nasabah perbankan konvensional.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan tingkat religiusitas nasabah terhadap keputusan nasabah untuk menyimpan dananya atau tidak di BSM Cabang Purwokerto. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan jumlah sampel 100 nasabah. Diperoleh hasil Y = 5,046 + 0,101X1 + 0,218X2. Berdasarkan uji F yang sudah dilakukan maka dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk dan religiusitas secara bersama – sama berpengaruh terhadap keputusan nasabah untuk menyimpan dananya di BSM Cabang Purwokerto. Berdasarkan uji t yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa secara partial baik variabel kualitas produk maupun variabel religiusitas berpengaruh terhadap keputusan nasabah untuk menyimpan dananya di BSM Cabang Purwokerto. The progress of the Islamic bank cannot be separated from the role of its customers who give trust to the bank to deposit their financial assets. It is a fact many groups of customers decide to be the customers of the Islamic bank because of their religiosity. The other influences factor of a customer’s decision is the quality of the product. The aim of this research was to determine the effect of product quality and level of customers’ religiosity towards customers’ decision whether to keep their funds in Syariah Mandiri Bank, Branch of Purwokerto, or not. The analytical tool used was multiple linear regression analysis, with a sample of 100 customers. The results indicate Y = 5,046 + 0,101X1 + 0,218X2. Based on F, it can be seen that both variables of product quality and religiosity simultanously affect the customers’ decision to keep theirfunds in BSM Branch of Purwokerto. Based on t test, it can be seen that independently, either variable of product quality or variables of religiosityinfluences the customers’ decision to keep their funds in BSM Branch of Purwokerto.References
Alhusin, Syahri, 2003, Aplikasi Statistik Praktis dengan SPSS.10 for Windows. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Asraf, 2014, Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menyimpan Dana di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pasaman Barat dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderator, e-Jurnal Apresiasi Ekonomi Volume 2, Nomor 1, Januari
Bungin, Burhan, 2011, Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekonomi dam Kebijakan Publik Serta Ilmu – Ilmu Sosial Lainnya), Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Direktorat Perbankan Syariah. Kajian Model Bisnis Perbankan Syariah. Jakarta : Bank Indonesia, 2012
Dokumen Bank Syari’ah Mandiri KC Purwokerto.
Hadi, Sutrisno, 2004, Metodologi Research, Yogyakarta: ANDI
J. Supranto. 2009, Statistik, Teori dan Aplikasi Jilid 2. Jakarta : Erlangga
Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jakarta : Salemba Empat
Kuncoro, Mudrajad, 2007, Metode kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta: UPP STIM YKPN Laporan Tahunan Bank Syari’ah Mandiri Tahun 2006
Marketing Syariah. http://konsultanekonomi.blogspot.com/2012/05/ marketing-syariah.html.
Muchlis Yahya, Tingkat Suku Bank di Bank Konvensional dan Komitmen Nasabah Menabung di Bank Syariah, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Volume 16 Nomor 2 Mei 2012
Mokhlis, Safiek, 2010, Religious Contrasts in Consumer Shopping Styles: A Factor Analytic Comparison, (Journal of Business Studies Quarterly, Vol. 2, No. 1)
Nugroho Joko Prastowo, Mendorong Akselerasi Perbankan Syariah. (Replubika Online Edisi Jumat, 22 Agustus 2014, 12:00 WIB),
http://www.republika.co.id/berita/koran/pareto/14/08/22/.
_________, Jumlah Nasabah Syariah Jadi Modal Strategis, http://www.syariahmandiri.co.id/2014
_________. DPK BSM Meningkat 12,75%. Siaran Pers http://www.syariahmandiri.co.id/
Philip, Kotler, 2000, Manajemen Pemasaran Edisi Milenium 1, Jakarta : PT.Prenhallindo
Philip, Kotler, 2012, and Garry Amstrong. Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited
Sangadji, Etta Mamang & Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen (Pendekatan Praktis : Himpunan Jurnal Penelitian), Yogyakarta: Penerbit Andi
Simamora, Bilson, 2004, Riset Pemasaran (Falsafah, Teori dan Aplikasi). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Wijayanti, Titik, 2014 Marketing Plan Dalam Bisnis, Jakarta : PT. Gramedia,.
www.syari’ahmandiri.co.id
Asraf, 2014, Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menyimpan Dana di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pasaman Barat dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderator, e-Jurnal Apresiasi Ekonomi Volume 2, Nomor 1, Januari
Bungin, Burhan, 2011, Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekonomi dam Kebijakan Publik Serta Ilmu – Ilmu Sosial Lainnya), Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Direktorat Perbankan Syariah. Kajian Model Bisnis Perbankan Syariah. Jakarta : Bank Indonesia, 2012
Dokumen Bank Syari’ah Mandiri KC Purwokerto.
Hadi, Sutrisno, 2004, Metodologi Research, Yogyakarta: ANDI
J. Supranto. 2009, Statistik, Teori dan Aplikasi Jilid 2. Jakarta : Erlangga
Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jakarta : Salemba Empat
Kuncoro, Mudrajad, 2007, Metode kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta: UPP STIM YKPN Laporan Tahunan Bank Syari’ah Mandiri Tahun 2006
Marketing Syariah. http://konsultanekonomi.blogspot.com/2012/05/ marketing-syariah.html.
Muchlis Yahya, Tingkat Suku Bank di Bank Konvensional dan Komitmen Nasabah Menabung di Bank Syariah, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Volume 16 Nomor 2 Mei 2012
Mokhlis, Safiek, 2010, Religious Contrasts in Consumer Shopping Styles: A Factor Analytic Comparison, (Journal of Business Studies Quarterly, Vol. 2, No. 1)
Nugroho Joko Prastowo, Mendorong Akselerasi Perbankan Syariah. (Replubika Online Edisi Jumat, 22 Agustus 2014, 12:00 WIB),
http://www.republika.co.id/berita/koran/pareto/14/08/22/.
_________, Jumlah Nasabah Syariah Jadi Modal Strategis, http://www.syariahmandiri.co.id/2014
_________. DPK BSM Meningkat 12,75%. Siaran Pers http://www.syariahmandiri.co.id/
Philip, Kotler, 2000, Manajemen Pemasaran Edisi Milenium 1, Jakarta : PT.Prenhallindo
Philip, Kotler, 2012, and Garry Amstrong. Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited
Sangadji, Etta Mamang & Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen (Pendekatan Praktis : Himpunan Jurnal Penelitian), Yogyakarta: Penerbit Andi
Simamora, Bilson, 2004, Riset Pemasaran (Falsafah, Teori dan Aplikasi). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Wijayanti, Titik, 2014 Marketing Plan Dalam Bisnis, Jakarta : PT. Gramedia,.
www.syari’ahmandiri.co.id
Downloads
Published
2017-03-17
How to Cite
Shafrani, Y. S. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PRODUK SIMPANAN PADA BSM CABANG PURWOKERTO. El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 189–215. https://doi.org/10.24090/ej.v4i1.2016.pp189-215
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).