Etos Kerja Qur’ani: Solusi Menghadapi Disrupsi Pendidikan Abad Ke-21
DOI:
https://doi.org/10.24090/maghza.v10i1.12710Kata Kunci:
Etos Kerja, Perspektif Al-Qur’an, Disrupsi Pendidikan, Abad Ke-21Abstrak
Pendidikan abad ke-21 menghadapi disrupsi akibat perkembangan teknologi, globalisasi, dan kebutuhan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, serta literasi digital. Etos kerja Qur’ani menjadi relevan untuk membangun generasi yang tak hanya unggul secara akademik tetapi juga memiliki integritas dan kesadaran moral. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi nilai-nilai etos kerja Qur’ani dalam membentuk karakter peserta didik yang adaptif dan berdaya saing di era globalisasi serta mengeksplorasi implementasi nilai-nilai tersebut dalam sistem pendidikan abad ke-21. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis literatur dari tafsir al-Qur’an, jurnal, dan buku. Analisis data dilakukan menggunakan analisis isi untuk mengekstraksi tema-tema utama. Hasil penelitian menyoroti tiga nilai etos kerja Qur’ani: kompetisi dalam kebaikan (QS. Al-Maidah: 48), penghargaan terhadap keragaman (QS. Al-Hujurat: 13), dan kolaborasi untuk kebaikan bersama (QS. Al-Maidah: 2). Nilai-nilai tersebut mendorong peserta didik dan pendidik untuk bersikap inovatif, inklusif, serta bekerja sama dalam lingkungan pendidikan abad ke-21. Kesimpulan menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai etos kerja Qur’ani dalam pendidikan dapat membentuk generasi yang adaptif, bermoral, dan berdaya saing di era globalisasi. Pendekatan ini mendukung terciptanya sistem pendidikan yang kolaboratif dan berorientasi keberkahan dalam menjawab tuntutan abad ke-21 dengan membekali peserta didik keterampilan dan tanggung jawab moral yang tinggi.Unduhan
Referensi
Abdillah, S., & Ismail, F. (2023). Pendidikan Nilai-Nilai Multikutural Dalam Al-Qur’an Surat Ar-Rum Ayat 22 Dan Al-Hujurat Ayat 13. Masagi, 2(1), 7. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.381
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Anwar, N. (2023). Ayat-Ayat Pluralisme Menurut Prespektif Nurcholish Madjid (Studi Tafsir Tematik). In Skripsi: Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.
Aravik, H., Hamzani, A. I., Khasanah, N., & Tohir, A. (2024). Fundamental Concepts of Work Ethics in Islamic Perspective and Its Implementation in Islamic Bank Marketing. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 10(1), 72. https://doi.org/10.36908/isbank.v10i1.1220
Aziz, M. T. (2018). Analisis qur’an surah al-quraisy tentang etos kerja. Jurnal Tamaddun, 19(1), 65–74.
Azman, Z. (2017). Pendidikan Islam Di Tengah Tantangan Globalisasi. El-Ghiroh, XII(1), 1–13.
Bahri, R. (2023). Mengembangkan Kompetensi Abad 21 dalam Pendidikan Islam: Telaah Perspektif Al-Quran dan Hadis. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1. https://doi.org/10.28944/fakta.v3i1.1190
Bainudin, Wulandari, K. R., Syafi’i, A. H., Magara, I., Ustianti, Irawan, I., Hamzaini, Taufik, Y., Prayogi, A., Muhammad, L. O. A., Matitaputty, J. K., & Silubun, H. C. A. (2025). Mosaik Peradaban: Interaksi Manusia Dan Kebudayaan. In Universitas Nusantara PGRI Kediri (Vol. 01, Issue Januari).
Burnett, C., & Merchant, G. (2015). The Challenge of 21st-Century Literacies. Journal of Adolescent and Adult Literacy, 59(3), 271–274. https://doi.org/10.1002/jaal.482
Carneiro, R., & Draxler, A. (2008). Education for the 21 st Century: lessons and challenges. European Journal of Education, 43(2), 149–160.
Febriansyah, F., & Muksin, N. N. (2020). Fenomena Media Sosial: Antara Hoaks, Destruksi Demokrasi, Dan Ancaman Disintegrasi Bangsa. Sebatik, 24(2), 198. https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i2.1091
Hakim, A. R. (2023). Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2368. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3258
Hakim, L. N., & Bayyinah, I. (2023). Etika Sosial Perspektif Mufassir Nusantara: Kajian Qs. Al-Hujurat Ayat 9-13 Dalam Tafsir Al-Ibriz. Al-Shamela : Journal of Quranic and Hadith Studies, 1(1), 84. https://doi.org/10.61994/alshamela.v1i1.33
Hassan, H. A., & Ahmad, A. B. (2021). The Relationship Between Islamic Work Ethic and Public Service Motivation. Administration and Society, 53(9), 1. https://doi.org/10.1177/0095399721998335
Hermanto Nst, M. (2019). MOTIVASI DAN ETOS KERJA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 1(2), 146.
Imaniyati, P. (2022). Peran Guru Dalam Pengajaran di Abad ke-21. Universitas Lambung Mangkurat, 1–5.
Izzan, A., & Hasanuddin, S. N. (2022). Konsep Pendidikan Humanistik Dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 13 Kajian Ilmu Pendidikan Islam. Masagi, 1(2), 5. https://doi.org/10.37968/masagi.v1i2.109
Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1), 25. https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099
Jemani, A., & Zamroni, M. A. (2020). TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 16(2), 126–140.
Juliena, D. (2015). Etos Kerja dalam Perspektif Al-Quran (Studi Analisis). In Skripsi UIN Walisongo Semarang (p. 72).
Kamri, N. A., Ramlan, S. F., & Ibrahim, A. (2014). Qur’anic Work Ethics. Journal of Usuluddin, 40(December), 135–172.
Katsir, I. (2003). Tafsir Ibnu Katsir 3.1. In Pustaka Imam As’syafi’i.
Khaliq, A. (2015). KONSEP MOTIVASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM. 18.
Kirom, C. (2018). Etos Kerja Dalam Islam. TAWAZUN : Journal of Sharia Economic Law, 1(1), 57–72. https://doi.org/10.21043/tawazun.v1i1.4697
Malik, R. S. (2018). Educational Challenges in 21St Century and Sustainable Development. Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 9–20. https://doi.org/10.17509/jsder.v2i1.12266
Maulidi, M. S. (2018). Tantangan Mengajar Guru Pada Abad 21. 1–6.
MD, M. F., & Mahmud, H. (2024). Perubahan Sosial dalam Perspektif Al-Qur’an: Studi Kepustakaan Tafsir Al-Azhar dan Tafsir Al-Misbah. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 9(1), 101. https://doi.org/10.46799/adv.v2i1.162
Medvedeva, T. A. (2015). University Education: The Challenges of 21st Century. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 166, 422. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.547
Mohamad, M., Palani, K., Nathan, L. S., Sandhakumarin, Y., Indira, R., & Jamila, E. (2023). Educational Challenges in the 21st Century: A Literature Review. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 12(2), 1221–1227. https://doi.org/10.6007/ijarped/v12-i2/16865
Mohamed, N. (2014). Islamic Education, Eco-ethics and Community. Studies in Philosophy and Education, 33(3), 315. https://doi.org/10.1007/s11217-013-9387-y
Moshinski, V., Pozniakovska, N., Mikluha, O., & Voitko, M. (2021). Modern education technologies: 21 st century trends and challenges. SHS Web of Conferences, 104, 1–7. https://doi.org/10.1051/shsconf/202110403009
Mujib, A. (2012). Motivasi Berprestasi sebagai Mediator Kepuasan Kerja. Jurnal Psikologi, 39(2), 145.
Najah, Z., & Lindasari, L. M. (2022). Pendidikan Islam : Wajah Baru Menghadapi Tantangan Globalisasi. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(01), 14. https://doi.org/10.24967/esp.v2i01.1522
Nasution, M. T. (2017). Etos Kerja Dalam Perspektif Islam. Ihtiyadh, 1(1), 78–102. https://doi.org/10.32678/ijei.v4i2.16
Nawwir, Y., & Laelah, A. (2025). Keluarga sebagai Pilar Spiritual: Studi tentang Pembentukan Kecerdasan Spiritual Anak di Era Globalisasi. Journal of Gurutta Education ( JGE ), 4(1), 2.
Nurdin, F. (2020). Pandangan Al-Qur’an Dan Hadist Terhadap Etos Kerja. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 17(1), 137–150. https://doi.org/10.22373/jim.v17i1.7911
Rachmi, Surachman, A., Putri, D. E., Nugroho, A., & Salfin. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital Tantangan dan Peluang. Banjarese Pasific: Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 52–63. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.254
Rahman, K. (2018). AKOMODASI VIRUS N ACH TERHADAP ETOS KERJA ISLAMI SEBAGAI MOTIVASI KERJA. El-Jizya: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 199–250.
Ratna.K, R. ., Haddade, H., & Mahfudz, M. (2024). Al-Qur’an Insights on Work Ethics. TAFASIR: Journal of Quranic Studies, 2(1), 44–69. https://doi.org/10.62376/tafasir.v2i1.26
Ridwan, Abubakar, A., Basri, H., & Gafur, A. (2023). Konstruksi Tradisi dan Tafsir: Internalisasi Nilai-Nilai Etos Kerja Berbasis Qur’ani di Era 5.0. Pappasang, 5(2), 401.
Rizk, R. R. (2008). Back to basics: An Islamic perspective on business and work ethics. Social Responsibility Journal, 4(1), 246. https://doi.org/10.1108/17471110810856992
Rohman, T., Ilyasin, M., & Muadin, A. (2024). Kontribusi Islam Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam dalam Era Industri 4.0. Journal of Instructional and Development Researches, 4(6), 486. https://doi.org/10.20885/unisia.vol14.iss24.art4
Rosidin. (2016). STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PENDIDIK PROFESIONAL BERBASIS ETOS KERJA QUR ’ ANI. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 31.
Shihab, M. Q. (2009). Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an (Vol. 15, p. 203).
Siswanto, S., & Anisyah, Y. (2018). Revitalisasi Nilai-Nilai Qur’Ani Dalam Pendidikan Islam Era Revolusi Industri 4.0. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 5(2), 144. https://doi.org/10.19105/islamuna.v5i2.2076
Stuchlikova, L. (2016). Challenges of education in the 21st century. ICETA 2016 - 14th IEEE International Conference on Emerging ELearning Technologies and Applications, Proceedings, 335–340. https://doi.org/10.1109/ICETA.2016.7802072
Susianita, R. A., & Riani, L. P. (2024). Pendidikan Sebagai Kunci Utama Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Ke Dunia Kerja Di Era Globalisasi. Prosiding Pendidikan Ekonomi UNIPMA, Juli, 6.
Syamsuri, H., Sumarlin, A., Yusuf, M., & Mujahid, A. (2024). Etos Kerja Dalam Al-Qur ’ an. Economics and Digital Business Review, 5(1), 284.
Tarragó, F. R., & Wilson, A. E. (2010). Educational Management Challenges for the 21 st Century. International Federation for Information Processing, 324, 389–400.
Zabidi, A. (2020). Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Perspektif Qs. Al-Maidah Ayat 2. Borneo : Journal of Islamic Studies, 3(2), 44. https://doi.org/10.37567/borneo.v3i2.262
Zulaifah, E. (2019). Work Ethic from Qur’anic Maqasid Approach: An Introduction and Preliminary Theoretical Development. Minbar. Islamic Studies, 12(1), 251–266. https://doi.org/10.31162/2618-9569-2019-12-1-251-266
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Balqisa Ratu Nata, Ahmad Yusam Thobroni, Rossa Ilma Silfiah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).