DAMPAK MUNCULNYA WISATA WATU MEJA-BUKIT BADAR TERHADAP KEHIDUPAN WARGA DESA TUMIYANG DITINJAU DARI SEGI MUAMALAH DAN EKONOMI

Authors

  • Miftachul Annaj IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jimrf.v5i2.999

Keywords:

Wisata, Watu Meja

Abstract

Adanya objek wisata di suatu daerah akan mempengaruhi kehidupan masyarakat yang tinggal di sekitar tempat wisata. Wisata Watu Meja yang berada di Desa Tumiyang mempengaruhi kehidupan waraga desa Tumiyang yang berada di sekitar objek wisata Watu Meja. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis inigin mengetahui dampak munculnya wisata Watu Meja terhadap kehidupan warga Desa Tumiyang ditinjau dari segi muamalah dan ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi, dokumentasi, angket/kuesioner. Hasil daripenelitian ini menunjukkan bahwa munculnya wisata Watu Meja sangatberpengaruh bagi kehidupan warga desa Tumiyang. Banyak pengaruh positif, seperti membuka lapangan kerja baru, ada tambahan penghasilan, jasa-jasa dianataranya titipan sepeda motor dan sebagainya, namun juga ada pengaruh negatifnya seperti membuang sampah sembarangan.

References

Aziz, Mohammad. “Hubungan Intensitas Kegiatan Keagamaan dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Tanjung”

Aziz, Mohammad. 2015. “Metode Pendidikan Karakter Disiplin Di SMK N 1 Bulakamba Brebes,” Proposal Penelitian Individual. Purwokerto: LPPM IAIN Purwokerto.

http://bumn.go.id/perhutani/halaman/159

Ghazaly, Abdul Rahman, dkk. 2012. Fiqh Muamalat. Jakarta: Kencana.

Hafidhuddin, Didin. 2004. Islam Aplikatif. Jakarta: Gema Insani.

http://deva-peduliterhadaphutanindonesia.blogspot.co.id/2011/10/ peran-lembaga-masyarakat-desa-hutan.html

Kamus Besar bahasa Indonesia, ed. 3.-cet. 4. 2007. Jakarta: Balai, Pustaka.

Manan, Abdul. 2014. Hukum Ekonomi Syariah. Jakarta: Kencana.

Panduan Penulisan Skripsi STAIN Purwokerto. 2012. Purwokerto: STAIN
Press.

Suryabrata, Sumadi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Published

2017-03-29

How to Cite

Annaj, M. (2017). DAMPAK MUNCULNYA WISATA WATU MEJA-BUKIT BADAR TERHADAP KEHIDUPAN WARGA DESA TUMIYANG DITINJAU DARI SEGI MUAMALAH DAN EKONOMI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 5(2). https://doi.org/10.24090/jimrf.v5i2.999

Issue

Section

Articles
Bookmark and Share