PENGARUH KEPRIBADIAN ORANG MELAYU TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN BENGKALIS

Authors

  • Wan Muhammad Fariq Saifullah Imam Fakhruddin STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.24090/ej.v7i2.3456

Keywords:

Kepribadian Orang Melayu, Motivasi Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Kecamatan Bengkalis. Sampel dalam penelitian ini yaitu merupakan pengusaha pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Bengkalis. Kuesioner ini terbagi dalam dua bagian, yang pertama adalah bagaimana respon pengusaha tentang kepribadiannya dan yang kedua adalah respon pengusaha mengenai motivasinya dalam melakukan usahanya yang berjumlah 75 orang. Sedangkan Populasinya adalah seluruh pengusaha UMKM di Kecamatan Bengkalis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepribadian orang Melayu di Kecamatan Bengkalis mempunyai kepribadian yang baik denga rata-rata 3,82. Sedangkan motivasi berwirausaha di Kecamatan Bengkalis dalam mengembangkan usaha UMKM termasuk dalam katagori baik dengan rata-rata 3,83. Adapun hasil analisis regresi sederhana diketahui nilai signifikasi dari tabel adalah 0,08>0,05 dan thitung 2,739>ttabel 1,665, maka terdapat pengaruh kepribadian orang melayu terhadap motivasi berwirausaha dalam Usaha Mikro, Kecil dan Menengah tetapi pengaruhnya tidak signifikan.

References

Basrowi, Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi, (Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2014)
Daryanto dan Aris Dwi Cahyono, Kewirausahaan (Penanaman Jiwa Kewirausahaan), (Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2013)
Edi Suharto, Kebijakan Sosial sebagai kebijakan public, (Bandung: Alfabeta 2008)
Ghozali,Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS edisi ketiga, 2006
Badan penerbitan Bisnis. Alfabeta.Bandung Honingman J.J., The World of Man, (New York: Routledge, 1959)
Kaswan dan Ade Sadikin Akhyadi, Social Entrepreneurship; Mengubah Masalah Sosial Menjadi Peluang Usaha (Bandung: Alfabeta, 2015)
Kluckhohn, Clyde, The Study of Culture, Chapter V of The Policy Siences, (Edited by Daniel Lerner and Harold D. Laswell),(New York: Standford Unibersity Press, 1951)
Koentjaraningrat, Pengantar Antropologi (Jakarta: Aksara Baru, 1974)
, dkk, Masyarakat Melayu dan Budaya Melayu dalam Perubahan, Cet. I, (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2016)
, dkk, Masyarakat Melayu Riau dan Kebudayaannya,(Pekanbaru : Pemerintah Propinsi Daerah Tingkat I Riau, 1986)
Kroeber dan Kluckhohn, The Concept of Culture: A Critical Review Definitions, Vol. XLI, (Harvard: Paper of the Pesbody Museum Harvard University, 1950)
Majalah Antropology at Day, (Chicago: A. L. Kroeber editor, University Press, 1953)
Moh. Alifuddin dan Masyhur Razak, Kewirausahaan; Strategi Membangun Kerajaan Bisnis, (Jakarta: MAGNAScipt Publishing, 2015)
Sugeng Pujileksono, Pengantar Antropologi; Memahami Realitas Sosial Budaya, (Malang: Intrans Publishing, 2015).
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, (Bandung: Alfabeta, 2006).
Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu, Kewirausahaan; Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses, (Jakarta: Kencana, 2011).
Taylor, Edward B, Primitive Culture, Vol. II, pp. 1-6 Jhon Muray, (London: 1981).
UU Hamidy, Perangkap Demokrasi dan Bunga Kehidupan, Cet. I, (Pekanbaru: Bilik Kreatif Press, 2013).
Zulkarnain, Kewirausahaan; Startegi Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah dan Penduduk Miskin, (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2016).
https://bengkaliskab.bps.go.id
https://wikipedia.org/wiki/Suku_Melayu

Downloads

Published

2019-12-26

How to Cite

Imam Fakhruddin, W. M. F. S. (2019). PENGARUH KEPRIBADIAN ORANG MELAYU TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN BENGKALIS. El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 281–316. https://doi.org/10.24090/ej.v7i2.3456