Peran Guru Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Santri Di Pondok Pesantren Modern ZIIS (Zamzam Integrated Islamic School) Cilongok Banyumas

Authors

  • Mohammad Iqbal Ma'arif UIN SAIZU Purwokerto
  • Kholid Mawardi

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v12i1.9801

Keywords:

Peran, Karakter, Peduli Lingkungan, Pesantren.

Abstract

Dalam zaman ini, masalah lingkungan telah menjadi perhatian global. Kerusakan lingkungan yang terjadi disebabkan oleh kurangnya peran ajaran Islam dalam perlindungan lingkungan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran seorang guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter peduli lingkunga ndi Pondok Pesantren Modern ZIIS (Zamzam Integrated Islamic School) Cilongok, Banyumas dalam membentuk karakter santri yang memiliki kesadaran terhadap isu lingkungan melalui pendidikan Islam. Metode pengumpulan data melibatkan pengamatan, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Informasi diperoleh dari kepala pondok pesantren, guru, staf, dan santri. Pendekatan analisis data menggunakan proses reduksi data, penyajian data, verifikasi observasi, peningkatan validitas, dan penggabungan data dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran vital seorang guru PAI dalam pembentukkan karakter santri yang peduli terhadap lingkungan. Mengatur jadwal jaga dalam interval waktu tertentu di seluruh pesantren, menyediakan fasilitas sanitasi, melaksanakan aktivitas dan aturan yang mendorong pengelolaan lingkungan, dan seorang guru juga berperan dalam mendukung pendekatan ini. Secara khusus, memberikan pengajaran atau ceramah tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, memotivasi santri untuk tetap bersemangat dalam menjaga kebersihan lingkungan, dan memberikan bimbingan langsung dalam semua tindakan yang berkaitan dengan pembentukan karakter lingkungan santri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiyah, Nur. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum 13, no 11: 25–38.

Al-anwari, Amirul Mukminin. (2014). Strategi pembentukan karakter peduli lingkungan di sekolah adiwiyata mandiri. Jurnal Ta’dib XIX (02): 227–52.

Ali, Muhammad Hasan, Dadan Rusmana, Jurusan Ilmu, Al- Qur, dan Fakultas Ushuluddin. (2021). Konsep Mubazir Dalam Al-Qur’an: Studi Tafsir Maudhu’i.” Jurnal Riset Agama 1 (3): 11–29.

Ardanita, B A, S Utaya, dan I N Ruja. (2017). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan melalui Komunitas Pelajar Peduli Lingkungan Hidup (KPPLH). Transformasi pendidikan abad 21 7 (4): 969–74.

Aulia, Rihlah Nur, Sari Narulita, Moh Firdaus, dan Izzatul Mardhiah. (2018). Pengelolaan Lingkungan Berbasis Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren SPMAA Lamongan, Jawa Timur). Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan 19 (1): 73–88.

Eva, Eva, Ngadri Yosro, Dina Hajja Ristianti, Kusen Kusen, dan Irwan Fathurrochman. (2020). Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik. Journal of Education and Instruction (JOEAI) 3 (2): 172–78.

Fua, Jumarddin La. (2014). Aktualisasi Pendidikan Islam Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Menuju Kesalehan Ekologis. Al-Ta’dib 7 (1): 19–36.

Harahap, Radinal Mukhtar. (2017) Pembentukan Kepribadian Muslim dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Fikrotuna 6, no. 2 (2017): 637–54.

Herlina, Leni. (2020). Guru pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Lingkungan Hidup; Telaah Perannya Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Idrak 8 (75): 147–54.

Hidayati, Abna. (2014). Desain Kurikulum Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana,

Khoirun Nisa, dan Lya Rachmawati. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Di Smp Negeri 1 Ploso. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan 8 (2): 109–26.

Lestari, Prieskarinda, and Yulinah Trihadiningrum. (2019) The Impact of Improper Solid Waste Management to Plastic Pollution in Indonesian Coast and Marine Environment. Marine Pollution Bulletin 149, no. 4. 110505.

Megasari, Rika. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMPN 5 Bukittinggi. Bahana Manajemen Pendidikan 2 (1): 636–48.

Nurulloh, Endang Syarif. (2019). Pendidikan Islam dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7 (2): 237.

Pudjiastuti,R. Sri, I. Herinto Sidik eds. (2021). Program Eco-Pesantren Sebagai Model Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara 1 (1): 29–37.

Rizkiana, Latifah, dan Sofyatuddin Karina. (2017). Analisis Timbal (Pb) Pada Sedimen Air Laut di Kawasan Pelabuhan Nelayan Gampong Deah Glumpang Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah 2 (1): 89–96.

Sapriadi, Hajaroh Siti. (2019). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Siswa. Jurnal Penelitian Keislaman 15 (1): 55–65.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, Agus. (2018). Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup Dalam Pandangan islam. Jurnal Cahaya Pendidikan 4 (1): 45–58.

Yaumi, Muhammad. (2016). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar & Implementasi Prenadamedia: Jakarta.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Ma'arif, M. I., & Mawardi, K. (2024). Peran Guru Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Santri Di Pondok Pesantren Modern ZIIS (Zamzam Integrated Islamic School) Cilongok Banyumas . Jurnal Kependidikan, 12(1), 57–68. https://doi.org/10.24090/jk.v12i1.9801

Issue

Section

Articles