Studi Literatur: Efektivitas Penerapan Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Eko Makhmud Hidayat Masruri MAN 1 Cilacap
  • M. Misbah M. Misbah UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.9297

Keywords:

Project Based Learning, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan di dunia pendidikan bahwa rendahnya aktivitas belajar peserta didik yang terjadi di kelas saat proses belajar mengajar. Banyak peserta didik yang belum mampu menyelesaikan tugas proyek yang diberikan oleh pendidik secara maksimal. Model pembelajaran project based learning (PjBL) merupakan pendekatan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman masing-masing individu supaya tercipta peserta didik yang memiliki pemikiran kritis, aktif, dan kreatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi literatur (library research) yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada tingkat sekolah menengah atas. Pertama-tama peneliti merumuskan masalah penelitian kemudian dilanjutkan dengan menelusuri penelitian yang sudah ada dan relevan sebagai bahan analisis. Bahan penelitian ini diambil dari jurnal-jurnal, buku-buku, maupun artikel-artikel yang terdapat pada jurnal online, hasil skripsi, repository, maupun Google Scholar yang di analisis berdasakan permasalahan yang ada. Dari hasil penelitian beberapa karya ilmiah yang relevan menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning (PjBL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di tingkat sekolah mengenah atas efektif diterapkan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amini, Risda. 2015. “Pengaruh Penggunaan Project Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD”. Prosiding PGSD FIP Universitas Negeri Padang.

Amrozi, Tom. 2018. “Implementasi Project Based Learning Untuk Mengembangkan Skills dan Belajar Siswa pada Pembelajaran Agama Islam (PAI)”. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol. 1 No. 2.

Ardiawan, I. K. N., Kristiana, P. D., dan Swarjana, I. G. T. 2020. “Model Pembelajaran Jigsaw Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1.

Arizona, K., Abidin, Z., dan Rumansyah, R. 2020. “Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19”. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 5 No. 1. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Badriyah, Lailatul. 2022. “Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Psikomotorik dan Pencapaian Hasil Belajar PAI Siswa Kelas XI SMAN 1 Balong”. Skripsi. Ponorogo: FTIK Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Bender, N. Wiliam. 2012. Project Based Learning: Differentiating Instruction For The 21st Century. California: Corwin.

Dwiastuti, Noviyanti., et al. 2019. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti”. Jurnal Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung. Vol. 5 No. 2.

Ersanto, Ilham Ma’ruf. 2021. “Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam”. Skripsi. Malang: FTIK Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Fatahilah, Achmad, et al. 2022. “Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X TKJ di SMK An-Nur”. Jurnal Al-Muaddib Vol. 4 No. 2. DOI: https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.456

Fitriyani, T. 2021. “Pemanfaatan Edmodo Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Gunungputri pada Saat Praktik Kerja Lapangan (PKL)”. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan Vol. 1 No. 4. DOI: https://doi.org/10.51878/vocational.v1i4.668

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Redika Aditama.

Handayani, A. M., Suhendar, U., dan Merona, S. P. 2021. “Model PjBL dengan Lembar Kerja KWL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis”. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 4 No. 2. DOI: https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.647

Helmiati, Wella, et al. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Seni Tari Kelas VIII SMP”. Artikel Penelitian Program Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Ismail, R, Rifma, R., dan Fitria, Y. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model PjBL di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu Vol. 5 No. 2. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.808

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA; SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kemendikbud.

Khatibah, K. 2011. “Perkembangan Kepustakaan”. Iqra’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi Vol. 5 No. 1.

Kono, Rahmad., et al. 2016. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PjBL) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Tentang Ekosistem dan Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Sigi”. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako Vol. 5 No. 1. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p66-72

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mariyaningsih, Nining dan Mistina Hidayati. 2018. Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: CV Kekata Group.

Mukhamad Haris Amrulloh. 2019. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Project Based Learning di SMA Al Ahmad Krian Sidoarjo”. Skripsi. Surabaya: FTIK Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Oktavia, A. C. 2020. “Model-model Pembelajaran”. Deepublish.

Oktavia, Selsa. 2022. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pembelajaran PAI Terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa di SMAN 01 Simpang Pematang”. Skripsi. Lampung: FTIK Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Pane, A., dan Darwis Dasopang, M. 2017. “Belajar dan Pembelajaran”. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman Vol. 3 No. 2. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Rahmadania, S., Sitika, A. J., dan Darmayanti, A. 2021. “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat”. Edumaspul: Jurnal Pendidikan Vol. 5 No. 2. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1978

Salim, Moh. Haitami dan Syamsul Kurniawan. 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Samsiadi dan Romelah. 2020. “Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Berau Kaltim”. Research and Development Jurnal Of Education Vol. 6 No. 2.

Samsiadi dan Romelah. 2022. “Model Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Berau Kaltim”. Research and Development Journal of Education Vol. 8 No. 1. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12993

Siregar, Nurul Fazri. 2022. “Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan 4 Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi”. Skripsi. Jambi: FTIK Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Susanto. 2020. “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X di SMK PGRI 4 Bandar Lampung”. Skripsi. Lampung: FTIK Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Suwardi dan Daryanto. 2017. Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Wahyu, E., dan Fitriana. 2021. “Implementasi Modul Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang”. Jurnal Tadarus Tarwany Vol. 3 No. 1. DOI: https://doi.org/10.31000/jkip.v3i1.4262

Widiyatmoko dan Pamelasari. 2012. “Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 1 No. 1.

Wulandari, Novita, dkk. 2019. “Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas V”. Vol. 4 No. 1. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.947

Yulia, Tri dkk. 2016. “Peningkatan Pemahaman Konsep Energi Panas Melalui Penerapan Model Project Based Learning (PjBL)”. Jurnal FKIP UNS Vol. 4 No. 11.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Masruri, E. M. H., & M. Misbah, M. M. (2023). Studi Literatur: Efektivitas Penerapan Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kependidikan, 11(2), 301–317. https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.9297

Issue

Section

Articles