PENGARUH KEPRIBADIAN ORANG MELAYU TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN BENGKALIS
DOI:
https://doi.org/10.24090/ej.v7i2.3456Keywords:
Kepribadian Orang Melayu, Motivasi KewirausahaanAbstract
Penelitian ini dilakukan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Kecamatan Bengkalis. Sampel dalam penelitian ini yaitu merupakan pengusaha pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Bengkalis. Kuesioner ini terbagi dalam dua bagian, yang pertama adalah bagaimana respon pengusaha tentang kepribadiannya dan yang kedua adalah respon pengusaha mengenai motivasinya dalam melakukan usahanya yang berjumlah 75 orang. Sedangkan Populasinya adalah seluruh pengusaha UMKM di Kecamatan Bengkalis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepribadian orang Melayu di Kecamatan Bengkalis mempunyai kepribadian yang baik denga rata-rata 3,82. Sedangkan motivasi berwirausaha di Kecamatan Bengkalis dalam mengembangkan usaha UMKM termasuk dalam katagori baik dengan rata-rata 3,83. Adapun hasil analisis regresi sederhana diketahui nilai signifikasi dari tabel adalah 0,08>0,05 dan thitung 2,739>ttabel 1,665, maka terdapat pengaruh kepribadian orang melayu terhadap motivasi berwirausaha dalam Usaha Mikro, Kecil dan Menengah tetapi pengaruhnya tidak signifikan.References
Basrowi, Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi, (Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2014)
Daryanto dan Aris Dwi Cahyono, Kewirausahaan (Penanaman Jiwa Kewirausahaan), (Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2013)
Edi Suharto, Kebijakan Sosial sebagai kebijakan public, (Bandung: Alfabeta 2008)
Ghozali,Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS edisi ketiga, 2006
Badan penerbitan Bisnis. Alfabeta.Bandung Honingman J.J., The World of Man, (New York: Routledge, 1959)
Kaswan dan Ade Sadikin Akhyadi, Social Entrepreneurship; Mengubah Masalah Sosial Menjadi Peluang Usaha (Bandung: Alfabeta, 2015)
Kluckhohn, Clyde, The Study of Culture, Chapter V of The Policy Siences, (Edited by Daniel Lerner and Harold D. Laswell),(New York: Standford Unibersity Press, 1951)
Koentjaraningrat, Pengantar Antropologi (Jakarta: Aksara Baru, 1974)
, dkk, Masyarakat Melayu dan Budaya Melayu dalam Perubahan, Cet. I, (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2016)
, dkk, Masyarakat Melayu Riau dan Kebudayaannya,(Pekanbaru : Pemerintah Propinsi Daerah Tingkat I Riau, 1986)
Kroeber dan Kluckhohn, The Concept of Culture: A Critical Review Definitions, Vol. XLI, (Harvard: Paper of the Pesbody Museum Harvard University, 1950)
Majalah Antropology at Day, (Chicago: A. L. Kroeber editor, University Press, 1953)
Moh. Alifuddin dan Masyhur Razak, Kewirausahaan; Strategi Membangun Kerajaan Bisnis, (Jakarta: MAGNAScipt Publishing, 2015)
Sugeng Pujileksono, Pengantar Antropologi; Memahami Realitas Sosial Budaya, (Malang: Intrans Publishing, 2015).
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, (Bandung: Alfabeta, 2006).
Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu, Kewirausahaan; Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses, (Jakarta: Kencana, 2011).
Taylor, Edward B, Primitive Culture, Vol. II, pp. 1-6 Jhon Muray, (London: 1981).
UU Hamidy, Perangkap Demokrasi dan Bunga Kehidupan, Cet. I, (Pekanbaru: Bilik Kreatif Press, 2013).
Zulkarnain, Kewirausahaan; Startegi Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah dan Penduduk Miskin, (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2016).
https://bengkaliskab.bps.go.id
https://wikipedia.org/wiki/Suku_Melayu
Daryanto dan Aris Dwi Cahyono, Kewirausahaan (Penanaman Jiwa Kewirausahaan), (Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2013)
Edi Suharto, Kebijakan Sosial sebagai kebijakan public, (Bandung: Alfabeta 2008)
Ghozali,Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS edisi ketiga, 2006
Badan penerbitan Bisnis. Alfabeta.Bandung Honingman J.J., The World of Man, (New York: Routledge, 1959)
Kaswan dan Ade Sadikin Akhyadi, Social Entrepreneurship; Mengubah Masalah Sosial Menjadi Peluang Usaha (Bandung: Alfabeta, 2015)
Kluckhohn, Clyde, The Study of Culture, Chapter V of The Policy Siences, (Edited by Daniel Lerner and Harold D. Laswell),(New York: Standford Unibersity Press, 1951)
Koentjaraningrat, Pengantar Antropologi (Jakarta: Aksara Baru, 1974)
, dkk, Masyarakat Melayu dan Budaya Melayu dalam Perubahan, Cet. I, (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2016)
, dkk, Masyarakat Melayu Riau dan Kebudayaannya,(Pekanbaru : Pemerintah Propinsi Daerah Tingkat I Riau, 1986)
Kroeber dan Kluckhohn, The Concept of Culture: A Critical Review Definitions, Vol. XLI, (Harvard: Paper of the Pesbody Museum Harvard University, 1950)
Majalah Antropology at Day, (Chicago: A. L. Kroeber editor, University Press, 1953)
Moh. Alifuddin dan Masyhur Razak, Kewirausahaan; Strategi Membangun Kerajaan Bisnis, (Jakarta: MAGNAScipt Publishing, 2015)
Sugeng Pujileksono, Pengantar Antropologi; Memahami Realitas Sosial Budaya, (Malang: Intrans Publishing, 2015).
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, (Bandung: Alfabeta, 2006).
Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu, Kewirausahaan; Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses, (Jakarta: Kencana, 2011).
Taylor, Edward B, Primitive Culture, Vol. II, pp. 1-6 Jhon Muray, (London: 1981).
UU Hamidy, Perangkap Demokrasi dan Bunga Kehidupan, Cet. I, (Pekanbaru: Bilik Kreatif Press, 2013).
Zulkarnain, Kewirausahaan; Startegi Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah dan Penduduk Miskin, (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2016).
https://bengkaliskab.bps.go.id
https://wikipedia.org/wiki/Suku_Melayu
Downloads
Published
2019-12-26
How to Cite
Imam Fakhruddin, W. M. F. S. (2019). PENGARUH KEPRIBADIAN ORANG MELAYU TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN BENGKALIS. El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 281–316. https://doi.org/10.24090/ej.v7i2.3456
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).