Studi Komparasi Pemikiran Tasawuf Imam Al-Ghazali dan Ibn Taimiyah Perspektif Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v12i2.9742Keywords:
Tasawuf, Imam Al-Ghazali, Ibn Taimiyah, Pendidikan IslamAbstract
Terjadinya banyak tindakan penyimpangan sosial yang dilakukan oleh siswa, salah satunya karena kurangnya pendekatan kepada Sang Pencipta. Dari hal itu, perlu adanya motivasi spiritual yang ditanamkan oleh masing-masing pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan pemikiran tasawuf Imam Al-Ghazali dan Ibn Taimiyah dari perspektif pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka dengan teknik pengumpulan data berdasarkan buku, artikel, atau sumber lain yang relevan dengan topik pembahasan yang kemudian peneliti analisis berdasarkan isi dan penarikan kesimpulan selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran tasawuf Imam Al-Ghazali tidak jauh berbeda dengan pemikiran Ibn Taimiyah. Hanya saja perbedaannya terletak pada mahqamat dan ahwal kedua tokoh tersebut. Mahqamat Imam Al-Ghazali terdiri dari taubat, zuhud, sabar, tawakal, khauf, ar-raja', sedangkan Ibn Taimiyah terdiri dari taubat, tawakal, zuhud, ridha, kesabaran, ibadah, khauf dan ar-raja'. Ahwal Imam Al-Ghazali terdiri dari muraqabah dan mahabbah, sedangkan Ibnu Taimiyah hanya mencakup mahabbah. Dari beberapa mahabbah dan ahwal baik pemikiran Imam Al-Ghazali maupun Ibn Taimiyah berimplikasi pada pendidikan Islam yang sama-sama berusaha membentuk pembelajar yang sesuai dengan Al-Qur’an dan As-SunnahDownloads
References
Abdullah, M. S., dkk. (2020). Penubuhan Rukun Tetangga (Rt) Di Malaysia Daripada Perspektif Islam. Tinta Artikulasi Membina Ummah, 6(1), 107.
Ahmad, A. F. S. t.t. Tasawuf Antara Al-Ghazali & Ibnu Taimiyah. (Terjemahan Muhammad Muchson Anasy, t.t.). Indonesia: Khalifa.
Asy-Syaikh Abdurrahman bin Hasan. (2007). Ringkasan Minhajus Sunnah Ibnu Taimiyyah. Sidodadi: Pustaka Ar Rayyan.
Al-Ghazali. t.t. Rahasia Ilmu Laduni. (Terjemahan Kaserun, 2017). Jakarta Selatan: Turos.
Al-Ghazali. t.t. Ihya 'Ulumiddin. (Terjemahan Anonime, t.t.). Indonesia: Republika.
Effendi, R. (2021). Sufism in the Perspective of Ibn Khaldun and Ibn Taimiyah: A Comparative Study. Jurnal Fuaduna: Jurnal Kajian Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 5(1). http://dx.doi.org/10.30983/fuaduna.v5i1.4098.
Fakhrurrazi. (2022). Tradisi Keintelektualan dan Bioghrafi dan Pemikiran Nurchalish Madjid. Edu-Riligia: Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Keagamaan, 5(3). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/edurilig.
Farabi, M. A. (2021). Wacana Intelektual Keagamaan Islam di Indonesia dengan Timur Tengah. Tazkiya, X(1). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya.
Farhan, A. (2018). Metodologi Penafsiran Al-Quran Muhammad Al-Ghazali. Yogyakarta: Samudra Biru.
Fasya, A. A. (2022). Konsep Tasawuf Menurut Imam Al-Ghazali. Journal of Sufism and Psychotherapy, 2(2), 153-166. https://doi.org/10.28918/jousip.v2i2.6723.
Hasanah, I. F., & Fitriyah. (2020). Konsep Ajaran Tasawuf: Studi Perbandingan Pemikiran Al-Ghazali dan Rabi’ah, Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v11i2.39.
Hidayat, T., & Dahlistianto, T. (2022). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Ilmu Pengetahuan (Analisis Epistemologi Islam). Madrasatuna, 2(2), 111. https://journal.iaima.ac.id/madrasatuna/article/view/26.
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 114. https://doi.org/10.58230/27454312.73.
Ilham, Muhammad., A., & Indo., S. (2023). Ajaran Tasawuf dan Tokoh-Tokoh Tasawuf. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(4), 549–559. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.141.
Ikhsan, M. (2014). Belajar Toleransi Ibnu Taimiyah. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.
Kamal, H. (2018). Kedudukan Dan Peran Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 14(1), 23. https://doi.org/10.31000/rf.v14i1.670.
Kulsum, U. (2020). Pendidikan Tasawuf Ekspetasi Imam Al-Ghazali Pada Masa Nizam Al-Mulk, Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman, 6(2), 61-70. http://journal.uim.ac.id/index.php/ahsanamedia.
Kusnadi, K., Muh ikhsan, & Adiningsih, W. (2022). Bimbingan Konseling Islam (Psikoterapi Taubat). Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani, 8(1), 84–85. https://doi.org/10.47435/mimbar.v8i1.891.
Mujib, L. S. bin, & Helmy, M. I. (2020). Relasi Hukum Islam dan Tasawuf Dalam Pemikiran Ibn Taimiyah. Dialogia, 18(2). https://doi.org/10.21154/dialogia.v18i2.2173.
Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 870. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i5.170.
Niam, M. K., & Hadi, R. T. (2021). Internalisasi Tasawuf Al-Ghazali pada Masa Pandemi Covid-19. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 32(1). https://doi.org/10.33367/tribakti.v32i1.1253
Nurdin, A., A. Samad, S. A., & Samad, M. A. (2019). Dasar Epistemologi Dalam Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(2), 461–463. https://doi.org/10.22373/jm.v9i2.5183.
Primalita, H. I. I. L., & Hidayah, A. (2021). Konsep Sabar Dalam Perspektif Al-Ghazali dan Implementasinya Pada Masa Pandemi Covid-19. Academic Journal of Islamic Principles and Philosophy, 2(1), 52. https://doi.org/10.22515/ajipp.v2i1.3637.
Rahman, A., & Abdul., H. (2019). Tasawuf di Pesantren (Kajian Terhadap Pemikiran Tasawuf Al-Ghazali). JPIK, 2(1), 43-58. http://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik.
Rahman, A. (2021). Tasawuf Akhlaki. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.
Ridho, A. (2019). Konsep Taubat Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Minhajul ‘Abidin. Jurnal Aqidah, V(1), 39–40. https://core.ac.uk/download/pdf/234751685.pdf.
Rohman, Wahab, A. A., & Islam, M. H. (2022). Konsep Tasawuf Imam Al-Ghazali Dari Aspek Moral Dalam Kitab Bidayatul Hidayah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 1509. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6804.
Rozi. F., & Devy., H. (2022). Pendidikan Tasawuf Dalam Perspektif Al Ghazali dan Rabi’ah Adawiyah. JPDK, 4(1), 170–176. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3506.
Sholeh. (2016). Pendidikan Akhlak dalam Lingkungan Keluarga Menurut Imam Ghazali. Jurnal Al-Thariqah, 1(1), 57. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).618.
Siswanto, E. (2018). Zuhud Tapi Kaya Dalam Perspektif Hadis. Al-Bukhari: Jurnal Ilmu Hadis, 1(2), 223. https://doi.org/10.32505/al-bukhari.v1i2.963.
Soenarjo, R. H. A., dkk. 1971. Al Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al Qur’an.
Supriadi, L. (2013). Studi Komparatif Pemikiran Tasawuf Al-Ghazali dan Ibn Taimiyah. Ulumuna Jurnal Studi Keislaman, 17(2), 422. https://doi.org/10.20414/ujis.v17i2.169.
Suriadi. (2022). Pemikiran Pendidikan Perspektif Al-Ghazali. KREATIF: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 20(1), 16. https://doi.org/10.52266/kreatif.v20i1.728.
Susanti, R. (2021). Nilai-Nilai Tasawuf dalam Konsep Pendidikan Islam Menurut Hamka Roza Susanti. Journal of Education and Instruction, 4(1), 272. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2394
Syatori, A. (2020). Karakteristik Manusia Dalam Pandangan Tasawuf. Jurnal Putih, V(1), 128. https://doi.org/10.51498/putih.v5i1.64.
Umam, H. (2022). Percikan Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Sukabumi: Harfa Creative.
Usman, M. I. (2020). Tasawuf Falsafi dan Logika Aristotelian: Telaah Pemikiran Ibn Taymiyyah. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1). https://doi.org/10.31332/zjpi.v6i1.1894.
Usman, M. I. (2020). Meneroka Pemikiran Ibn Taimiyah: Kritik Terhadap Filsafat dan Tasawuf, Rausyan Fikr, 16(1), 29-60. https://doi.org/10.24239/rsy.v16i1.533.
Washil, I., & Fata, A. K. (2018). Pemikiran Teologis Kaum Salafî: Studi atas Pemikiran Kalam Ibn Taymiyah. Ulul Albab, 19(2), 315–342. https://doi.org/10.18860/ua.v19i2.5548.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Akbar Idris Fazlurrahman, M. Slamet Yahya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.