GENDER DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Maria Ulpa STAIN Purwokerto

Abstract

Abstrak: Selain faktor fisiologis, faktor gender yang dikonstruk dari situasi social dan budaya adalah penyebab adanya perbedaan laki-laki dan perempuan dalam prestasi akademik matematika. Faktor-faktor tersebut meliputi antara lain familiaritas dan persepsi terhadap pelajaran matematika, serta perlakuan guru. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor gender mempengaruhi cara memperoleh pengetahuan matematika, gender merupakan faktor yang berpengaruh dalam proses konseptualisasi ilmu pengetahuan dan berpengaruh pada penggunaan intuisi dalam memahami konsep-konsep matematika. Oleh sebab itu, dalam proses pembelajaran matematika seorang pendidik harus memperhatikan fungsi dan kerja otak antara laki-laki dan perempuan termasuk perbedaan-perbedaan di dalamnya sehingga pencapaian tujuan pembelajaran bisa lebih maksimal. Faktor sosial, budaya, psikologis dan lingkungan juga perlu diperhatikan agar dapat memaksimalkan perkembangan kemampuan matematis serta mencari bentuk pembelajaran matematika yang lebih baik.   Abstract: In addition to physiological factors, gender which constructed from social and cultural situation is another factors that causes of the differences in men and women in the academic achievement of mathematics. These factors include, among others, familiarity and perceptions of math, as well as the treatment of teachers. Some research indicates that gender factors influence the way to gain knowledge of mathematics, gender is an influential factor in the process of conceptualization of science and the effect on the use of intuition in understanding mathematical concepts. Therefore, in the process of learning mathematics, educators should pay attention to the functions and workings of the brain between men and women, including differences in them so that the achievement of learning objectives can be maximized. Social, cultural, psychological and environment factors are also needed to be considered in order to maximize the development of mathematical abilities and to find forms of learning mathematics better.   Kata Kunci: Gender, Pembelajaran, dan Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-07-15

How to Cite

Ulpa, M. (2014). GENDER DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 9(2), 263–272. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/yinyang/article/view/1202

Issue

Section

Articles