PENDEKATAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA INSANI (SDI)

Authors

  • Yosi Septa Prasetia

DOI:

https://doi.org/10.24090/ej.v5i2.1883

Keywords:

human resources, good corporate governance

Abstract

  Penerapan tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG) merupakan konsep yang menekankan pentingnya para stakeholder untuk memperoleh informasi yang benar, akurat dan dapat dipertanggungajawabkan atau seperangkat regulasi yang mengatur hubungan antar stakeholder untuk mencegah terjadinya kesalahan yang signifikan dan memastikan bahwa kesalahan yang terjadi dapat dengan segera diperbaiki. Oleh karena itu untuk mewujudkan sistem GCG di butuhkan SDI yang berkualitas, memiliki professionalism Islam dan lingkungan kerja yang nyaman. Manajemen SDI berfungsi untuk mewujudkan pengelolaan SDI yang berkualitas sehingga mampu menerapkan GCG secara maksimal. Salah satu cara menajemen SDI itu adalah menumbuhkan prinsip-prinsip GCG pada kepribadian karyawan dan lingkungan kerja perusahaan. Kata kunci: sumber daya insani, good corporate governance

References

Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2009.
Kasmir. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2012.
Komang, Ardana I. Mujiati, Ni Wayan, dan Mudiartha Utama I Wayan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Graha Ilmu. 2012.
Mamik dan Usaman Syarif. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher. 2014.
Rivai, Veithzal. Faisal Syam, dkk. Islamic Performance Appraisal for Human Capital: Sistem Penilaian Kinerja SDM secara Islami untuk Mengoptimalkan Kinerja Perusahaan. Depok: Gramata Publishing. 2010.
Rivai, Veitzal dan Ella Jauvani Sagala. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Samsudin, Sadili. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia, 2006.
Syakhroza, Akhmad. Corporate Governance: Sejarah dan Perkembangan. Teori dan Sistem Covernance serta
Aplikasinya Pada Perusahaan BUMN. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI. 2005.
Sunyoto, Danang. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Caps, 2012.
Sinn, Ahmad Ibrahim Abu. Manajemen Syariah; Sebuah Kajiaan Historis dan Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.
Suryanto, Tulus dan Anip Dwi Saputro. Konsep Pencegahan Kecurangan (Fraud) Akuntansi dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: CV. Arti Bumi Intaran. 2016.
Yusuf, Burhanuddin. Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2015.
Faozan, Akhamad. “Implementasi Good Corporate Governance dan Peran Dewan Pengawas Syariah di Bank Syariah”. Jurnal Ekonomi Islam La Riba Vol. 7. No. 1 (Juli 2010).
Ferlinda, Ekky Dwi, Heru Ribawanto dan Siswidiyanto. “Implementasi Good Corprate Governance Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi pada PT. Telkom Banyuwangi)”. Jurnal Administrasi Publik (JAP). Vol. 1, No.4 (TT). 22-30.
Haluty, Djaelany. “Islam dan Manajemen Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas”. Jurnal Irfani Vol. 10 (Juni 2014). 63-74.
Riyadi. “Faktor Sumber Daya Manusia Yang Meningkatkan Kinerja Karyawan dan Perusahaan di Kalbar”. Jurnal EKSOS Vol 8 (Juni 2012). 114-119.
Riantono, Ignatius Edward. “Pengelolaan Manajemen Modern dalam Mewujudkan Good Corporate Governance: Optimalisasi Pencapaian Tujuan Perusahaan”. Binus Business Review Vol. 5 No. 1 (Mei 2014). 315-322.
Putri, Asri Dwijaya. “Sumber Daya Manusia, Good Corporate Governance dan Kinerja Perusahaan”. Piramida Vol. XI No.1. 29-34.
Surat Keputusan Menko Ekuin KEP-31/M.EKUIN/06/2000.

Published

2017-12-30

How to Cite

Prasetia, Y. S. (2017). PENDEKATAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA INSANI (SDI). El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 5(2), 341–358. https://doi.org/10.24090/ej.v5i2.1883

Issue

Section

Articles