Perubahan Sosial Dalam Perspektif Al-Qur’an : Studi Kepustakaan Tafsir Al-Azhar dan Tafsir Al-Misbah

Authors

  • Muhammad Furqan MD UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
  • Hamidullah Mahmud UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/maghza.v9i1.9808

Keywords:

Perubahan Sosial, Perspektif Al-Qur’an, Tafsir Al-Misbah, Tafsir Al-Azhar

Abstract

Dalam ajaran Islam, layaknya seorang manusia dalam hidup sesuai dengan norma agama. Perubahan sosial yang sesungguhnya sangat mencakup dari seluruh sendi kehidupan masyarakat, sehingga menekan proses yang begitu panjang demi terciptanya suatu tatanan masyarakat yang madani sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an. Untuk dapat melakukan hal tersebut maka manusia harus melakukan pembauran, atau manusia harus melakukan interaksi yang pada akhirnya mengambil bentuk integrasi. Dalam konteks teoritis, ilmu sosiologi menempatkan sebuah transformasi dalam lingkungan masyarakat sebagai salah satu peristiwa yang terjadi di sekitar masyarakat yang bersifat universal. Kajian tersebut diatas pada konteks kekinian seringkali dijelaskan dengan menggunakan term multikulturalisme. Dalam Al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 13 menyebutkan bahwasanya deskripsi tujuan diciptakan manusia oleh Allah dalam maksud yang bersamaan ialah tidak serta merta dalam arti yang sempit. M.Quraish Shihab mencoba memberikan jalan keluar walau pada ujungnya tetap lebih cenderung kepada aliran teologi rasional. Sedangkan Hamka memberikan jawaban melalui dakwah dengan tidak ada paksaan melalui tafsir Al-Azhar.

References

Abduh. M. (1969). Risalah Al-Tauhid. Jakarta: Bulan Bintang.

Abd Al-Baqi, Muhammad Fu’ad. (1981). Mu’jam al-Mufahras li alfaz Al-Qur’an Al-Karim. Jakarta: PT Dar El Fikr Indonesia.

Abdurrahman,Asjmuni (2009). Memahami Makna Tekstual, Kontekstual, dan Liberal: Koreksi Pemahaman atas Loncatan Pemikiran, Jakarta: Suara Muhammadiyah.

Amir, S & Nurzanah, U. (2022). Evaluasi Sosial. Kajian Sosiologi Islam. Yogyakarta: Penerbit Nas Media Pustaka.

Abdul Ghoffar. (2018). Manajemen Dalam Islam (Perspektif Al-Qur’an Dan Hadist). Jurnal Manaj, 35-85.

Charles. C. Adams. (1933). Islam and Modernism in Egypt. Amerika: Russel & Russel. Departemen Agama RI. (1992). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Cetakan Saudi Arabia, 1412 H.

Gillin, J.P. (1954). Cultural Sosiology. New York: The Mc Millan Co.

Haryatmoko. (2010). Dominasi Penuh Muslihat: Akar Kekerasan dan Diskriminasi. Jakarta: Gramedia.

Hamka. (2015). Tasawuf Modern. Jakarta: Republika.

Hamka, Ayahku: Riwayat Hidup Dr. H.Abdul Karim Amrullah dan Perjuangan Kaum Agama di Sumatera, (1982). Jakarta, Uminda.

Hasbiyallah, Muhammad, “Paradigma Tafsir Kontekstual: Upaya Membumikan Nilai-Nilai Al-Qur’an”, (2018), dalam Jurnal Al-Dzikra, Vol. 12, No. 1.

Kayam, Umar, “Transformasi Sosial-Budaya”, dalam M. Masyhur Amin dan M. Najib, Agama, Demokrasi dan Transformasi Sosial, (1993). Yogyakarta: LKPSM.

Khaldun. Ibn. (2009). Muqaddimah terj Ahmadi Thoha. Jakarta: Pustaka Firdaus. 73. Khoiriyah. (2011). Menggagas Sosiologi Islam. Yogyakarta: Teras. 54.

Lubis, S. H & Hadi, R. K. H. (2003). Menjadi Murobbi Sukses. Jakarta: Kreasi Cerdas Utama.

Lapidus, Ira. M. (1995). A History of Islamic Societies. Cambridge: Cambridge University Press.

Makbuloh. D. (2011). Partisipasi Pendidikan Islam dalam Menetralisir Isu-isu Global. Analis: Jurnal Studi Keislaman 13 (2).

Masrizal, (2014). The Role of Negotiation of Meaning in L2 Interactions:An Analysis from the Perspective of Long’s Interaction Hypothesis. Banda Aceh: Syiah Kuala University.

Martono. N. (2011). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Rajawali. 6.l.

Munawwir. A. W. (1997). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Lengkap. Surabaya: Pustaka Progressif.

Mutahhari, M. (1986). Masyarakat dan Sejarah: Kritik Islam atas Marxisme dan Teori Lainnya, terjemah M. Hasein dari Society and History. Bandung: Mizan.

Nasution, H. (1986). Teologi Islam: Aliran-Alira Sejarah Analisa Perbandingan. Lhokseumawe: Uluangkep Press.

Priyantono. Y. (2014). Manusia Sebagai Makhluk Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Bachelor Thesis: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Quthb. S. (1995). Perlukah Menulis Ulang Sejarah Islam? Jakarta: Gema Insani. Cet. 1. Rahman. F. (1985). Islam dan Modernitas: Tentang Transformasi Intelektual. Bandung: Pustaka.

Sarwono, Sarlito. W. (1999). Psikologi sosial : psikologi kelompok dan psikologi terapan. Jakarta: Balai Pustaka.

Shihab, M. Quraish. (1992). Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan. Cet.1.

Shihab, M. Quraish. (2005). Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Quraish. (1994). Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.

Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati. Vol. 1.

Soekanto, S. (2007). Sosiologi, Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Soekanto, S. (2013). Sosiologi, Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pres.

Sugihen, B. (1997). Sosiologi Pedesaan, Suatu Pengantar. Lampung: Raja Grafindo Persada.

Sukamadjadja, A & Rosi. Y (1996). Indeks Al-Qur’an. Surabaya: Bina Ilmu.

Syafitri Annisa & Hade Afriansyah. (2019). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Jurnal Adaara, 10 (2), 147-153.

Syihab. U. (1990). Al-Qur’an dan Rekayasa Sosial. Jakarta: Pustaka Kartini. Cet. 1.

Syafi’i, M. A. (1985). Al-Qur’an Dan Realitas Sosial Sejarah (Sebuah Refleksi). Jakarta: Pustaka.

Zainal Arifin. (2019). Tafsir Ayat-ayat Manajemen. Yogyakarta: Rosda Karya

Zubaedi, D. P. K. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

(1)
Furqan MD, M.; Mahmud, H. Perubahan Sosial Dalam Perspektif Al-Qur’an : Studi Kepustakaan Tafsir Al-Azhar Dan Tafsir Al-Misbah. MZA 2024, 9, 98-118.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.