Integrasi Islam dan Sains: Model Neo-Modernis Prespektif Nurcholish Madjid
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v12i1.9802Keywords:
islam dan sains, neo-modernis, nurcholis madjidAbstract
Perspektif Nurcholish Madjid tentang integrasi neo-modernis antara Islam dan sains melibatkan upaya untuk mendamaikan tradisi Islam dengan konsep-konsep ilmiah modern. Nurcholish Madjid, seorang sarjana Islam yang berpikiran maju, menganjurkan metode pemahaman agama yang inklusif, menyoroti pentingnya komunikasi antara Islam dan sains, dan mendorong adaptasi cita-cita Islam dengan keadaan kontemporer. Menurutnya, integrasi ini tidak hanya menyangkut konsistensi prinsip-prinsip keagamaan dalam masyarakat kontemporer, tetapi juga mendorong kognisi analitis dan menyeluruh. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi kepustakaan (library study), yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana integrasi Islam dan ilmu pengetahuan model neo-modernis perspektif Nurcholish Madjid. Hasil penelitian ini adalah kerangka neo-modernis Nurcholis Madjid menjadi landasan bagi tercapainya keseimbangan yang sehat antara berbagai aspek Islam dan kemajuan ilmu pengetahuan.Downloads
References
Abidin, Z. (2014). Teologi Inklusif Nurcholish Madjid: Harmonisasi Antara Keislaman, Keindonesiaan, dan Kemoderenan. Humaniora, 5(2), 665–684.
Ananda, M. A. (2022). Konsep Pendidikan Islam Berbasis Neo-Modernisme Islam Nurcholish Madjid serta Relevansinya Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia [bachelorThesis, Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatulah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/64873
Athallah, A. M. A., Triatna, C., & Sururi, S. (2023). Filsafat Pendidikan Pesantren di Pondok Pesantren Sabilunnaja. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1), 108–116.
Bagir, H. (2018). Epistimologi Tasawuf. Mizan.
Chamami, M. R. (2010). Pendidikan neomodernisme: Telaah pemikiran Fazlur Rahman. Walisongo Press.
Djafri, M. T., BN, A. M. T., Tajuddin, M. S., & Al Rasyid, H. H. (2023). Pemikiran Keagamaan di Indonesia (Analisis terhadap Pemikiran Tradisionalisme dan Modernisme Islam). AL-QIBLAH: Jurnal Studi Islam Dan Bahasa Arab, 2(2), 144–156.
Fakhrurrazi, F. (2022). TRADISI KEIN℡EKTUALAN DAN BIOGHRAFI DAN PEMIKIRAN NURCHALISH MADJID. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 5(3). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/article/view/12928
Hamidah, H. (2011). Pemikiran Neo-modernisme Nurcholish Madjid–kh Abdurrahman WAHID: Memahami Perkembangan Pemikiran Intelektual Islam. Miqot, 35(1), 155918.
Hamsah, M., & Nurchamidah, N. (2019). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Neo-Modernisme (Studi Analisis Pemikiran Fazlur Rahman). Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2, Sept), 150–175.
Haq, V. A. (2022). Konstruksi Modernisasi Pendidikan Islam Perspektif Nurcholish Madjid. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1211–1222.
Hidayatullah, W., Setiawan, D., & Muntoha, T. (2022). Pemikiran Neo-Modernisme Perspektif KH. Abdurrahman Wahid dan Nurcholis Madjid Serta Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam Multikultural. Al-Haytham: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 62–78.
Hidayatulloh, H. (2020). Islam dan Sains Perspektif Nurcholish Madjid. Ushuluna: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 1(1), 22–34.
Janah, N. (2017). Nurcholish Madjid dan Pemikirannya (Diantara Kontribusi dan Kontroversi). Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 12(1), 44–63.
Khatibah, K. (2011). Perkembangan Kepustakaan. Jurnal Perpustakan Dan Informasi, 5(1).
Kurniawan, S. (2011). Neo Modernisme Islam Nurchalish Madjid (Relevansinya dengan Pembaruan Pendidikan Islam). Jurnal Khatulistiwa LP2M IAIN Pontianak, 1(2), 135–150.
Madjid, N. (2008). Islam, Kemoderanan dan Keindonesiaan. Mizan.
Madjid, N. (2017). Islam, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Hubungan Organik Ilmu dan Iman Islam, Serta Pandangan Kritis Sekilas atas Keadaan Iptek Duniaa Islam Masa Kini. Dialog Peradaban, 9(2).
Munawar Rachman, B. (2019). Karya Lengkap Nurcholis Madjid (Keislaman, Keindonesiaan dan Kemodernan). Nurcholish Madjid Society.
Munawar-Rachman, B. (2001). Islam pluralisme: Wacana kesetaraan kaum beriman. Paramadina.
Nurcholis, M. (2021). Integrasi Islam Dan Sains: Sebuah Telaah Epistemologi. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 116–134.
Nuryanti, M., & Hakim, L. (2020). Pemikiran Islam Modern Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 22(1), 73.
Rohmawati, Y. (2021). Islam dan neo-modernisme/post-modernisme: Perspektif Nurcholish Madjid dan Abdurrahman Wahid. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 20(1), 60–71.
Rukmana, A. (2020). Islam dan ilmu pengetahuan dalam pemikiran Nurcholish Madjid dan Seyyed Hossein Nasr. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54655
Saiful, S. (2023). Sistem Pendidikan Islam, Integrasi Ilmu Pengetahuan Agama dan Teknologi Digital. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(2).
Sopandi, D. A., & Taofan, M. (2019). Konsep Teologi Inklusif Nurcholish Madjid. Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 4(2), 58–92.
Tamrin, T. (2023). URGENSI DAN TUJUAN INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM DENGAN SAINS. IndraTech, 4(1), 68–79.
Tualeka, M. W. N. (2015). Gerakan Neomodernisme Islam Di Indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, 1(1). https://core.ac.uk/download/pdf/229574479.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amin Rais Iswanto, Kholid Mawardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.