Al-Bayan Fii Ma’rifati Ma’ani al-Qur’an Karya Shodiq Hamzah Usman: Sejarah Penulisan, Karakteristik, Format Penulisan, Metode dan Corak Penafsiran

Penulis

  • Mohammad Nor Ichwan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24090/maghza.v9i1.9752

Kata Kunci:

Sejarah Penulisan Tafsir, Karakteristik Tafsir, Metode Tafsir, Corak Tafsir

Abstrak

Al-Qur'an, sebagai kitab suci utama dalam Islam, memegang peran penting dalam membimbing umat Muslim dalam aspek spiritual dan moral. Dalam upaya untuk memahami dan menginterpretasi pesan-pesan al-Qur'an, para cendekiawan Islam telah menghasilkan berbagai karya tafsir. Salah satu karya penting adalah "Al-Bayan Fii Ma’rifati Ma’ani al-Qur’an" karya Shodiq Hamzah Usman. Artikel ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis sejarah penulisan tafsir "Al-Bayan Fii Ma’rifati Ma’ani al-Qur’an" karya Shodiq Hamzah Usman, mengeksplorasi karakteristik dan format penulisannya, menganalisis metode yang digunakan dalam penafsiran al-Qur'an, serta memahami corak penafsiran yang terkandung dalam karyanya. Studi ini menggunakan metode analisis historis untuk mengkaji sejarah penulisan karya Shodiq Hamzah Usman. Selain itu, metode analisis teks digunakan untuk memeriksa karakteristik, format, metode, dan corak penafsiran yang terdapat dalam "Al-Bayan Fii Ma’rifati Ma’ani al-Qur’an." Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pemahaman lebih mendalam tentang salah satu karya tafsir al-Qur'an modern, yaitu "Al-Bayan Fii Ma’rifati Ma’ani al-Qur’an" karya Shodiq Hamzah Usman. Hasil penelitian ini akan membantu dalam mengungkap sejarah penulisan karya tersebut, karakteristik dan format penulisannya, metode penafsiran yang digunakan, serta corak penafsiran al-Qur'an yang terkandung di dalamnya.

Referensi

‘Urif, M. Z. (2016). Faḍāil Al-Suwar Dalam Kitab Zubdatu Al-Bayān Fī Bayāni Faḍāil Al-Suwar Al-Qur’ān Karya Kh. Shodiq Hamzah Semarang. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Adnan, P. K. H. R. M. (1982). Al-Qur’an al-Karim: Tafsir al-Qur’an Suci (Basa Jawi) Kanthi Ejaan Aksara Latin Basa Jawi Ingkang Dipun Sempurnakaken. PT. Alma’arif.

Al-Farmawi, A. al-H. (1977). Al-Bidayah fi Tafsir al-Maudhu’i. Maktabah Jumhuriyah.

Al-Shobuni, M. A. (n.d.). Rawai’u al-Bayan Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an. Dar al Alamiyah.

As-Samarani, M. S. bin U. (1930). Hidāyah ar-Raḥmān fī Tarjamah min Tafsīr al-Qur’ān al-Musammā Faiḍ ar-Raḥmān. Maktabah Misriyah.

Ath-Thabarî, M. I. J. (2000). Jâmi’ al-Bayân fî Ta`wîl al-Qur`ân (vol. XVII). Mu`assasah ar-Risâlah.

Budi. (2022). Biografi KH. Muslih al-Maraqi. Https://Www.Laduni.Id/. https://www.laduni.id/post/read/66483/biografi-kh-muslih-al-maraqi

Cawidu, H. (1991). Konsep Kufr dalam al-Qur’an: Suatu Kajian Teologis dengan Pendekatan Tafsir Tematik. Bulan Bintang.

Chalil, M. (1958). Tafsir Qur’an Hidaajatur Rahmaan. AB. Siti Sjamsijah.

Gusmian, I. (2016). Tafsir al-Qur’an Bahasa Jawa Peneguhan Identitas, Ideologi, dan Politik Perlawanan. SUHUF, 9, 141. https://doi.org/10.22548/shf.v9i1.116

Hamzah, S. (2007). Hamzah, S. (2007). Risalah Thariqah al-Naqsyabandiyah lil ’Alim al-’Allamah Syaikh Muhammad Mahmud al-Hajar Nazil al-Madinat al-Munawwarah. Cahaya.Risalah Thariqah al-Naqsyabandiyah lil ’Alim al-’Allamah Syaikh Muhammad Mahmud al-Hajar Nazil al-Madinat al. Cahaya.

Huda, S. (2022a). Pengasuh Pesantren Asshodiqiyah Semarang Tulis Dua Kitab Selama Pandemi Covid-19.

https://jateng.nu.or.id/regional/pengasuh-pesantren-asshodiqiyah-semarang-tulis-dua-kitab-selama-pandemi-covid-19-j3n6X

Huda, S. (2022b). Tafsir Al-Bayan Karya KH Shodiq Hamzah Semarang Dibedah di UIN Walisongo.

https://jateng.nu.or.id/nasional/tafsir-al-bayan-karya-kh-shodiq-hamzah-semarang-dibedah-di-uin-walisongo-w7wf2

Ichwan, M. N. (2001). Memasuki Dunia Al-Qur’an. Lubuk Raya.

Kiptiyah, S. M. (2020). Melacak Literatur Tafsir Al-Qur’an Beraksara Jawa Abad ke-20. Https://Www.Nusantarainstitute.Com/.

https://www.nusantarainstitute.com/melacak-literatur-tafsir-al-quran-beraksara-jawa-abad-ke-20/

M, D. M. G. (1998). Ahl Al-Kitab: Makna dan Cakupannya dalam Al-Qur’an. Paramadina.

Masrur, M. (2016). Melacak Pemikiran Tarekat Kyai Muslih Mranggen (1912-1981 M) melalui Kitabnya: Yawaqit al-Asani Fi Manaqib al-Syeikh Abdul Qadir al-Jilani. At-Taqaddum, 6(2), 265–315.

Musthafa, B. (n.d.). Al-Ibrīz li-Ma’rifah Tafsīr al-Qur’ān al-‘Azīz. Menara Kudus.

Saepullah. (2021). ‘Uqudul Juman, Mata Rantai Permata TQN Pontren Suryalaya. https://tqnnews.com/uqudul-juman-mata-rantai-permata-tqn-pontren-suryalaya/

Shadr, M. B. (1399). al-Madrasah al-Qur’aniyah. Dar al-Ta’aruf wa al-Mathbu’at.

Syahid, B. (1979). Al-Huda Tafsir Qur’an Basa Jawi. Bagus Arafah.

Taufiq, P. D. H. I. (2020). Tafsir Pegon Millenial: Ngramut Tradisi lan Ngembangake Tafsir al-Qur’an. In M. Asyif (Ed.), Albayan fii Ma’rifati Ma’ani Alquran (1st ed.). Asnalitera.

Umar, N. (1999). Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Al-Qur’an. Paramadina.

Usman, S. H. (2020a). Albayan Fii Ma’rifati Ma’ani Alquran, Juz 2. Asnalitera.

Usman, S. H. (2020b). Albayan Fii Ma’rifati Ma’ani Alquran (M. Asyif (ed.); 1st ed.). Asnalitera.

Yuk Ngaji Selapanan Bersama KH. Abdul Bashir Mranggen. (2018). Tabayuna.Com. http://www.tabayuna.com/2018/08/yuk-ngaji-selapanan-bersama-kh-abdul.html

Diterbitkan

2024-06-04

Cara Mengutip

(1)
Nor Ichwan, M. Al-Bayan Fii Ma’rifati Ma’ani Al-Qur’an Karya Shodiq Hamzah Usman: Sejarah Penulisan, Karakteristik, Format Penulisan, Metode Dan Corak Penafsiran. MZA 2024, 9, 119-143.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.