Fenomena Perceraian dan Perubahan Sosial

(Studi Kasus di Kabupaten Wonosobo)

Authors

  • Mahfudz Junaedi UNSIQ Wonosobo

Keywords:

Wonosobo, divorce, counseling, compassion.

Abstract

Di tengah perubahan sosial yang terus terjadi saat ini, perceraian di Wonosobo meningkat cukup tinggi, bahkan dapat dikatakan terjadi dalam skala besar. Secara umum, incedence of cererce adalah akar penyebab faktor ekonomi adalah kemampuan suami dalam rumah tangga yang berevolusi dalam perselisihan dan perselisihan yang tidak pernah berhenti. Perceraian lebih dominan dari istri karena faktor ekonomi dan perselisihan. Faktor lain adalah pihak ketiga (selingkuh), dan kurangnya kedewasaan, sedangkan peran KUA sebagai lembaga belum dioptimalkan. Fenomena perceraian dapat diubah jika ada upaya sistematis melalui pendidikan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memelihara cinta (sakinah, mawaddah, rahmah) dalam kehidupan rumah tangga, karena prototipe saat ini terletak pada kehidupan rumah tangga yang didasarkan pada mencintai, toleran, menghargai perbedaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Hamid, Islam di Tengah Pergulatan Sosial, Yogjakarta : Tiara Wacana Yogja, 1993.
Achmad Gunaryo, Pergumulan Politik dan Hukum Islam ; Reposisi Peradilan Agama dari Peradilan “pupuk bawang” Menuju Peradilanb yang Sesungguhnya, Semarang : Pustaka Pelajar kerjasama dengan Pascasarjana IAIN Walisongo Semarang, 2006.
Achie Sudiarti Lululima (ed.), Belajar Ajar Tentang Hak Perempuan ; UU No. 7 Tahun 1984, Pengesahan Konvensi Mengenai Penghapusan Segala Bentuk Diskrminasi Terhadap Perempuan, Jakarta : nziad bekerjasama dengan The ConventionWatch, Universitas Indonesia dan Yayasan Obor Indonesia, 2007.
Agus Salim, Perubahan Sosial : Sketsa Teori dan Refleksi Metodologi Kasus Indonesia, Yogjakarta : Tiara Wacana Yogja, 2002.
Alo Liliweri, Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya, Yogjakarta : Pustaka Pelajar, 2007.
Hasan Tibi, Islam Kebudayaan dan Perubahan Sosial, Yogjakarta : Tiara Wacana Yogja, 1999.
Irwan Abdullah, Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan, Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Kaelan, Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner, Yogjakarta : Paragama, 2010.
Kurnadi Shahab, Sosiologi Pedesaan, Yogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2007.
M. Ridlwan Nasir, (ed.), Dialektika Islam dengan Problem Kontemporer, Yogjakarta : LkiS dan IAIN Sunan Ampel Surabaya. 2006.
M. Yatimin Abdullah,. Studi Islam Kontemporer, Jakarta : Penerbit Hamzah, 2006.
Mark R. Woodword, Islam Jawa KesalehanNormatif Versus Kebatinan, Yogjakarta : LKiS, 2006.
Sabian Utsman, Dasar-Dasar Sosiologi Hukum : Makna Dialog antara Hukum dan Masyarakat, Yogjakarta : Pustaka Pelajar, 2009.
William J. Goode, Sosiologi Keluarga, terj. Lailahanoum Hasyim, Jakarta : Aksara, 2007.

Downloads

Published

2018-12-28

How to Cite

Junaedi, M. (2018). Fenomena Perceraian dan Perubahan Sosial: (Studi Kasus di Kabupaten Wonosobo). Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 259–283. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/yinyang/article/view/2104

Issue

Section

Articles