Pengaruh Akuntabilitas, Electronic Word of Mouth, Brand Image, Perencanaan Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Donasi Online pada Kitabisa.com di DKI Jakarta

Authors

  • Ihsan Rizki Mansis Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Lili Puspita Sari Uiversitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/ej.v12i2.10818

Keywords:

akuntabilitas, brand image, electronic word of mouth, perencanaan keuangan syariah, donasi

Abstract

Terdapat masalah dalam sistem donasi digital. Hal yang beberapa kali terjadi dalam system donasi online adalah modus penipuan. Seperti yang terjadi saat adanya gempa yang menerjang Turki – Suriah, ada beberapa oknum yang memanfaatkan peristiwa tersebut untuk meraih keuntungan pribadi. Tujuan dari penilitian ini untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas, electronic word of mouth, Brand Image, dan perencanaan keuangan syariah terhadap keputusan donasi online pada kitabisa.com di DKI Jakarta. Populasi pada penelitian ini merupakan masyarakat muslim DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan 100 responden dengan kriteria penduduk muslim, berdomisili di DKI Jakarta, serta pernah berdonasi melalui layanan kitabisa.com. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik partial least square menggunakan aplikasi SmartPls. Hasil uji hipotesis yaitu akuntabilitas berpengaruh positif terhadap keputusan donasi, electronic word of mouth tidak berpengaruh terhadap keputusan donasi, brand image berpengaruh positif terhadap keputusan donasi dan perencanaan keuangan syariah tidak berpengaruh terhadap keputusan donasi.

References

Agnestia, F. (2015). Analisis Isi Electronic Word of Mouth Komunitas Aquascape Salatiga (Alga) di Facebook.

Amilahaq, F., Wijayanti, P., & Pertiwi, B. C. (2022). Managing Islamic Financial Planning Inclusion in Indonesia. Tazkia Islamic Finance and Business Review, 15(1), 40–66. https://doi.org/10.30993/tifbr.v15i1.243

Amriza, Aswin, M. D., Asma, N., Survika, L., & Hidayati, L. (2023). Analisis Perencanaa Keuangan Syariah Petani. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6(2), 1657–1674.

Ansari, S., Ansari, G., Ghori, M. U., & Kazi, A. G. (2019). Impact of Brand Awareness and Social Media Content Marketing on Consumer Purchase Decision. Journal of Public Value and Administration Insights. https://doi.org/10.1007/978-3-319-11779-9_98

Arsyalan, A., & Ariyanti, M. (2019). the Impact of Electronic Word of Mouth on Shopee ’ S Purchasing. E-Proceeding of Management, 6(3), 5566–5583.

Azizah, N., Hasbi, S., & Yetty, F. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Transparansi, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menyalurkan Zis Di Kitabisa.Com. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(02), 111–125. https://doi.org/10.37366/jespb.v6i02.241

Baihakki, F., & Anwar Fathoni, M. (2022). Determinan Pola Konsumsi Rumah Tangga Masyarakat Muslim DKI Jakarta Tangga Masa Pandemi Covid-19. Islamic Economics and Business Review, 1(2), 169–183.

Fanea-Ivanovici, M. (2018). Transparency of Financial Information on Crowdfunding Platforms – A Prerequisite for Successful Funding Campaigns. International Conference KNOWLEDGE-BASED ORGANIZATION, 24(2), 37–42. https://doi.org/10.1515/kbo-2018-0063

Febriansyah, R. E., & Meiliza, D. R. (2020). Teori Pengambilan Keputusan. In Sumartik (Ed.), Umsida Press Sidoarjo Universitas (Vol. 1, Issue 1). UMSIDA Press.

Fitriana, N. Della, Hamdan, H., & Imaningsih, E. S. (2021). Pengaruh E-Product Knowledge, E-Social Influence, Dan E-Trust Terhadap Keputusan Berdonasi Di Aplikasi Kitabisa.Com. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, 13(2), 271–286. https://doi.org/10.31937/manajemen.v13i2.2175

Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i03.p09

Gunawan, M. R., Mustafa, M. Q., & Salsabil, N. Z. (2020). The Effect of Social Media Content and Personal Background Performance on Financial Planning Awareness of Generation Z Muslim. Ekonomi Islam Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.58968/eii.v2i2.50

Helmi, S., & Lufti, M. (2014). Analisis data (Issue July).

Hutami, N., & Irwansyah, I. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Kitabisa Dalam Pelaksanaan Crowdfunding Di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 13(2), 183–194. https://doi.org/10.21107/komunikasi.v13i2.5357

Indiraphasa, N. S. (2023). Waspadai Modus Penipu Buka Saluran Donasi Gempa Turki Suriah Via Media Sosial. https://www.nu.or.id/internasional/waspadai-modus-penipu-buka-saluran-donasi-gempa-turki-suriah-via-media-sosial-X0ZJT

Irawan, D., Puspitasari, A. A., Astuti, S. W. W., & Widyastuti, A. (2022). Persepsi Keamanan, Kepercayaan, dan Akuntabilitas Perusahaan Terhadap Niat Berdonasi Melalui Fintech Crowdfunding. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 6(1), 73–89. https://doi.org/10.24269/iso.v6i1.1035

Irawati, N., & Fitriyani, E. N. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Sedekah Non Tunai. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(2), 179. https://doi.org/10.47700/jiefes.v3i2.4779

Janah, A., & Hidayat, S. E. (2022). Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Tingkat Religiusitas dan Akuntabilitas Masyarakat dalam Berdonasi Sisa Uang Kembalian Terhadap Minat Belanja di Hari Berikutnya (Studi Kasus pada Pelanggan Alfamart di Daerah Branch Karawang). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 20(2), 97–112. https://doi.org/10.29259/jmbs.v20i2.16632

Kabib, N., Al Umar, A. U. A., Fitriani, A., Lorenza, L., & Lutfi Mustofa, M. T. (2021). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di BAZNAS Sragen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 341. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.2156

Khairunnisa, A. H., Ningrum, J. W., Huda, N., & Rini, N. (2020). Pengaruh Brand Awareness dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menyalurkan Zakat dan Donasi Melalui Tokopedia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 284. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.761

Kiftiah, T., Tarigan, E. D. S., Sahir, S. H., & Siregar, D. (2022). Pengaruh Green Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware di Jalan Setia Budi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 3(2), 203–217. https://doi.org/10.31289/jimbi.v3i2.1283

Kitabisa.com. (2020). Kitabisa Terpilih Sebagai Platform Fundraising Digital Terbaik. https://blog.kitabisa.com/kitabisa-terpilih-sebagai-platform-fundraising-digital-terbaik/

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. p-ISSN 2549-7332 %7C e-ISSN 2614-1167%0D

Luthfiyatillah, L., Millatina, A. N., Mujahidah, S. H., & Herianingrum, S. (2020). Efektifitas Media Instagram Dan E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1), 101–115. https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i1.3024

Mahiri, E. A. (2020). Pengaruh Brand Image dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 227–238. https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i3.154

Muhyi, M., Hartono, Budiyono, S. C., Satianingsih, R., Sumardi, Rifai, I., Zaman, Q., Astutik, E. P., & Fitriatien, S. R. (2018). Metodologi Penelitian. Adi Buana University Press, 1–82. www.unipasby.ac.id

Ningsih, D. K. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Intensi Menyumbang Secara Online Melalui Electronic Word-of-Mouth dan Sikap Menyumbang Secara Online. Journal of Islamic Business Management Studies, 2(1), 35–44. https://jurnal.idaqu.ac.id/index.php/jibms/article/view/180

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Putri, A. K., Hidayati, N., & Rahmawati. (2022). Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Harga, Brand Image Terhadap Keputusan Menggunakan Go Food (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang). E – JurnalRisetManajemen.

Putri, T. M., & Herman, S. (2022). Pengaruh Model Penerimaan Teknologi dan Literasi Keuangan Syariah terhadap Niat Transaksi Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) Berbasis Digital (Studi Kasus …. Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah, 1, 186–214. https://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/istimrar/article/view/149%0Ahttps://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/istimrar/article/download/149/113

Rachmawati, D., Shukri, S., Ferdous Azam, S. M., & Khatibi, A. (2019). Factors influencing customers’ purchase decision of residential property in selangor, malaysia. Management Science Letters, 9(9), 1341–1348. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.5.016

Rahayu, S. (2017). Pengaruh Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Garuda Metalindo. Jurnal Ilmiah Kreatif, 5(1), 59–75.

Rostiana, S. A. (2021). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Muslim Milenial Dalam Membayar Zakat Secara Online Melalui Platform Fintech (Studi Empiris pada Muzaki Milenial di Wilayah Jabodetabek). UIN Alauddin Makassar, 1, 1–171.

Saadah, N. (2018). Perencanaan Keuangan Islam Sederhana dalam Bisnis E-Commerce pada Pengguna Online Shop. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 105–128. https://doi.org/10.21580/economica.2018.9.1.2593

Safira Hasna, & Irwansyah. (2019). Pengaruh Inovasi Crowdfunding Terhadap Keputusan Berdonasi. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2), 144–156. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v10i2.2719

Salsabila, N., & Hasbi, I. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Berdonasi Secara Online Pada Crowdfunding Platform Kitabisa.Com. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 162–176. http://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1046

Sardiana, A., & Zulfison. (2018). IMPLEMENTASI LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA ALOKASI DANA ZISWAF MASYARAKAT. Rumah Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, 3.

Septiani, I., Udayana, I. B. N., & Hatmanti, L. T. (2022). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser , Brand Image , Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ms Glow Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi. 5(1), 42–52.

Simarmata, W. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Toko Sepatu Bata MTC Giant Panam). Jom Fisip, 7(2), 1–15.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Alfabeta.

Tyasmasdanti, F. (2021). Faktor-Faktor Pengaruh Keputusan Masyarakat Menyalurkan Donasi Melalui Platform Financial Technology Crowdfunding Berbasis Online. Journal UII. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31367

Vima Faradilah, Umi Arifah, dan N. L. (2022). View of Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berdonasi melalui Platform Crowdfunding Yayasan Hubbul Wathon Kebumen. Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen, 1(2), 106–239. http://www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/maen/article/view/1040/595

Wandira, L. W. A., & Muhammad, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartfren Andromax 4G/Lte Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 1–11.

Wijaya, I. G. N. S., Pratami, N. W. C. A., Muryatini, N. N., & Yasa, I. G. D. (2022). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), PERSEPSI RISIKO, KEPERCAYAAN PELANGGAN, DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERCE TOKOPEDIA. 11.

Wijaya, V. V., Diana, N., & Alrasyid, H. (2023). Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Malang. Islamic Economic and Finance Journal, 4(1), 37–48.

YKKB.com. (2022). 10 Penduduk Kota Paling Dermawan di Indonesia. https://ybkb.or.id/10-penduduk-kota-paling-dermawan-di-indonesia-adakah-kota-kamu

Yulindasari, E. R., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh e-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 55. https://doi.org/10.47700/jiefes.v3i1.4293

Yusoff, Z. M., Engku Ali, E. R. A., & Zakariyah, H. (2021). Islamic Financial Planning: Towards Sustaining the Financial Wellbeing of Muslim Families in Malaysia Post Covid-19. Turkish Journal of Islamic Economics, 8(Special Issue), 355–376. https://doi.org/10.26414/a2380

Downloads

Published

30-11-2024

How to Cite

Mansis, I. R., & Sari, L. P. (2024). Pengaruh Akuntabilitas, Electronic Word of Mouth, Brand Image, Perencanaan Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Donasi Online pada Kitabisa.com di DKI Jakarta. El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 12(2), 183–202. https://doi.org/10.24090/ej.v12i2.10818